Pentingnya Memakai Aplikasi Pembukuan Bermanfaat untuk Bisnis

Warta Berita Baru

Memanfaatkan teknologi terkini seperti aplikasi pembukuan ternyata memiliki banyak manfaat penting dalam dunia bisnis. Kamu bisa merasakan berbagai manfaat menguntungkan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi khusus untuk berbisnis dibandingkan cara manual.

Perlu dipahami dunia usaha sendiri sangat berkembang pesat dengan berbagai inovasi terbaru. Hal ini juga dipengaruhi oleh perkembangan teknologi yang menyasar berbagai bidang termasuk dalam dunia bisnis.

Dibutuhkan kecepatan, kemudahan, dan ketepatan dalam dunia usaha terutama ketika proses pembukuan. Semakin cepat pembukuan terselesaikan dari proses awal transaksi menjadi laporan keuangan maka akan sangat membantu.

Jika bisnis kamu tidak ingin tertinggal meskipun saat ini masih skala kecil tidak ada salahnya memanfaatkan aplikasi. Ada beberapa aplikasi yang direkomendasikan dan terbukti memiliki banyak keunggulan untuk membantu kamu.

Manfaat Penting Aplikasi untuk Pembukuan Sebaiknya Diketahui

Tahukah kamu masih banyak para pemilik usaha ataupun bisnis mengabaikan adanya pencatatan maupun pembukuan. Padahal dengan bantuan aplikasi pembukuan ada banyak manfaat penting yang bisa dirasakan secara langsung.

  1. Laporan keuangan menjadi mudah dibuat

Dalam berbisnis dibutuhkan yang namanya laporan keuangan dan karena tidak memahami dasarnya terkadang kesulitan. Jika kamu memakai aplikasi maka pembuatan laporannya menjadi lebih mudah, cepat dan akurat meskipun minim pengetahuan.

  1. Proses pengawasan menjadi lebih mudah

Menggunakan aplikasi untuk mencatat kegiatan bisnis kamu membuat proses pengawasan lebih mudah. Hal ini karena semua informasi sudah tersedia dalam aplikasinya sehingga data-data dan laporan tinggal langsung cek saja.

  1. Evaluasi kinerja lebih mudah dilakukan

Dalam menjalankan bisnis sangat penting untuk melakukan evaluasi kerja sehingga dapat diketahui kelebihan dan kekurangannya. Dengan memanfaatkan aplikasi maka proses evaluasi juga tidak sulit dan menjadi lebih cepat diselesaikan.

  1. Catatan transaksi lebih jelas

Jika harus mencatat setiap transaksi dengan cara manual kerap kali membutuhkan waktu dan terasa rumit. Namun dengan aplikasi pembukuan, transaksi bisa otomatis dan jelas dengan hasil akhir berupa laporan keuangan.

  1. Mengurangi resiko kelalaian atau lupa

Kelalaian dalam menjalankan bisnis kerap kali terjadi karena berbagai faktor terutama human eror. Hal inilah salah satu manfaat dari aplikasi yang mampu mengurangi resiko kelalaian maupun lupa saat mencatat.

  1. Lebih mudah menerapkan strategi

Karena proses pencatatan laporan keuangan sudah sangat jelas maka lebih mudah dalam menerapkan strategi. Sebagai pemilik bisnis kamu menjadi tahu apa yang harus dikembangkan dan strategi apa paling sesuai.

BukuWarung, Aplikasi Pembukuan Sederhana dan Mudah Dipelajari


Setelah mengetahui berbagai manfaat penting dari menggunakan aplikasi pembukuan tidak ada salahnya kamu mencobanya. Seperti BukuWarung yang terbukti sangat sederhana dipelajari namun memiliki banyak keunggulan saat digunakan.

  1. Ukuran aplikasi sangat kecil

Dari segi ukuran aplikasinya sangat kecil sehingga bisa digunakan untuk berbagai jenis android maupun smartphone. Kamu hanya perlu menyediakan sedikit ruang untuk aplikasinya namun merasakan banyak keunggulan menarik jika menggunakannya.

  1. Bisa digunakan tanpa koneksi

Kalau sudah download BukuWarung ternyata bisa digunakan secara online maupun offline (tanpa adanya koneksi). Kamu bisa menggunakannya tanpa koneksi sehingga ketika jaringan bermasalah tidak perlu khawatir adanya gangguan.

  1. Pengingat lewat SMS gratis

Keunggulan menarik ketika kamu sedang lupa apa yang harus dikerjakan maka ada pengingat melalui SMS. Tidak perlu khawatir karena setiap pengingat dikirimkan menggunakan SMS secara gratis atau tanpa biaya.

  1. Bisa membuat laporan secara otomatis

Kelebihan aplikasi pembukuan BukuWarung yaitu dapat membuat laporan secara otomatis dan cepat. Tidak membutuhkan waktu lama dari awal kamu memasukkan data-data karena otomatis sudah tersedia laporan keuangannya.

