Tips Menghemat Tagihan Listrik Karena Penggunaan AC

Cuaca panas bisa mengakibatkan sistem pendingin udara bekerja lebih keras dan memakan semakin banyak energi untuk mendinginkan ruangan.

Global News Canada menyampaikan jika AC bisa sampai hingga 50 % dari keseluruhan konsumsi energi rumah tangga sepanjang musim panas.

Untuk mengurangi biaya pendinginan area tanpa mempertaruhkan kenyamanan serta keamanan keluarga di dalam rumah,

 

Berikut Panduan Untuk Menghemat Tagihan Listrik Saat Memakai AC

 

  1. Cek filter udara

Mengontrol filter udara supaya masih tetap bersih dan bebas dari debu dan kotoran akan pastikan efektivitas energi sistem pendingin udara.

Filter AC membersihkan udara yang bersirkulasi ke semua sistem dengan memerangkap kontaminan berbahaya.

Saat menjadi mampet, AC tidak segera dapat memiliki fungsi secara baik. Lupa mengecek dan mengganti filter udara kotor rata-rata mengakibatkan sistem jadi terlalu panas, udara tidak bersih, temperatur tidak nyaman, dan kenaikan pemakaian energi.

Kamu dapat menyewa jasa perawatan AC secara periodik akan memastikan kondisi kualitas suku cadang AC setiap waktu.

 

  1. Jalankan kipas langit-langit

Bila kamu tidak mempunyai kipas langit-langit di dalam rumah, sekaranglah waktunya untuk membeli. Memakai kipas langit-langit untuk berjalan bersama dengan sistem pendingin udara akan membantumu mengurangi biaya pendinginan.

Kipas angin memungkinkan menyetel termostat AC semakin tinggi tanpa merasa kepanasan. Menurut ahli industri, ini akan membantumu mengirit sekitar empat sampai 8 % untuk ongkos AC.

Tetapi, kipas langit-langit cuman mendinginkan orang, bukan kamar. Oleh karenanya, ingat-ingatlah untuk mematikan kipas angin langit-langit saat tidak ada orang dalam ruang untuk menikmatinya.

 

  1. Tutup cahaya matahari

Sepanjang hari yang panas, yakinkan untuk menghalangi cahaya matahari masuk rumah. Karena cahaya matahari yang jatuh di jendela akan membuat ruang jadi panas.

Karena itu, turunkan panas pada ruang dengan tutup jendela memakai tirai yang mempunyai tehnologi penahan panas.

 

  1. Tutup jendela dan pintu

Kebocoran udara lewat jendela dan pintu menambah beban pada sistem pendingin udara. Kamu dapat mencegah hal ini berlangsung dengan menutup kembali jendela dan pintu.

Ini akan membantumu mengirit umumnya 11 % dari keseluruhan ongkos energi dengan tutup kebocoran udara disekitaran rumah.

 

  1. Service AC secara periodik

Bila sistem pendingin udara memiliki masalah, maka tidak segera dapat memiliki fungsi dengan baik. Ini kadang bisa menghasilkan transisi yang semakin lama dan konsumsi energi yang semakin besar.

Untuk memastikan operasionalisasi AC jadi lebih efektif, minta AC agar dicheck dan diperbaiki secara professional oleh mekanik yang berkompetensi.

 

Tak boleh menunda perbaikan yang diperlukan AC. Dengan begitu, AC akan selalu jalan dengan maksimal dan tak membuat tagihan listrik membengkak.

 

 

Tag : AC,udara,energi,sistem pendingin,pendingin udara,filter udara,sistem pendingin udara,mengurangi biaya pendinginan