Sejarah Hari Ibu 22 Desember,Begini Perjalanan Kongres Perempuan !

Azza Azzahra

Sejarah Hari Ibu 22 Desember,Begini Perjalanan Kongres Perempuan !
Hari Ibu merupakan hari nasional yang diperingati setiap tanggal 22 Desember. Peringatan ini bertujuan untuk menghargai jasa para ibu atau para perempuan secara keseluruhan di Indonesia.

Selain itu, peringatan ini juga bermaksud untuk mengingat kembali hari kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum perempuan semasa kemerdekaan.

Sejarah Hari Ibu

Sejarah Hari Ibu merujuk pada Kongres Perempuan Indonesia pertama yang dilaksanakan pada 22-25 Desember 1928 di Yogyakarta.

Kongres ini dihadiri oleh 30 organisasi perempuan dari berbagai daerah di Indonesia. Kongres ini menghasilkan beberapa keputusan penting, di antaranya:

  • Membentuk organisasi federasi yang bernama Perserikatan Perempuan Indonesia (PPI).
  • Memperjuangkan persamaan hak dan pendidikan bagi perempuan.
  • Membela hak perempuan dalam perkawinan dan pergaulan.

Kongres Perempuan Indonesia I ini merupakan tonggak penting dalam sejarah perjuangan perempuan di Indonesia.

Kongres ini telah melahirkan kesadaran dan semangat baru bagi kaum perempuan untuk memperjuangkan hak-hak mereka.

Pada tahun 1938, diselenggarakan Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung. Kongres ini kembali membahas mengenai masalah-masalah perempuan, di antaranya:

  • Pendidikan dan keterampilan bagi perempuan.
  • Penghapusan perkawinan paksa dan kawin cerai.
  • Perlindungan buruh perempuan.

Kongres ini juga menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu. Penetapan ini bertujuan untuk memperingati Kongres Perempuan Indonesia I yang telah menjadi momentum kebangkitan dan persatuan perjuangan kaum perempuan Indonesia.

Pada tahun 1959, Presiden Soekarno mengeluarkan Dekrit Presiden Nomor 316 yang secara resmi menetapkan tanggal 22 Desember sebagai Hari Ibu.

Sejak saat itu, Hari Ibu telah diperingati setiap tahunnya di Indonesia. Peringatan ini biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara, seminar, dan bakti sosial.

Baca Juga : Latar Belakang Sejarah Hari Ibu Yang Diperingati Setiap 22 Desember !

Cara Menghormati Ibu 

Peringatan Hari Ibu merupakan momentum penting untuk menghargai jasa para ibu dan perempuan Indonesia.

Ibu merupakan sosok yang sangat penting dalam kehidupan keluarga dan masyarakat. Ibulah yang melahirkan, merawat, dan mendidik anak-anak. Ibu juga berperan penting dalam pembangunan bangsa.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menghormati dan menghargai jasa para ibu. Kita bisa menunjukkan rasa hormat kita kepada ibu dengan cara:

  • Menyayangi dan menghormati ibu.
  • Mematuhi perintah ibu.
  • Membantu pekerjaan ibu.
  • Menjadi anak yang berbakti kepada ibu.

Mari kita bersama-sama memperingati Hari Ibu dengan penuh semangat dan rasa syukur. Mari kita terus menghargai jasa para ibu dan perempuan Indonesia.

Also Read

Ads - Before Footer