Ternyata Begini Cara Membeli Rumah Baru atau Second.

Azza Azzahra

cara membeli rumah

Mempunyai rumah bagi generasi milenial tentu bukanlah hal yang tidak mungkin. Apa lagi jika sudah berpenghasilan tetap dan punya niat untuk membangun keluarga atau bahkan melakukan investasi berbentuk property. Lantas, bagaimana cara membeli rumah “baru atau second” ?.

Generasi milenial mungkin sempat dihadapkan pada masalah di antara pilih rumah baru atau rumah second. Ruby Herman salah satunya founder properti menjelaskan, ada kekurangan dan kelebihan baik itu membeli rumah baru atau rumah second.

Bila membeli rumah baru saat ini, keunggulannya yakni ada di peraturan pemerintah yang membebaskan PPN. Artinya, pengeluaran dana untuk membeli rumah akan berkurang karena tak perlu bayar pajak.

Untuk mengetahui yang mana yang harus dipilih di antara rumah baru dan rumah second, perlu dimengerti lebih dulu berkenaan perbedaan, kekurangan dan kelebihan.  rumah baru tentu menyediakan pengalaman yang baru untuk pemilik baik itu dari sisi bangunan, lingkungan, situasi sampai sarana.

Juga Dari sisi pembayaran, rumah baru termasuk banyak pengembang yang memberi promosi untuk bangunan rumah baru. Ditambah lagi peraturan PPN atau ada pula rumah bantuan.

“Jika secara pembayaran untuk rumah baru ini nyaman selain tadi PPN nya 0 selanjutnya promo-promo seperti KPR itu DP nya 5% bahkan juga ada pula kemungkinan DP nya lebih rendah.  tetapi itu case for case yang artinya DP mininum 5% saja.

Disamping itu, rumah baru yang diambil lewat KPR misalkan bekerja bersama dengan perbankan berkesempatan memberi subsidi-subsidi atau promo-promo memikat buat rumah baru. Bisa berbentuk bantuan bunga, DP enteng atau angsuran bulanan yang ringan.

“Ini dilihat dari milenial yang umurnya di bawah 39 tahun”.

Lantas bagaimanakah dengan rumah second?

Sementara itu, rumah second mempunyai kelebihan berada di wilayah dengan infrastruktur lingkungan yang telah terjaga misalkan untuk sarana umum dan lingkungan warga.

Namun, masalah membeli rumah second umumnya memerlukan uang muka yang lumayan besar bila lewat KPR.

“Dan jika rumah second tidak ada potongan PPN dan tidak berlaku, untuk pembayaran yang menggunakan KPR lebih gampang pembayaran rumah baru, bunganya semakin tinggi,” paparnya.

Adapun kelebihan pembelian rumah second umumnya dipasarkan pada harga yang lebih murah. Milenial yang tertarik untuk membeli rumah second harus mengumpulkan biaya lebih bila ingin merenovasi.

“Itu harus disiapkan, apa lagi kita tahu sisa banjir atau karena sesuatu perlu dilakukan pengujian double. Terus, apa yang terjadi di rumah itu kan kita tidak tahu namanya rumah second ya kita terima apa yang ada.”

Terlepas dari opsi rumah second atau baru, kaum mileneal merekomendasikan agar angkatan milenial memilih rumah sesuai keperluan dan kekuatan untuk pembelian rumah.

saat rekan-rekan telah mempunyai sesuai cicilan dan kemampuan silakan rekan-rekan pilih apa rumah second atau baru, dua-duanya punyai plus dan minus masing masing.

Demikian tips cara membeli rumah, semoga bisa membantu

Also Read

Ads - Before Footer