  1. Bisa digunakan di banyak HP bersamaan

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini untuk banyak HP secara bersamaan sehingga memudahkan proses konsolidasi. Jadi kalau kamu memiliki banyak jenis usaha maka tidak perlu khawatir menggunakan BukuWarung lebih mudah.

  1. Hanya akuntansi sederhana

Dari banyaknya kelebihan yang ada ternyata ada satu kekurangan yaitu hanya menyediakan akuntansi sederhana. Kalau skala usahanya sudah besar tidak direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi satu ini karena sangat sederhana.

Teman Bisnis, Aplikasi Sangat Direkomendasikan untuk Pencatatan Pembukuan Usaha

Teman Bisnis menjadi aplikasi lainnya yang sangat direkomendasikan untuk membantu usaha kamu. Teman Bisnis sering digunakan oleh pemilik bisnis menengah karena lebih lengkap fiturnya serta banyak keunggulannya.

Kelebihan pertama aplikasi pembukuan satu ini yaitu sudah menyediakan arus kas keuangan secara lengkap. Membuat arus kas sendiri secara manual butuh waktu, kejelian dan pastinya terkadang bingung masuk posnya.

Kelebihan kedua mampu mengelola persediaan barang sehingga sangat cocok untuk usaha di bidang perdagangan. Kamu akan lebih mudah melihat stock barang tanpa harus khawatir kehabisan stock secara dadakan.

Mengatur persediaan barang secara manual terkadang harus berkali-kali menyesuaikan antara catatan dengan real. Namun dengan bantuan fitur persediaan barang ini membuat prosesnya lebih mudah, cepat dan tidak ribet.

Kelebihan ketiga yaitu mampu digunakan di berbagai perangkat tanpa harus memenuhi syarat spesifikasi khusus. Apapun perangkat yang kamu miliki cobalah untuk download aplikasinya terlebih dahulu daripada harus beli baru.

Sayangnya ada kekurangan yang perlu diketahui yaitu ukuran aplikasinya bisa dibilang cukup besar sehingga membutuhkan ruang. Sebaiknya kamu perhitungkan sendiri apakah memori perangkat masih mencukupi sehingga tidak ngelag saat digunakan.

Sedangkan untuk pemula, aplikasi pembukuan satu ini juga masih sulit untuk dipahami karena akuntansinya cukup lengkap. Bukan lagi akuntansi sederhana yang mudah bagi pemula sehingga perlu dipelajari lebih mendalam.

Namun kalau kamu memang tertarik untuk mencoba menggunakannya tidak ada salahnya download sekarang juga. Pelajari aplikasinya sekaligus belajar akuntansi sehingga lebih mudah proses memahami apa yang ada didalamnya.

SI APIK Sangat Cocok Digunakan untuk Usaha yang Sudah Besar


Aplikasi yang cocok untuk usaha yang skalanya sudah lebih besar direkomendasikan menggunakan SI APIK. Sebaiknya digunakan untuk usaha yang sudah memiliki banyak transaksi dan dikelola oleh akuntan sendiri.

Kelebihan utama dari aplikasi pembukuan SI APIK ini memiliki akuntansi sangat lengkap sehingga lebih memudahkan laporan. Dari awal pembuatan pencatatan bukti transaksi sampai akhirnya menjadi laporan akhir sudah tersedia.

Bahkan kamu bisa membuat laporan pajak sekaligus sehingga lebih memudahkan dan mempercepat menyelesaikan laporan. Meskipun banyak orang kesulitan menyelesaikan laporan pajak namun akan dibantu memakai aplikasi SI APIK ini.

Seperti sudah dijelaskan jika aplikasinya sangat cocok untuk usaha yang memang skala besar karena laporan akuntansinya detail. Hal ini sangat menunjang bisnis kamu lebih berkembang dan seperti perusahaan besar.

Jika kamu ingin menggunakannya secara profesional tidak ada salahnya mencoba menggunakan versi website. Sehingga lebih leluasa untuk digunakan apalagi jika transaksinya sudah sangat banyak dan butuh laporan secara detail.

Selain memiliki banyak kelebihan ada satu kekurangan perlu diketahui yaitu aplikasinya sulit dipahami pemula. Terutama jika belum memahami betul tentang akuntansi dan bagaimana alurnya menjadi lebih rumit dipakai.

Kalau kamu ingin menggunakan SI APIK sebaiknya pelajari dasar-dasar akuntansi agar bisa menyesuaikan diri. Jika ingin lebih mudah maka bisa menyediakan jasa akuntansi sendiri untuk bisnis agar membantu menyelesaikan laporan.

Memanfaatkan teknologi untuk membantu setiap proses transaksi dalam kegiatan usaha menjadi lebih mudah diselesaikan. Pilih aplikasi pembukuan paling sesuai agar bisa menggunakannya dengan tepat sesuai kebutuhan bisnis.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer