Sudah Cair ! BLT El Nino,BNPT Hingga Dana Desa.

Azza Azzahra

Sudah Cair ! BLT El Nino,BNPT Hingga Dana Desa.

BLT atau bantuan langsung tunai kembali digelontorkan Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Sosial (Kemensos) pada bulan Desember 2023.

Pencairan BLT ini dilakukan untuk membantu masyarakat yang terdampak pandemi kenaikan harga bahan pokok, dan badai El Nino.

Baca Juga : 6 Bansos 2021 ini Cair di Desember, dari BLT Sampai Diskon Listrik

BLT

Ada tiga jenis BLT yang akan dicairkan pada bulan Desember 2023, yaitu:

  • BLT El Nino
  • BLT BPNT
  • BLT Dana Desa

BLT El Nino

BLT El Nino merupakan bantuan yang diberikan kepada masyarakat yang terdampak badai El Nino. Bantuan ini diberikan sebesar Rp200.000 per bulan selama dua bulan, sehingga total bantuan yang diterima adalah Rp400.000.

Pencairan BLT El Nino telah dimulai sejak tanggal 15 Desember 2023. Pencairan dilakukan secara rapel, sehingga masyarakat yang menerima bantuan ini akan menerima total bantuan sebesar Rp400.000 sekaligus.

BLT BPNT

BLT BPNT merupakan bantuan yang diberikan kepada keluarga penerima manfaat (KPM) Program Keluarga Harapan (PKH). Bantuan ini diberikan sebesar Rp200.000 per bulan.

Pencairan BLT BPNT untuk bulan Desember 2023 juga dilakukan secara rapel, sehingga masyarakat yang menerima bantuan ini akan menerima total bantuan sebesar Rp400.000 sekaligus.

BLT Dana Desa

BLT Dana Desa merupakan bantuan yang diberikan kepada keluarga miskin di desa. Bantuan ini diberikan sebesar Rp300.000 per bulan.

Pencairan BLT Dana Desa untuk bulan Desember 2023 juga dilakukan secara rapel, sehingga masyarakat yang menerima bantuan ini akan menerima total bantuan sebesar Rp900.000 sekaligus.

Proses Pencairan BLT

Pencairan BLT untuk bulan Desember 2023 dilakukan melalui bank Himbara (BRI, BNI, Mandiri, BTN, dan BSI). Masyarakat yang menerima bantuan dapat mencairkan bantuannya di bank Himbara terdekat.

Untuk mencairkan BLT, masyarakat perlu membawa kartu ATM atau buku tabungan bank Himbara, serta KTP.

Manfaat Pencairan BLT

Pencairan BLT diharapkan dapat membantu masyarakat yang terdampak pandemi COVID-19, kenaikan harga bahan pokok, dan badai El Nino.

Bantuan ini dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, seperti pangan, sandang, dan papan.

Selain itu, pencairan BLT juga dapat membantu meningkatkan daya beli masyarakat, sehingga dapat menggerakkan perekonomian.

Also Read

Ads - Before Footer