WA, FB Eror dan IG Down Tadi Malam, Begini Cara Mengatasinya !

Azza Azzahra

WA, FB Eror,  serta IG Down

Facebook, Whatsapp dan IG Down malam ini. Tidak salah, #Whatsappdown #instagramdown, #facebookdown jadi viral topic di twitter.

Berdasar penilaian, semenjak Senin jam 22.30 WIB pengangkutan pesan di whatsapp tidak dapat contreng biru, cuman tinggalkan tapak jejak jam, alias tidak terkirim.

Adapun program instagram tidak tampilkan halaman terkini atau mungkin tidak refresh. Sementara di halaman reels cuman ada monitor hitam, dan tulisan “we’re sorry, but something went wrong. Please try again.”

Walaupun begitu, tidak boleh bersusah-hati, masih tetap ada langkah untuk menanganinya:

Langkah Menangani :

Cara Untuk Menangani WA, FB Eror,  serta IG Down tiba-tiba.

WHATSAPP (WA)

  1. Check Jaringan Internet

Saat menemui WhatsApp error, langkah pertama kali yang dapat dijalankan memeriksa koneksi internet yang aktif. pastikan internet tersambung secara baik.

  1. Aktifkan Mode Pesawat

Coba untuk menghidupkan dan mematikan kembali mode pesawat saat jalan keluar pertama belum sukses.

Langkah ini sama seperti dengan merestart handphone.

  1. Check Fitur Penghemat Daya Android

Salah satunya fitur yang dapat dicheck saat WhatsApp alami error dan pending dengan memeriksa fitur penghemat daya di Android.

Seringkali, ada program yang hendak secara automatis mengirit daya battery handphone ketika akan habis ini malah membuat pesan WhatsApp tidak masuk atau pending.

Untuk menonaktifkannya, check fitur itu dengan masuk pada menu Setting > Baterai > Baterai saver dan matikan toggle yang aktif.

  1. Membersihkan Cache Program

Cache sebagai data yang diletakkan sementara buat percepat pemrosesan sebuah program. WhatsApp akan gampang error dan berpengaruh pesan yang dikirimkan atau diterima pending. , penting kadang-kadang bersihkan cache WhatsApp.

Langkahnya dengan ke menu Settings > Apps dan notifications > WhatsApp > Storage > Clear cache.

Tunggu sejenak sampai WhatsApp kembali terima pesan.

  1. Membersihkan Data Program WhatsApp

Selainnya bersihkan cache, jalan keluar lain dengan bersihkan data program WhatsApp.

Tetapi, saat ambil jalan keluar ini, yakinkan untuk meng-cover data WhatsApp lebih dulu.

Untuk bersihkan data WhatsApp, kamu dapat ke menu Settings > Apps dan notifications > WhatsApp > Penyimpanan > Clear data.

  1. Hapus dan Instal Ulang WhatsApp

Bila cara-cara di atas telah dilaksanakan namun tetap tidak berhasil, coba untuk hapus dan memasang ulang WhatsApp di handphone.

Tentunya, harus download program WhatsApp baru di Play Store.

  1. Nantikan sampai Server Pulih

Bila sumber WhatsApp pending atau error ialah server yang down, karena itu pemakai cuman dapat menanti sampai server sembuh.

Lantas bagaimanakah oleh karenanya?

Yakinkan mempunyai program chatting lain di luar WhatsApp yang tersambung dengan relasi.

Atau yang termudah kerjakan melalui e-mail.

Karena pada intinya, untuk mempunyai program tertentu, pemakai dituntut untuk mempunyai satu account e-mail yang aktif.

INSTAGRAM (IG)

  1. Check status situs

Kita perlu memeriksa lebih dulu status situs Instagram apa sedang down atau cuman error.

Untuk lihat status suatu situs, dapat memakai 3 situs mandiri berikut:

Lewat ketiga situs itu, cukup menuliskan “instagram.com’ untuk mengetahui apa Instagram sedang down atau mungkin tidak.

Ketiga situs itu gratis untuk dipakai.

