Selamat Hari Anak Internasional 2023″For Every Child, Every Right”

Azza Azzahra

Selamat Hari Anak Internasional 2023"For Every Child, Every Right"

Hari Anak Internasional, yang jatuh pada tanggal 20 November setiap tahunnya, adalah momen penting yang ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk meningkatkan kesadaran tentang hak dan kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia.

Sejarah Peringatan Hari Anak

Peringatan ini tidak hanya menyampaikan kegembiraan terhadap masa kecil, tetapi juga menekankan tanggung jawab bersama kita untuk melindungi, mendukung, dan memberdayakan generasi penerus kita.

Hari Anak Internasional diperingati untuk memperingati pengesahan Konvensi Hak Anak PBB pada tahun 1989, yang bertujuan untuk menjamin hak-hak dasar setiap anak di dunia.

Konvensi ini menggarisbawahi hak-hak fundamental seperti hak untuk hidup, hak atas pendidikan, hak untuk bermain, dan hak untuk dilindungi dari eksploitasi.

Tujuan Hari Anak

Kesadaran tentang Hak Anak:

Hari Anak memberikan kesempatan untuk meningkatkan pemahaman global tentang hak dan kebutuhan anak-anak serta mendorong pembahasan serius tentang isu-isu yang mempengaruhi mereka.

Perlindungan dan Kesejahteraan:

Peringatan ini menekankan pentingnya melibatkan semua pihak, termasuk pemerintah, masyarakat, dan individu, dalam melindungi anak-anak dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi, dan ketidaksetaraan.

Pendidikan dan Kesetaraan:

Hari Anak mempromosikan hak anak-anak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan memperjuangkan kesetaraan akses pendidikan bagi semua anak tanpa memandang latar belakang, gender, atau kondisi ekonomi.

Partisipasi Anak:

Mendorong partisipasi anak-anak dalam proses pembuatan keputusan yang memengaruhi kehidupan mereka, memberikan mereka kesempatan untuk menyuarakan pendapat dan ide-ide mereka.

Tema Hari Anak Internasional 2023 

Ada tema spesial yang diusung pada peringatan Hari Anak Sedunia 2023, yakni “For Every Child, Every Right” yang artinya ‘Bagi Setiap Anak, Setiap Hak’.

Dijelaskan oleh situs resmi UNICEF bahwa setiap anak memiliki hak atas beberapa hal, yakni

  • setiap anak di mana saja berhak hidup dalam dunia yang damai;
  • setiap anak berhak atas planet yang aman dan layak huni; serta
  • setiap anak wajib didengarkan dan diikutsertakan dalam semua pengambilan keputusan yang akan memengaruhi mereka.

Meskipun telah ada kemajuan, masih banyak tantangan global yang dihadapi anak-anak, termasuk konflik bersenjata, perubahan iklim, ketidaksetaraan, dan kemiskinan.

Peringatan Hari Anak adalah panggilan untuk bersatu dalam menanggapi tantangan ini dan memastikan setiap anak memiliki peluang dan hak yang sama.

Hari Anak Internasional memberikan kita kesempatan untuk merenung, bersatu, dan bertindak demi masa depan yang lebih baik bagi anak-anak di seluruh dunia.

Baca Juga : Link Twibbon Selamat Hari Anak Nasional Beserta Sejarahnya !

Mari kita jadikan peringatan ini sebagai momentum untuk membawa perubahan positif dalam kehidupan anak-anak, memberikan mereka hak dan perlindungan yang mereka butuhkan untuk tumbuh menjadi individu yang kuat dan berdaya.

Also Read

Ads - Before Footer