Tips Mencuci Baju, Lebih Awet dan Lebih Tahan Lama

Azza Azzahra

Tips Mencuci Baju – Kita kerap kali sudah malas memakai sebuah baju lantaran warnanya memudar, terkena vlek, atau kainnya yang telah gampang robek lantaran proses pencucian.

Walau sebenarnya, jejeran baju itu masih tetap kamu senangi, entah lantaran bentuknya, bahannya, atau harga dan sejarahnya.

Supaya baju kecintaanmu tidak cepat hancur hingga tidak lagi dapat digunakan, ada cara-cara yang dapat kamu kerjakan, satu diantaranya ialah memerhatikan tehnik mencuci.

Berikut Sembilan Tips Mencuci Baju di Mesin Pencuci Supaya Tahan Lama  :

  1. Cek, Rawat, serta Hilangkan Vlek

Pakaian bisa jadi ternoda lantaran berbagai macam factor, dan tiap baju harus dikontrol adakah bintik yang kemungkinan membutuhkan perawatan tambahan saat sebelum dicuci.

Bila kamu tidak punyai waktu untuk lekas tangani bintik, tandai bintik dengan capitan atau peniti besar supaya kamu bisa ingat untuk mengobatinya saat sebelum mencuci.

Untuk info penghilangan bintik tertentu, kamu dapat cari tahu langkah menanganinya. Kemudian, janganlah lupa untuk memeriksa kembali tempat yang terserang bintik sesudah dicuci.

Bila tidak lenyap, ulangi perawatannya. Bintik semakin lebih susah di hilangkan bila sangat kering.

  1. Baca Label Perawatan Kain

Tips mencuci baju selanjutnya ialah Saat sebelum mencuci baju, sebaiknya kamu membaca label perawatan yang umum melekat pada bagian dalam pakaian.

Turuti tiap-tiap peringatan dan tips dari label perawatan. Ini akan membuat baju jadi lebih bertahan lama.

  1. Selalu Sortir Cucian

sortir cucian

Saat kamu mencuci baju ke mesin pencuci, pada intinya semua baju akan teraduk jadi satu dan terjadi proses ambil menarik. Ini dapat fatal saat risleting logam yang terbuka, bila ini berjumpa dengan kain yang lembut, kain bisa jadi terkoyak dan sobek.

Disamping itu sortir cucian berdasar warnanya. Dengan demikian kamu akan terhindar dari kejadian luntur di antara baju warna dan baju putih.

  1. Tutup Resleting serta Kancing Celana Waktu Mencuci

Apabila kamu mengancingkan, tutup ritsleting celanamu, kejadian saling terbelit tak kan kembali terjadi.

Baju akan bertahan semakin lama bila sesudah kamu mengancingkannya, kamu membaliknya. Ini akan menahan keausan pada susunan luar dan menolong menahan sirnanya warna.

Saat baju bersih, pastikanlah kamu memakai model gantungan yang betul. Gantungan kawat yang tipis bisa menimbulkan tanda pada pundak atau baju bisa jadi jadi melar.

selalu untuk melipat baju rajutan serta tidak menggantungnya untuk menghindari pengenduran.

  1. Pakai Kantong Jaring Buat Bahan Lembut

Kantong cucian dengan bahan jaring menjadi kawan terbaik membuat perlindungan baju yang halus seperti baju dalam saat kamu mencucinya.

Ini bagus untuk kaus kaki dan baju bayi yang paling kecil hingga bisa jadi lenyap atau tersisip. Simpan semua potongan kecil pada sebuah kantong, dan kamu akan secara mudah mendapatinya pasangannya yang cocok.

  1. Pakai Detergent dan Pelembut Kain Seperlunya

Banyak orang berasumsi jika memakai banyak detergen dan pelembut kain akan membuat baju jadi lebih bersih.

Walau sebenarnya detergent yang terlalu berlebih akan melekat kembali ke baju dan membuat hasil akhir pencucian jadi lusuh dan kaku.

Mulai dengan memakai 1/2 dari jumlahnya detergent biasa dan 1/2 cangkir soda kue sebagai penguat detergent. Kamu akan mencapatkan cucian yang bersih sekalian mengirit uang.

Conditioner atau pelembut kain komersil seperti bisa menolong baju bertahan semakin lama. Mereka bekerja dengan melapis serat dengan pelumas yang membuat kain berasa lebih halus waktu dipegang.

Kandungan pelicin akan membuatn serat lebih gampang bersinggungan keduanya untuk membikin kain berasa lebih halus, kurangi keausan, tingkatkan ketahanan bintik, dan kurangi listrik statis menempel. Turuti dasar dan tidak boleh terlalu berlebih untuk memperoleh hasil terbaik.

  1. Kebanyakan Memasukkan Pakaian dalam Mesin Pencuci

kebanyakan memasukkan ke dalam mesin cuci

Mencuci banyak baju sekalian kemungkinan membuat tugasmu bisa lebih cepat usai. Tetapi rutinitas ini akan membuat baju jadi tak tahan lama.

Pertama, baju jadi tidak begitu bersih dan kedua , baju yang kebanyakan bersinggungan hingga makin gampang hancur.

Dalami teknik memuat mesin pencuci secara benar dan masukan baju berdasar batasan berat mesin pencuci.

  1. Turunkan Temperatur

Untuk tipe kain tertentu, air panas bisa mengakibatkan vlek berkurang, molor dan tetap. Dalami teknik memakai temperatur air yang betul untuk beragam tipe kain.

Panas yang tinggi sekali pada pengering dapat membuat vlek serta mengakibatkan kerusakan pada kain. Turuti panduan label dengan berhati-hati dan tentukan siklus pengering yang pas untuk memperoleh hasil terbaik.

  1. Berhati-hati Saat Memakai Pemutih

Pemutih klorin akan menghancurkan kain apa saja, terhitung katun putih, bila dipakai dalam fokus yang terlampau tinggi. Selalu encerkan pemutih klorin dan dalami teknik memakainya dengan aman.

Vlek pemutih bisa ada saat pemutih terciprat ke baju secara tak sengaja atau cucian yang terkena pemutih menyentuh barang lain. Waspadalah untuk menghindari permasalahan ini – terlebih bila kamu berbagi tempat cuci sama orang lain.

Itulah sembilan Tips Mencuci Baju yang dapat kami rangkum dari berbagai sumber, semoga bermanfaat

Also Read

Ads - Before Footer