  1. Hapus cache

Bila nyatanya Instagram cuman error, karena itu dapat lakukan cara lain. coba untuk hapus cache yang berada di handphone. cache pada intinya ialah data dari pemakaian program yang disimpan sebentar.

Cache berperan untuk percepat akses program yang pernah kita buka awalnya. namun periode waktu yang lama, cache dapat penuhi memory handphone. karena itu, sebaiknya bila secara periodik kita teratur hapus cache.

  1. Up-date Instagram

Peluang lain kenapa Instagram kita lelet ialah karena versinya yang telah uzur.  coba untuk memperbaharui program Instagram di handphonemu dengan versus terkini.

Karena, tiap pihak program mengupdate, mereka selalu memberi penyempurnaan atau pembaruan pada tiap bug yang berada di program mereka.  tidak diperbaharui, bisa saja bug itu yang mengakibatkan Instagram lelet.

  1. Re-start handphone dan instal ulang Instagram

Apabila sudah lakukan semua cara tetapi Instagram masih tetap lemot, coba untuk re-start handphone.

Bisa saja handphone  perlu istirahat.

Bila ini belum juga sukses , dapat lakukan install ulang program Instagram di ponsel. sebelum meng-install ulang, wajib melakukan pencabutan program pada menu setting.  Lalu unduh kembali program Instagram dan melakukan login ulang untuk dapat mengaksesnya.

FACEBOOK (FB)

  1. Hapus File Cache Android

Langkah awal ialah hapus file cache di piranti Android. Pada intinya cache dipakai untuk percepat loading handphone karena ini sebagai history yang ada dalam sistem.

Jadi saat Anda jalankan program atau searching, prosesnya akan jadi lebih enteng karena ambil history dari mekanisme itu.

Tapi bila jumlah cache telah kebanyakan, hal yang terjadi malah kebalikannya yakni perform Android jadi menurun. Untuk menanganinya, coba masuk pada menu Settings > Apps> Downloads > Facebook Lite > Delete Cache.

  1. Memaksakan dan Hapus Cache Program Facebook Lite

Pada intinya langkah ini hampir serupa dengan langkah awal. Tapi Anda perlu menambah untuk hentikan program Facebook Lite secara paksa sekaligus membersihkan data pada program itu.

Langkah ini akan hapus data Anda di Facebook Lite mencakup data login, history, dan cache pangkalan data. Ada cara-cara yang dapat kita kerjakan untuk menghentikan facebook secara paksa salah satunya ialah masuk pada menu Pengaturan > Aplikasi > Unduhan > Facebook Lite > tap pada tombol Paksakan Berhenti selanjutnya hapus data.

  1. Up-date Program Facebook Lite

Saat program Facebook lite tidak dapat dibuka, Anda dapat coba mengecek apa program itu telah sesuai versi yang terkini atau memang belum.

Bila belum, seharusnya mengupdate pada program itu karena program yang belum Anda perbaiki biasanya masih mempunyai beberapa bug yang belum ditangani dan bisa mengganggu perform handphone Android Anda. Up-date program Facebook Lite bisa Anda kerjakan melalui Google Playstore  dengan gratis.

  1. Install Ulang Program Facebook

Bila semua cara di atas telah Anda kerjakan namun tetap belum sukses memberi hasil yang diharap, jalan terbaik yang bisa dilaksanakan ialah hapus program Facebook Lite selanjutnya download dan menginstal kembali dengan sesuaikan program Facebook Lite di versus yang terkini.

Langkah bersihkan data Facebook Lite lama ialah bersihkan cache program itu memakai program seperti Clean Master, CC Cleaner, atau CM Security.

Untuk hapus program Facebook lite, triknya membuka lebih dulu menu Pengaturan > Aplikasi> Unduhan > Facebook Lite selanjutnya tap pada lepas pemasangan.

Minimum dengan bermacam perlakuan di atas dapat menolong program Facebook yang error, meskipun kadang berlainan handphone ada yang dapat dan tidak dapat memakai tehnik sama, tetapi tidak ada kelirunya untuk mencobanya.

Also Read

Ads - Before Footer