Twitter Tips Rilis di Indonesia, Kreator Bisa Mendapat Uang dari Follower

Azza Azzahra

Seusai dikenalkan pertama kalinya di Amerika Serikat pada Mei lalu, fitur Tips di Twitter pada akhirnya mendatangi pemakai global, termasuk Indonesia.

Dengan Tips, content kreator di Twitter dapat memperoleh penghasilan uang dari follower mereka. Fitur Tips di Twitter baru hadir buat pemakai iOS. Fitur ini dijanjikan hadir di Android dalam beberapa minggu ke depan.

Adanya Tips untuk pemakai global diungkapkan perwakilan perusahaan, Ester Crawford dalam sebuah informasi di website resmi Twitter belakangan ini.

“Mulai hari ini, kami mulai menggulirkan fitur Tips di Twitter ke semuanya orang di platform iOS secara global,” tutur Ester dalam pemberitahuan tersebut,

Fitur Tips dapat dicoba pemakai lewat lambang “uang kertas” yang akan ada di samping tombol “Following“, pada halaman profile pemakai atau Konten Kreator Twitter tujuan, seperti terlihat pada contoh gambar di bawah.

fitur tip twitter

Saat icon itu di-klik, maka pemakai dapat memilih platorm pembayaran mana yang hendak digunakan sebagai layanan untuk berkirim uang.

Di program platform pembayaran itu, pemakai selanjutnya dapat menuntaskan proses transaksi bisnis untuk memberinya uang ke pemakai atau pencipta konten favorite mereka di Aplikasi, tiada dipotong pajak atau dikenai ongkos tambahan oleh Twitter.

Adapun pencipta konten yang ingin menghasilkan uang dari beberapa followernya di Twitter harus mengoneksikan account mereka dengan platform pembayaran yang memberi dukungan.

Untuk sekarang ini, platform pembayaran yang didukung Twitter meliputi Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, Venmo, GoFundMe, serta PicPay.

Tak dijelaskan apa platform pembayaran itu bertambah di masa depan atau tidak.

Disamping dapat menerima pembayaran dengan uang asli, pemakai sekarang dapat share Bitcoin atau Ethereum untuk pertama kali dengan pencipta konten impian mereka di Twitter, lewat platform Strike.

Walau begitu, pembayaran dengan mata uang kripto itu baru ada di El Salvador, negara pertama kali yang resmi jadikan Bitcoin sebagai alat pembayaran yang resmi, dan di Amerika Serikat (terkecuali Hawaii dan New York).

Seperti disebut sebelumnya, fitur Tips, bagus untuk berkirim ke pencipta content atau pentautan platform pembayaran Tips untuk terima uang, baru dapat dicoba oleh pemakai aplikasi ini versi iOS secara global, termasuk Indonesia.

Menurut Ester, pemakai Android akan memperoleh fitur share uang itu dalam beberapa hari ke depan.

Perlu dicatat, Untuk memakai fitur ini atau menghidupkan fitur Tips di profilnya, Twitter mengharuskan pemakai mesti berumur 18 tahun ke atas serta menaati semua ketentuan dan kebijaksanaan umum dari fitur Tips.

Persyaratan selengkapnya dapat dibaca di link berikut ini.

Also Read

Ads - Before Footer