PPKM Resmi Diperpanjang, Pemerintah Mulai Cairkan Berbagai Bantuan Sosial  

Azza Azzahra

Pemerintah kembali cairkan berbagai bantuan sosial sebagai kompensasi pemberlakuan PPKM Darurat yang diperpanjang menjadi PPKM level 4. Bansos ini akan diawali bulan Juli sampai Desember 2021. Tidak hanya itu, ada beberapa bantuan yang ditambah. Bantuan Sosial terinci mulai dari BLT subsidi gaji, BLT anak sekolah, bansos tunai, bansos sembako sampai BLT untuk PKL dengan jumlah yang tidak sama.

Presiden Jokowi telah mengumumkan jika pemerintah memutuskan memperpanjang menjadi PPKM level 4 yang berlaku dari 26 Juli sampai 2 Agustus 2021. Meski begitu , pemerintah menjelaskan bakal terus menyalurkan bansos dan menambah bansos selama PPKM level 4.

Berikut Daftar Bantuan Sosial yang Akan Segera Cair.

diantaranya :

  1. Program Keluarga Harapan (PKH)

Program bantuan memiliki tujuan untuk memberi bantuan pada

– Ibu hamil: Rp3 juta/tahun (Rp750 ribu/ tiga bulan ).

– Balita: Rp3 juta/tahun (750 ribu/ tiga bulan ).

– Siswa SD: Rp900 ribu/tahun (Rp225 ribu/ tiga bulan)

– Siswa SMP: Rp1,5 juta/tahun (Rp375 ribu/ tigabulan)

– Siswa SMA: Rp2 juta/tahun (Rp500 ribu/ tiga bulan)

– Disabilitas: Rp2,4 juta/tahun (Rp600 ribu/tiga bulan)

– Lansia: Rp2,4 juta/tahun (Rp600 ribu/tigabulan).

Menkeu Sri Mulyani menjelaskan, Keluarga Harapan memiliki target sasaran 10 juta keluarga Penerima manfaat dengan total alokasi dana mencapai Rp. 28,31 triliun. Atau jika anggota keluarga rata rata memiliki empat anggota dalam satu keluarga, diperkirakan menerima manfaat puluhan jujta rupiah.

 

  1. Program Kartu Sembako

Pada program kali ini, memiliki target 18,8 juta KPM dengan total alokasi dana Rp. 49,89 triliun.untuk kartu sembako akan mendapat tambahan dua bulan ekstra yaitu bulan Juli sampai Agustus mendatang.

Sehingga para Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bakal menerima Rp. 400 ribu bagi keluarga yang mempunyai Kartu Sembako. Atau mereka yang mempunyai kartu sembako pada tahun 2021 ini mendapat 14 bulan pembayaran.

 

  1. Bantuan Beras Bulog

Pemerintah juga memberi tambahan beras sebanyak 10 kilogram (Kg) bagi masyarakat penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) dan bansos PKH. Program ini memiliki target 27,8 KPM atau setara 115,2 juta masyarakat dengan anggaran Rp. 3,58 triliun.

 

  1. Bantuan Sosial Tunai Rp. 600.000

Bansos tunai sebesar Rp. 600.000 menyasar 10 juta penerima. Bansos tunai tersebut merupakan gabungan dari bulan Mei-Juni yang dicairkan pada bulan Juli dengan total dana Rp. 6,14 triliun.

 

  1. Bansos Usulan Pemerintah Daerah

Bantuan sosial dari pemerintah daerah ini menyalurkan uang Rp. 200 ribu setiap bulan selama kurun waktu 6 bulan yang menyasar  5,9 juta KPM. Mereka yang mendapat bantuan usulan pemda adalah Penerima bantuan yang tidak menerima kartu sembako dan BST.

Untuk bantuan ini, Menteri sosial juga menerima permintaan dari daerah untuk 5,9 juta keluarga yang diusulkan mendapat bantuan dari pemerintah.  Atau keluarga ini akan mendapat bantuan yang sama seperti keluarga penerima Kartu Sembako.

 

  1. Diskon Listrik

Potongan pembayaran Listrik bisa diperoleh para pelanggan 450 VA dan 900 VA, yang bisa didapatkan sampai Desember 2021 dengan  32,6 juta pelanggan.

 

  1. Bantuan Rekening Minumum Biaya Beban/Abonemen Listrik

Bantuan ini adalah perpanjangan program sebelumnya yang berlaku sampai Desember 2021, dengan sasaran 1,14 juta masyarakat dan Total anggaran dana mencapai angka  Rp. 2,11 triliun.

 

  1. Kartu Prakerja

Gelombang prakerja juga diperpanjang. saat ini, alokasi anggaran program untuk korban PHK dan yang belum kerja ini akan ditambah Rp. 10 triliun menjadi Rp. 30 triliun. Menkeu berharap, pihaknya dapat menampung 8 juta penerima baru.

Karena menurut Beberapa survei Program Prakerja ini dinilai dapat membantu para pencari kerja atau yang terkena PHK, bantuan ini akan diperpanjang oleh pemerintah.

 

  1. BLT Subsidi Gaji Rp. 1 Juta

BLT subsidi gaji akan disalurkan untuk pekerja di zona PPKM level 3 dan 4 yang mana besarannya 500.000, atau total Rp. 1,2 juta.

 

  1. Subsidi Kuota Internet

Pemerintah menyalurkan subsidi kuota internet yang ditujukan untuk para siswa, mahasiswa, guru, dan dosen guna membantu sekolah online ketika masa PPKM sekarang ini. Program ini menyasar 38,1 juta pelajar dan tenaga pengajar.

 

  1. BLT desa

Pada program ini, para Penerima program BLT Desa mendapat Rp300 rupiah perbulan selama 12 bulan. Bantuan ini menarget 8 juta KPM dengan alokasi dana mencapai Rp. 28,8 triliun.

 

  1. BLT UMKM

BLT UMKM menyasar usaha mikro dan menengah, dimana setiap pelaku usaha menerima Rp. 1,2 juta yang akan diberikan pada 3 juta pelaku usaha selama Juli sampai September 2021

 

  1. BLT PKL

Bantuan Langsung tunai akan diicairkan untuk 1 juta penerima dengan besaran Rp. 1,2 juta. Untuk pencairan akan dilakukan oleh TNI dan Polri di zona PPKM level 4

 

  1. Insentif Dunia Usaha

Sebagai perpanjangan PPKM darurat ke PPKM level 4, Pemerintah menyalurkan bantuan pada dunia usaha. Bantuan tersebut meliputi, sewa toko, perbelanjaan/mal bakal mendapat insentif fiskal atau Pemerintah yang akan menanggung untuk periode masa pajak Juni-Agustus 2021.

Presiden Joko widodo, resmi memperpanjang Masa PPKM darurat menjadi PPKM level 3-4 yang akan belaku sampai 2 Agustus 2021. Selain menerapkan beberapa peraturan, pemerintah juga bersiap menyalurkan bantuan sosial sebagai kompensasi.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer