Tidak Perlu Antre, Kini Bayar Pajak Kendaraan Online Bisa Dari Rumah

Azza Azzahra

samsat online nasional

Bayar pajak kendaraan sekarang makin gampang di zaman digital seperti sekarang ini. Beberapa Samsat di Indonesia telah mengaplikasikan cara bayar pajak kendaraan online, baik cara bayar pajak online untuk motor atau kendaraan beroda 4 atau mobil.

Dengan cara bayar pajak online, warga tidak harus tiba dan berbaris ke Samsat sesuai domisilinya. Cara bayar pajak kendaraan online dapat dilaksanakan dari rumah lewat piranti handphone.

Berikut proses cara bayar pajak online Samsat Online Nasional atau Samolnas, baik cara bayar pajak motor online atau pajak tahunan mobil.

  • Pemohon download program Samolnas
  • Sesudah terinstal di handphone, click mulai dan registrasi
  • Pemohon dapat mengisi data di kolom yang ada diantaranya nomor polisi, NIK, dan 5 digit nomor paling akhir kerangka kendaraan, dan click “teruskan”.
  • Sistem akan mengolah data sepanjang lebih kurang satu menit. Bila data yang ditempatkan telah betul, akan ada data komplet berkenaan kendaraan yang bakal dibayar pajaknya, sekalian besaran pajak yang perlu dibayar
  • Ada code bayar yang berlaku sepanjang 2 jam
  • Pembayaran dapat dilaksanakan lewat bank atau kanal pembayaran yang lain dengan dikenai ongkos administrasi Rp 5.000
  • Pemohon akan memperoleh e-TBPKB dan e-Pengesahan STNK yang berlaku selama 30 hari
  • Pemohon dapat memperoleh TBPKB/SKPD dan stiker legitimasi STNK yang dikirim Samsat lewat jasa ekspedisi ke alamat pemohon sesuai yang tercantum di STNK.

untuk kanal pembayaran, cara bayar pajak kendaraan online Samolnas ini telah bekerja bersama dengan beberapa bank antaranya BNI, BRI, Berdikari, BTN, BCA, CIMB Niaga, Permata Bank, dan e-commerce Tokopedia.

Selanjutnya jika alamat wajib pajak tidak sesuai yang tercantum di STNK, pemohon dapat melakukan verifikasi ke call-center Samsat di tempat. Proses pengiriman dapat memerlukan waktu sepanjang 7 hari.

Selain memakai program Samolnas, banyak daerah sekarang melaunching program tertentu untuk memberikan fasilitas cara bayar pajak kendaraan online, seperti pemakaian program E Samsat untuk Propinsi Jawa Timur. Untuk pengujian jumlah pajak yang perlu dibayarkan, dapat disaksikan dalam link di bawah ini.

Sebagai Informasi, e-Samsat Jawa timur ialah service legitimasi STNK tahunan dan pembayaran PKB dan SWDKLLJ (Jasa Raharja) yang pembayarannya bisa dilaksanakan lewat e-Channel Bank atau transfer.

Tetapi harus diingat, service ini cuman bisa dilaksanakan untuk pembayaran PKB tahunan dan pemilik kendaraan harus mempunyai BPKB, STNK, dan KTP asli.

Service ini tidak berlaku untuk kendaraan yang pembayaran pajak terlambat lebih satu tahun, ganti plat nomor, kendaraan dalam status lapor jual, hilang/hancur, kejahatan dan kecelakaan jalan raya.

Walau pembayarannya dapat dikerjakan secara online, tetapi anda harus tetap ke Samsat untuk lakukan legitimasi dan pembuatan STNK.

Also Read

Ads - Before Footer