PraKerja Gelombang 17 sudah dibuka, Begini Cara Daftarnya

wartaberitabaru.com, Gelombang ke 17 kartu prakerja sudah dibuka sabtu, 05 juni 2021. Anda sudah  bisa mendaftar sebagai calon penerima kartu pra kerja, sejak sabtu pukul 12.00 dengan mengunjungi prakerja.go.id.

Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu mengatakan, kuota gelombang ke 17 kali ini, menargetkan 44.000 orang dimana mereka berasal dari peserta gelombang 12 sampai 16 kartu prakerja yang dicabut.

Anda ingin mendaftar sebagai calon penerima kartu pra kerja ? segera login ke “prakerja.go.id”.

Simak cara berikut :

  1. Anda buka web prakerja.go.id, kemudian klik “buat akun”
  2. Selanjutnya, isi nama lengkap, alamat email dan password baru, serta pastikan anda mencentang pernyataan dibawahnya
  3. Berikutnya “ buat Akun”
  4. Periksa email yang telah anda daftarkan untuk kartu Pra Kerja, dan selanjutnya pilih link yang dikirim melalui email untuk konfirmasi akun anda
  5. Setelah klik link tersebut, anda akan Kembali diarahkan ke web prakerja.go.id. langsung pilih “log in” untuk masuk ke dashboard akun.

Setelah mempunyai akun Prakerja, anda harus melengkapi data diri.

Begini caranya :

  1. anda masukkan akun dengan alamat e-mail dan pasword yang sudah dibuat.
  2. isi nomor KTP dan tanggal lahir, kemudian pilih ‘Berikutnya’.
  3. masukkan data diri,berawal dari nama lengkap, alamat email, alamat tempat tinggal, pendidikan, status bekerja atau tidak, foto KTP, dan klik ‘Berikutnya’
  4. tulis nomor telepon dan kode OTP yang dikirim melalui SMS.

Sesudah melengkapi data diri, pemilik akun akan diminta mengikuti tes dasar, yaitu tes motivasi dan kemampuan dasar.ada beberapa hal yang harus diketahui terkait soal tes motivasi dan kemampuan dasar tersebut, diantaranya :

  1. mengikuti dan mengerjakan soal tes motivasi dan kemampuan dasar selama 15 menit.
  2. mempersiapkan pensil atau pulpen dan kertas bila perlu.
  3. menuggu e-mail pengumuman dari Kartu Prakerja setelah menyelesaikan tes.
  4. pasca mendapatkan e-mail pemberitahuan, kembali ke situs Prakerja, dan masuk ke gelombang pendaftaran yang sedang dibuka.
Trending:  Begini Cara Daftar DTKS dan Cek Penerima Bansos di cekbansos.kemensos.go.id

Sebagai informasi, bagi masyarakat yang mengikuti program Kartu Prakerja, nantinya kan mendapat total dana Rp 3,55 juta. Dana tersebut terdiri dari , Rp 1 juta untuk pelatihan, Rp 2,4 juta dana insentif atau Rp 600 ribu setiap bulan yang disalurkan selama empat bulan, serta dana tunjangan kebekerjaaan sebesar Rp 150 ribu.

Kartu pra kerja merupakan bantuan sosial yang diberikan pemerintah kepada masyarakat yang belum bekerja, atau korban PHK – Pemutusan Hubungan Kerja , juga pegawai yang membutuhkan tambahan keahlian.

sementara itu, Direktur Eksekutif Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja Denni Puspa Purbasari, mendukung dan mengaku lega terkait hasil survei Cyrus Network yang menyebut 96 persen penerima Kartu Prakerja menerima keterampilan tambahan. Selain peningkatan ketrampilan teknis, sekitar 93,9 persen masyarakat yang menerima Kartu Prakerja merasa mengalami perbaikan sikap atau soft skill yaitu ketrampilan non teknis setelah menjalani pelatihan Kartu Prakerja.

hasil ini membuktikan bahwa Program Kartu Prakerja dapat meningkatkan kemampuan teknis maupun non teknis pekerja di dunia kerja serta bisa memunculkan jiwa kewirausahaan untuk masyarakat yang memilih jalur entrepreneur atau wira usaha.

Ia berharap, hasil positif ini bisa dirasakan banyak orang paska dibukanya Kembali gelombang ke 17 pra kerja, sabtu 05 juni 2021. Tidak hanya itu, ia berharap program stimulus sebagai dampak pandemi ini dapat meningkatkan ekonomi Indonesia yang sempat terpuruk.

Sebagai info tambahan, untuk pemerataan, pemerintah membatasi hanya 2 orang yang dapat menerima bantuan kartu pra kerja dalam 1 KK atau Kartu keluarga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *