Tips Agar HP Tidak Lemot, Tetap Lancar dan Anti Ngelag

Seiring waktu berjalan, performa sebuah handphone Android sering terasa makin lamban dan turun. Keadaan itu pasti dapat disebabkan karena beragam factor. Karenanya, perlu langkah agar hp tidak lemot.

Seringkali, performa handphone Android yang turun jadi penyebab beberapa orang untuk beli perangkat baru yang lebih canggih. Tetapi, untuk memperoleh piranti dengan detail oke, diperlukan kantong yang semakin besar.

Nah, untuk Anda yang mempunyai handphone Android terutama tipe lawas berperforma yang mulai lamban, ada beberapa panduan yang dapat Anda kerjakan.

Beberapa Panduan Mudah Untuk Menangani Handphone agar HP Tidak Lemot

  1. Perbaiki OS secara periodik

Yakinkan handphone Android yang Anda gunakan telah diperbaharui (up-date) ke mekanisme operasi (OS) versus terkini. Umumnya, OS terkini akan tingkatkan perform handphone jadi lebih cepat.

Cara untuk mengupdate OS bervariatif bergantung dari tiap-tiap merk handphone. Tetapi, umumnya Anda dapat meng-update OS dengan masuk pada menu “Settings” > “About Phone” > “Software Up-date“. Kemudian, click tombol “Cek for Up-dates“.

Jika mendapati penyempurnaan, selekasnya ambil dan pasang ke handphone Anda dengan mengeklik tombol “Download and Install” dalam menu yang ada.

  1. Up-date program yang jalan lamban

Upayakan Anda selalu mengupdate program yang kiranya jalan lemot supaya performa program itu masih tetap kuat.

Selain membenahi performa, penyempurnaan program umumnya salurkan beragam fitur baru. Penyempurnaan program dapat dilaksanakan lewat  Play Store.

  1. Matikan Animasi

Matikan Animasi hp android

Penampilan animasi yang dimatikan atau dipercepat dapat tingkatkan perform handphone Android secara visual. Untuk mematikan animasi, simak cara berikut ini.

  • Pertama, aktifkan pilihan Developer pada piranti Android Anda.
  • Masuk ke Pengaturan, lalu pilih “About Phone
  • Selanjutnya, klik pilihan “Build Number” sekitar tujuh kali untuk aktifkan
  • Sesudah diaktifkan, membuka kembali halaman khusus Pengaturan dan membuka menu Pilihan Developer
  • Scroll ke bawah sampai mendapati pilihan “Animator Duration Scale
  • Untuk menonaktifkan animasi, tentukan pilihan “Animation Off
  1. Batasi program yang berjalan pada latar belakang

Jumlahnya program yang berjalan pada background mekanisme (latar belakang) handphone, bisa juga membuat performa handphone Anda turun. Oleh karenanya, batasi beberapa program yang akan berjalan pada latar belakang.

  • Caranya, kunjungi menu Pengaturan “Settings
  • Lalu tentukan opsi “Developer Options“.
  • Scroll ke bawah sampai menemui menu “Latar belakang Process Limit“.
  • Di situ Anda dapat menentukan seberapa banyak program yang hendak berjalan pada background (latar belakang).
  • Untuk menonaktifkannya, Anda bisa juga pilih opsi “No Background Processes” dalam menu yang ada.
  1. Hapus program yang tidak terpakai

Perform handphone dapat dipertingkat dengan hapus beberapa program yang jarang-jarang atau mungkin tidak pernah digunakan.

Trending:  Mengenal Apa Itu Aplikasi Pinterest Serta Kelebihannya

Masalahnya program itu akan penuhi penyimpanan dan ruangan pemrosesan (RAM) dalam handphone.

Maknanya, program itu punyai peran dalam memberatkan performa. Penghilangan program umumnya dilaksanakan dengan mengeklik atau meredam (hold) icon program itu, lalu nantikan berapakah detik sampai ada tombol “Uninstall“.

Anda bisa juga longgarkan memory handphone Anda dengan terhubung menu “Settings” lalu tentukan “Penyimpanan“, selanjutnya click pilihan “Manage Penyimpanan“.

Di situ, Anda dapat memisah file apa yang kiranya “rakus” memory. Bila dirasakan terlampau kuras ruangan penyimpanan, Anda dapat hapus file-file itu.

  1. Factory Reset

Factory Reset

Jalan paling mudah untuk membenahi performa handphone Android Anda yakni dengan lakukan Factory Reset alias reset pabrik.

Sama sesuai namanya, langkah ini akan membuat handphone Anda kembali ke keadaan baru pertama kalinya Anda membeli. Disamping itu, Factory Reset bermanfaat untuk bersihkan semua data yang ada dalam handphone.

Pasti saat sebelum lakukan Factory Reset, yakinkan Anda telah “amankan” semua data Anda lebih dulu.

Faktory Reset dapat dilaksanakan dengan berkunjung menu “Settings” > “Sistem” > “Advanced Options” > lalu tentukan “Erase All Data” atau “Reset“.

Begitu langkah yang Anda kerjakan untuk menangani handphone Android usang supaya tidak lemot. Mudah-mudahan menolong!