Presiden Jokowi Cairkan Banpres BPUM atau BLT UMKM Hari Ini.

Azza Azzahra

Presiden Jokowi cairkan Banpres BPUM yaitu Bantuan Produktif Usaha Mikro atau bisa juga disebut BLT UMKM hari ini.

pada kesempatan itu, ia mengatakan menganggarkan dana dengan jumlah Rp. 15,3 trilun dengan target penerima 12,8 juta pelaku usaha yang bertujuan membantu pemulihan ekonomi yang terjadi sebagai dampak terjadinya pandemi.

Secara simbolis, bantuan tersebut diserahkan Presiden Jokowi pada 24 pelaku usaha UMKM di Istana Merdeka. Hadir dalam kesempatan itu, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki yang turut mendampingi kepala negara dengan tetap berpegang pada protokol kesehatan dengan menggunakan masker serta tetap menjaga jarak.

Presiden Jokowi cairkan Banpres BPUM untuk Belasan juta masyarakat dengan usaha mikro dan kecil di semua wilayah tanah air yang mulai dibagikan pada hari ini. Bantuan tunai senilai 1,2 juta rupiah itu diharap mampu membantu mendorong kegiatan ekonomi kembali  bergeliat di masyarakat.

Ia memastikan pula para pelaku usaha yang hadir di istana merdeka ataupun secara daring memperoleh manfaat pemberian BPUM tersebut. Presiden juga menyadari keadaan ekonomi yang tidak mudah dan terjadi saat ini. Karena itu, menurut Jokowi penanganan pandemi dan roda ekonomi harus tetap berjalan beriringan, dengan tidak mengorbankan salah satu diantaranya.

Satu sisi yaitu kesehatan harus tetap diperjuangkan, sementara sisi lain yakni Ekonomi juga tidak boleh berhenti atau tetap harus berjalan.

 

 

Sementara itu, Presiden menargetkan akhir tahun 2021, vaksinasi bisa mencapai 70 persen agar masyarakat semakin cepat membentuk herd immunity. Dengan capaian orang yang sudah melakukan vaksin berjumlah banyak, diharap membuat daya tular dari virus ini menjadi lebih terhambat. Dengan kata lain, bisa mencapai kekebalan komunal atu herd immunity.

Presiden juga mengatakan, Kondisi sulit yang terjadi sekarang tidak hanya dirasakan pelaku usaha Indonesia namun juga di seluruh dunia. Oleh karena itulah, ia menghimbau semua pelaku usaha tetap semangat. Meski harus berjuang mati matian dan lebih keras lagi dengan situasi yang terjadi sekarang, harus tetap bertahan dengan sepenuh tenaga yang ada, walau omset merosot cukup banyak semua harus tetap diperjuangkan.

Presiden Jokowi cairkan Banpres BPUM yaitu bantuan langsung tunai untuk para pelaku usaha yang diberikan dengan nilai 1,2 juta rupiah.

Sementara itu, Pencairan BPUM tahap 2 untuk tahun 2021 dibagi menjadi 3 periode, yakni bulan Juli, Agustus, serta September 2021.

Bantuan presiden tersebut akan didistribusikan pada para pelaku usaha mikro yang belum pernah menerima BPUM sebelumnya  serta telah melengkapi kriteria yang sudah ditetapkan.

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, BLT UMKM sebelumnya sudah disalurkan pada 9,8 juta pelaku usaha pada bulan Januari sampai Juni 2021 dengan total alokasi dana sekitar Rp. 11,76 triliun.

BPUM adalah bentuk support pemerintah yang diberikan guna menjaga kelompok masyarakat yang bidang usahanya ikut terdampak karena pandemi.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer