Prakerja Gelombang 17 Telah Dibuka, Berikut Tipsnya agar Lolos

Wartaberitabaru.com – Pemerintah Kembali membuka Program Kartu Prakerja gelombang 17, Sabtu 5 Juni 2021 kemarin.

Head of Communications Manajemen Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menjelaskan, program yang sudah memasuki tahap ke 17 ini dibuka mulai jam 12.00 sabtu kemarin. Pemerintah menyediakan kuota penerima Kartu Prakerja sekitar 44.000 orang, atau  hanya memulihkan kepesertaan yang dicabut dari gelombang 12 sampai 16. Sementara itu, syarat dan langkah mendaftar Kartu Prakerja gelombang 17 kali ini, tidak berbeda dari kartu prakerja yang ada sebelumnya.

Tidak semua yang mendaftar akan lolos, karena itu perlu trik jitu, apa saja ?

  1. Pastikan kelengkapan persyaratan sebelum mendaftar
    Jangan lupa memperhatikan serta memastikan kelengkapan syarat syarat untuk mendaftar kartu prakerja. Yaitu, harus WNI atau warga negara Indonesia dengan umur minimal 18 tahun serta sedangTidak menjalani pendidikan formal.Selain itu, calon penerima kartu prakerja harus memastikan bahwa dirinya, tidak menerima bantuan sosial lain atau tidak masuk daftar DTKS yaitu Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang diberikan pemerintah sebagai kompensasi efek pandemi covid 19. Seperti, penerima BSU atau BPUM, ataupun sudah pernah menjadi penerima kartu prakerja 2020. Tidak hanya itu, guna meratakan bantuan sosial ini, pemerintah membatasi jumlah maksimal 2 orang dalam 1 KK atau kartu keluarga. Calon penerima kartu prakerja juga bukan seorang yang berstatus Aparatur Sipil Negara, Pimpinan pejabat negara,wakil rakyat,Anggota POLRI, TNI, Direksi ,Komisaris juga dewan pengawas pada BUMD atau BUMN, dan perangkat desa beserta kepala desa.
  1. Isi daftar dengan benar, jika diperlukan ulang kembali. Anda harus Memastikan mengisi data dengan betul dan dianjurkan melihat atau kroscek Kembali sampai benar benar tidak ada kesalahan. Termasuk Cek kembali nomor HP dan email untuk memastikan kebenaran data yang anda masukkan . selain itu, nomor HP dan email juga harus dalam keadaan aktif. Selanjutnya,lihat Kembali apakah syarat file yang di-unggah sudah seperti foto KTP sesuai persyaratan. Termasuk memastikan NIK dan KK .Jika anda mengalami ketikdasamaan NIK dan KK, maka dapat menghubungi Call Center Dukcapil di 1500-538 atau datang ke kantor DisPenDukcapil terdekat.
  1. Kerjakan tes semaksimal mungkin.
    seperti halnya tes, anda diminta untuk mengerjakan soal. Namun sebelum mendaftar guna mengikuti gelombang seleksi, calon peserta Kartu Prakerja akan dimohon untuk mengerjakan tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Tes tersebut bertujuan untuk mengenali ketrampilan dan bakat yang Anda miliki. Untuk menyelesaikan soal, anda diperbolehkan menggunakan alat bantu corat coret seperti kertas, pensil atau pulpen.
Trending:  Info Pemerintah Bagikan Kuota Aplikasi Internet Gratis dan VPN

nantinya peserta yang lolos tes seleksi Kartu Prakerja akan memperoleh insentif berupa dana bantuan dari pemerintah senilai Rp 3,55 juta. dana tersebut terdiri dari, uang bantuan pelatihan sebesar Rp 1 juta, stimulus pasca pelatihan senilai Rp 600.000 per bulan selama empat bulan,serta insentif survei Rp 50.000 untuk tiga kali.

Sebelum itu, Direktur Eksekutif PMO Kartu Prakerja, Denni Puspa Purbasari menjelaskan, tambahan jatah jumlah penerima Kartu Prakerja akan menunggu arahan dari pemerintah. Jika ada penambahan, itu berarti harus ada tambahan estimasi untuk implementasinya. Sementara ini, pemerintah sudah mengalokasikan dana untuk program Kartu Prakerja sebanyak Rp 20 triliun, yang disalurkan untuk 2 semester dimana setiap semesternya senilai Rp 10 triliun. Sebagai manajemen, pihaknya akan melaksanakan apa yang ditugaskan oleh pemerintah.

Kartu Prakerja adalah salah satu program stimulus pemerintah berupa pengembangan kompetensi berwujud bantuan biaya,yang ditujukan untuk pencari pekerjaan, pekerja terdampak PHK atau pekerja yang membutuhkan peningkatan keahlian, sebagai Langkah untuk mempertahankan ekonomi akibat efek pandemi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *