Sudah Dibuka, Formasi Lengkap CPNS 2021

Azza Azzahra

Dibuka 30 Juni, Simak Formasi Lengkapnya Disini !

Wartaberitabaru.com –  Sudah dibuka sejak 30 Juni, Pemerintah melalui BKN sudah menetapkan Sejumlah daftar formasi CPNS 2021. Badan Kepegawaian Nasional mengumumkan membuka 689.623 kursi untuk mengisi CPNS dan PPPK baik jalur Guru maupun non Guru.

Menurut penjelasan dari Plt. Asisten Deputi Perencanaan dan Pengadaan SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Katmoko Ari Sambodo, jumlah total formasi tersebut adalah keseluruhan dari 53 kementerian dan lembaga, dengan 570 instansi,  terdiri atas 33 pemerintah tingkat 1 atau Provinsi juga 484 pemerintah daerah kabupaten dan kota.

Dari jumlah yang ditetapkan BKN tersebut, 65.915 akan diperebutkan peserta untuk formasi pemerintah pusat, sedangkan 622.708 kursi formasi CPNS 2021 akan diperjuangkan peserta unutk mengisi jabatan di instansi daerah yang terdiri dari

Daftar formasi CPNS 2021 yang dibutuhkan kali ini ini sebanyak 688.623 yang terdiri dari 65.915 formasi untuk pemerintahan pusat, dan 622.708 formasi untuk instansi daerah yang terinci  484.100 untuk kabupaten/kota serta 138.608 untuk provinsi.

 

Anda berminat?,  pastikan memilih terlebih dahulu formasi apa yang akan dituju.

Inilah formasi Lengkap PPPK dan CPNS 2021

Daftar Formasi CPNS 2021

  1. Kementerian Perhubungan

Kementrian Perhubungan Republik Indonesia menetapkan 2.445 formasi pada penerimaan CPNS tahun 2021. Para peserta untuk formasi Kemenhub harus melalui beberapa seleksi. Diantaranya : (SKD) seleksi Kompetensi Dasar 40%, (SKB) Seleksi Kompetensi Bidang 60% dan Seleksi administrasi.

Khusus untuk formasi Kemenhub, formasi dibuka minimal lulusan SMA atau Sekolah Menengah Atas hingga S2. Peserta wajib melengkapi berkas, antara lain Ijazah, KTP, dan berkas pendukung lain sesuai persyaratan.

 

  1. Basarnas

Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan atau Basarnas membuka 27 Formasi CPNS. Lembaga Pemerintah non Kementrian ini membuka lowongan dengan minimal lulusan SMK / SMA sederajat untuk Rescue Pemula. Selain itu, Basarnas juga membuka kesempatan untuk bergabung mengisi posisi Nahkoda, Juru Mudi, Juru Minya, Masinis, Mualim, Markonis sampai Kelasi, dengan sertifikat khusus sebagai berkas pendukung.

Secara keseluruhan, lembaga yang bergerak di bidang pencarian dan pertolongan ini membuka  formasi CPNS 2021 mulai lulusan SMA sederajat, Diploma 3 (D3), Diploma 4 (D4), Strata 1 (S1), sampai S2 atau Strata 2.

 

  1. Kementerian Luar Negeri

Kementerian yang juga membuka Formasi CPNS di tahun 2021 adalah (Kemenlu), dengan jumlah formasi sebanyak 332 termasuk 3 kursi untuk Pejabat Dinas Luar Negeri (PDLN).

Formasi jabatan yang dibutuhkan antara lain : 140 Posisi Fungsional Diplomat, 80 Posisi Fungsional Penata Kanselerai, serta 44 Posisi Fungsional Pranata Informasi Diplomatik serta beberapa posisi fungsional khusus dan poisis pelaksana lain.

 

  1. Kejaksaan

Lembaga selanjutnya yang membuka formasi CPNS 2021 adalah Kejaksaan, dengan jumlah 4.148. 1000 diantaranya untuk posisi jaksa, 527 posisi pranata barang bukti, dan 495 pengolah data Perkara dan Putusan.

Peserta yang berminat menjadi jaksa wajib berijazah minimal S1 jurusan Hukum. Sementara itu, anda yang lulusan mulai dari D-3 jurusan Administrasi, Perkantoran, Manajemen, Komputer, dan Sekretaris dapat mengincar posisi Pranata Barang Bukti.

Selain itu, anda yang mempunyai ijazah minimal D3 jurusan Administrasi Pemerintah, Administrasi Perkantoran, Manajemen, Teknik Informatika dan Manajemen Informatika bisa melamar jabatan Pengolah Data Perkara dan Putusan.

 

  1. Badan Pemeriksa Keuangan

Badan milik pemerintah yang memeriksa tentang uang ini akan menerima 1.320 formasi pada penerimaan CPNS 2021. Posisi yang dibutuhkan antara lain, pranata komputer,  pengelolaan data informasi dan hukum dan posisi pemeriksa.

Dari jumlah tersebut, 1.257 akan mengisi posisi pemeriksaan ahli pertama, 35 sebagai pranata komputer, juga 28 formasi untuk posisi pengelolaan data informasi dan hukum. 27 formasi atau 2 % dari jumlah tersebut, sengaja dibuka jalur khusus untuk teman disabilitas.

 

  1. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

Kementrian berikutnya yang membuka formasi CPNS 2021 adalah Kemen PUPR yang tidak membuka jalur PPPK, namun menetapkan 1.057 posisi untuk CPNS 2021.

 

  1. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)

KLHK yang merupakan gabungan antara Kementrian lingkungan hidup dan Kehutanan membuka 1.175 formasi untuk CPNS dan PPPK. Terdiri dari 168 PPPK dan 1.007 CPNS.

 

  1. POLRI

Korps Bhayangkara membuka 1.035 formasi CPNS 2021. 722 diantaranya diperuntukkan bagi tenaga medis dan 313 tenaga teknis.

Formasi rincinya adalah 907 umum, 104 lulusan terbaik. Dari jumlah itu, 21 kursi dikhususkan untuk teman teman disabilitas, serta 3 kursi khusus untuk putra/putri Papua dan Papua Barat. Kurang lebih 62 jabatan bisa diperebutkan untuk anda yang berminat mengikuti seleksi di Kepolisian Republik Indonesia.

 

  1. Dewan Perwakilan Rakyat

Lembaga wakil rakyat DPR tahun ini juga membuka perekrutan CPNS 2021. Setidaknya 75 formasi dibuka untuk jalur CPNS atau tidak membuka jalur PPPK.

 

  1. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN)

Total formasi yang dibutuhkan berjumlah 105, dengan kualifikasi pendidikan minimal D3. Terdiri dari 90 jabatan pelaksana dan 15 jabatan fungsional.

Pengolah Data Keamanan Siber dan Sandi dengan jumlah 30 orang adalah formasi yang paling banyak dibuka. Anda yang ingin mendaftar wajib memenuhi syarat minimal lulusan D3 Teknik Komputer, Teknik Informatika, Manajemen Informatika, dan D3 jurusan Sistem.

 

  1. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral

Kemen ESDM membuka penerimaan formasi CPNS 2021 dengan kualifikasi minimal lulusan SMK sampai S2. pengamat gunung api dan jenang kapal adalah dua posisi yang bisa dilamar oleh lulusan SMK.

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi menjabarkan, pihaknya membuka 172 formasi CPNS yang terdiri dari 43 posisi yang terbuka untuk pelamar dengan minimal pendidikan SMK sampai S2.

 

Untuk anda lulusan Diploma 3, Diploma 4, Strata 1 dan Strata 2, bisa melamar beberapa posisi.

Diantaranya :  Analis Pengelolaan Keuangan APBN, Analis Hukum, Analis Kebijakan, Analis Sumber Daya Manusia Aparatur, Instruktur, Inspektur Ketenegalistrikan, Arsiparis, Auditor, Pengelola Pengadaan Barang/jasa, Penyelidik Bumi, Perancang Peraturan Perundang-undangan, Perencana Perekayasa. Juga beberapa fomasi lain yang dibutuhkan.

 

Anda tertarik mengikuti CPNS 2021, segera daftar dengan mengunjungi Sistem Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (SSCASN) melalui laman https://sscasn.bkn.go.id/.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer