TikTok Shop Kembali, Para Seller Sumringah Lagi !

Azza Azzahra

TikTok Shop Kembali, Para Seller Sumringah Lagi !

TikTok Shop, platform e-commerce yang sempat ditutup di Indonesia pada 4 Oktober 2023, kini telah kembali beroperasi.

TikTok Shop

TikTok Shop kembali dibuka setelah TikTok dan GoTo, perusahaan induknya, mendirikan badan hukum tersendiri di Indonesia.

Dengan kembali beroperasinya TikTok Shop, para pelaku usaha, khususnya UMKM, kembali memiliki akses ke platform e-commerce yang memiliki basis pengguna yang besar di Indonesia.

Menurut data TikTok, TikTok Shop memiliki lebih dari 100 juta pengguna aktif bulanan di Indonesia.

Baca Juga : Cara Mengaktifkan TikTok Shop, Pasarkan Bisnis Online Hasilkan Cuan.

Pemberitahuan Resmi dari TikTok

TikTok mengumumkan kembalinya TikTok Shop melalui email yang dikirimkan kepada para penjual. Dalam email tersebut, TikTok menyampaikan bahwa TikTok Shop akan kembali beroperasi mulai tanggal 3 Desember 2023.

TikTok juga menyampaikan bahwa para penjual yang telah mendaftar di TikTok Shop sebelumnya dapat melanjutkan aktivitas berjualannya di platform tersebut.

Namun, para penjual perlu melakukan verifikasi ulang dokumen untuk memastikan identitas dan kelayakan mereka sebagai penjual di TikTok Shop.

Mekanisme TikTok Shop

Berikut adalah mekanisme TikTok Shop yang perlu diketahui oleh para pelaku usaha yang ingin berjualan di platform tersebut:

**1. ** Pendaftaran

Untuk mendaftar sebagai penjual di TikTok Shop, pelaku usaha dapat menggunakan akun TikTok yang telah dimiliki. Caranya, masuk ke menu “Saya” di aplikasi TikTok, lalu klik “TikTok Shop”. Kemudian, klik “Daftar Sekarang” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Pelaku usaha juga dapat mendaftar dengan menggunakan nomor ponsel atau email. Caranya, klik “Daftar dengan Nomor Ponsel atau Email” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

**2. ** Verifikasi Dokumen

Setelah mendaftar, pelaku usaha harus melakukan verifikasi dokumen. Dokumen yang dibutuhkan meliputi:

  • KTP atau SIM
  • NPWP
  • SIUP atau TDP
  • Foto produk

Verifikasi dokumen dilakukan untuk memastikan identitas dan kelayakan pelaku usaha sebagai penjual di TikTok Shop.

**3. ** Penautan Akun TikTok

Setelah dokumen diverifikasi, pelaku usaha perlu menautkan akun TikTok Shop dengan akun TikTok resminya. Caranya, klik “Tautkan Akun TikTok” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

**4. ** Penambahan Produk

Setelah akun TikTok Shop ditautkan, pelaku usaha dapat mulai menambahkan produk ke tokonya. Caranya, klik “Tambah Produk” dan ikuti petunjuk yang diberikan.

Produk yang akan dijual di TikTok Shop harus memenuhi syarat-syarat tertentu, antara lain:

  • Produk asli dan berkualitas
  • Produk yang legal dan tidak melanggar peraturan yang berlaku
  • Produk yang memiliki harga yang kompetitif

**5. ** Pemasaran

Setelah produk ditambahkan ke toko, pelaku usaha perlu melakukan pemasaran untuk menarik pembeli. TikTok Shop menyediakan berbagai fitur untuk membantu pelaku usaha dalam melakukan pemasaran, antara lain:

  • Fitur “Live” untuk melakukan siaran langsung
  • Fitur “Hashtag” untuk memaksimalkan visibilitas produk
  • Fitur “Influencer” untuk bekerja sama dengan influencer

Baca Juga : TikTok Hadirkan Creative Card,Trik Buat Konten Menarik !

Kerja Sama TikTok dengan Tokopedia

Kerja sama antara TikTok dan Tokopedia merupakan kerja sama B2B (business to business) yang melibatkan dua perusahaan besar di Indonesia.

Kerja sama ini bertujuan untuk menggabungkan kekuatan kedua perusahaan untuk menciptakan platform e-commerce yang lebih kuat dan kompetitif.

Melalui kerja sama ini, TikTok akan memberikan investasi lebih dari US$1,5 miliar kepada Tokopedia. Investasi ini akan digunakan untuk mendukung operasional Tokopedia, termasuk pengembangan fitur dan layanan baru.

Sementara itu, Tokopedia akan bertanggung jawab untuk mengoperasikan dan mengelola fitur layanan belanja dalam aplikasi TikTok di Indonesia. Dengan demikian, TikTok Shop akan menjadi bagian dari ekosistem Tokopedia.

Kerja sama ini memiliki beberapa manfaat bagi kedua perusahaan. Bagi TikTok, kerja sama ini akan membantu TikTok untuk memasuki pasar e-commerce Indonesia yang besar dan berkembang pesat.

Bagi Tokopedia, kerja sama ini akan membantu Tokopedia untuk memperluas basis pengguna dan meningkatkan penetrasi pasarnya.

Selain itu, kerja sama ini juga memiliki manfaat bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM.

Dengan bergabung dengan TikTok Shop, para pelaku usaha akan memiliki akses ke platform e-commerce yang memiliki basis pengguna yang besar dan beragam.

Kesimpulan

TikTok Shop kembali beroperasi di Indonesia setelah sempat ditutup selama beberapa bulan. Kembalinya TikTok Shop diharapkan dapat menjadi angin segar bagi para pelaku usaha, khususnya UMKM.

Also Read

Ads - Before Footer