Sudah Bisa Digunakan di Indonesia, Begini Cara Mengaktifkan Reels Instagram

Azza Azzahra

Berbarengan dengan fitur stiker Music, Instagram mengeluarkan fitur alat rekaman video pendek serupa TikTok, yaitu Reels untuk pengguna di Indonesia.

Fitur ini bisa dijajal oleh semua pengguna mulai Rabu (23/6/2021) lalu. Reels instagram adalah fitur yang memungkinkan pengguna bisa merekam sekalian mempersunting video pendek dengan durasi 15 detik.

Dengan Reels, pengguna dapat membuat content video yang disertai dengan beraneka musik, efek, dan tingkat kecepatan video yang dapat ditata secara langsung.

Lalu, bagaimana cara menghidupkan Reels Instagram dan langkah menggunakan atau membuat posting Reels Instagram?

Untuk langkah mengaktifkan Reels instagram, pengguna tinggal memperbaharui Instagram mereka melalui toko aplikasi Google Play Store (Android) dan App Store (iOS).

 

Lalu, Bagaimanakah cara Megaktifkan fitur Reels Instagram ?

Beberapa langkah mengaktifkan Reels instagram :

  1. Pertama, pastikan program Instagram Anda telah di-update ke versi terkini, atau download Disini 
  1. Setelah itu membuka aplikasi Instagram. Di halaman utama, akan ada icon Reels yang terletak berada di icon “Search” dan “Shop”.
  1. Sementara, apabila Anda membuka membuka fitur Story, maka tombol Reels akan tampil disamping bawah monitor, bersebelahan dengan fitur “Post” dan “Story”, serta “Live”.
  1. Untuk membuat video Reels, pengguna cukup mengeklik icon berupa movie klip di sisi tengah bawah.
  1. Selanjutnya, di halaman berikutnya, click icon camera yang ada di sudut atas kanan, lalu tentukan pilihan, apakah ingin merekam video atau mengambil dari galeri handphone.
  1. Bila Anda merekam video melalui fitur camera di Instagram, Anda dapat memilih ide video seperti memakai tata letak, menyetel timer, atau mengatur kecepatan video (bisa lebih cepat/lamban).
  1. Anda dapat masukkan video lebih dari satu dengan menekan tombol “Add” yang ada di sudut atas kanan.
  1. Setelah video dipilih, Anda dapat memangkas clip video sesuai durasi waktu yang dikehendaki.
  1. Setelah itu, video dapat ditambahi dengan filter, efek, stiker, text, sampai lagu yang ada di kolom Music. Anda bisa juga mengupload lagu dari media penyimpanan handphone atau merekam audio langsung melalui menu “Record” yang ada.
  1. Text yang telah dipilih dapat diatur posisinya atau ukuran (resize) sesuai keinginan Anda. Text itu bisa juga diletakkan sama sesuai durasi waktu yang ditetapkan. Misalkan, text hanya akan ada di detik pertama sampai detik ke-5.
  1. Anda dapat mengatur volume lagu atau suara yang berasal dari video asli.
  1. Jika ingin mematikan suara dari video asli, Anda cukup tekan icon microfon untuk Mute Audio.
  1. Di halaman seterusnya, Anda dapat menambah caption, tag, cover, dan memutuskan pilihan lainnya sebelum video itu di-upload.
  1. Bila semua tahap selesai, Anda cukup mengklik tombol “Next” yang ada di sudut kanan bawah, untuk mengupload video itu sebagai content Reels.
  1. Nanti, video Anda akan langsung tampil di tab Reels instagram.

 

Video Reels yang dibuat oleh pengguna dapat dibagi melalui fitur Instagram Stories, Feeds, atau Direct Message.

Jika dibagi di Instagram Stories, video Reels akan hilang setelah 24 jam, sedang jika diupload di Feed, video itu akan terpajang di halaman profile pengguna, sama seperti saat mengupload sebuah photo atau content IGTV.

 

 

 

Tags : video,reels,instagram,fitur,pengguna,instagram reels,fitur instagram,reels pengguna,cara mengaktifkan instagram,cara menggunakan fitur,mengaktifkan reels instagram,menggunakan fitur instagram, fitur reels instagram

Also Read

Ads - Before Footer