Pesona Mandalika Circuit Yang Akan Jadi Tuan Rumah World Superbike

Azza Azzahra

pesona mandalika circuit

Mandalika Circuit Lombok akan menjadi tuan-rumah gelaran World Superbike. Balap seri pemungkas musim kejuaraan dunia World Superbike bakal diadakan 19-21 November 2021 mendatang.

Sirkuit Mandalika Lombok mempunyai kelokan unggulan, yaitu kelokan 10. Kelokan itu memiliki speed trap (titik paling cepat) sampai 350 km /jam yang harus dioptimalkan beberapa rider.

“Kelokan 10 itu adalah tikungan itu sangat tinggi 350 km /jam, dan itu bakal ada speed trap, speed trap itu di mana style dorong itu mendera sang rider, agar mereka berusaha dapat mengoptimalkan itu semua, kelak di sana paling hebat,” kata Direktur Vital dan Komunikasi Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Bahagia Harianto, Rabu, 29 September 2021.

Bahagia menjelaskan jika type dari sirkuit Mandalika adalah type sirkuit flowing, memiliki kecepatan tinggi. Bila disaksikan dari dekat, beberapa rider akan hanya kelihatan sebentar mata saja.

lintasan mandalika circuit

“Sirkuit kita ini tipikal yang circuitnya flowing, circuitnya yang kencang sekali ini, jika dari jarak dekat ya hanya weng saja, jika yang ingin menonton aslinya, ya harus melihat dari jarak jauh,”.

Bahagia mengatakan, disamping memiliki kualitas sirkuit terbaik, Sirkuit Mandalika tawarkan keelokan alam yang mengagumkan. Karena, lokasinya vital di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Kuta Mandalika, diantaranya pantai biru dengan garis pasir putih.

Dalam ajang MotoGP di Mandalika International Street Circuit atau Mandalika circuit itu minimal akan mendatangkan sekitar 1.200 orang pembalap, crew teknisi dan mass media. Dan kemampuan penonton di sirkuit itu capai 168 ribu orang tetapi kuota harus menanti penentuan pemerintah.

Bahagia akui pihaknya diuntungkan dengan komenter rider senior Mick Doohan yang mengatakan susah membandingkan di antara balapan dan berlibur di Sirkuit Mandalika ini. ”Itu kampanye yang bagus. Piknik bisa. Punyai nilai yang tinggi,” katanya.

Menurut Bahagia yang juga Wakil Ketua Umum IMI untuk sektor internasional moment, kehadiran sirkuit motoGP di Mandalika ini untuk pariwisata. Hanya dalam kurun waktu 1,5 tahun pembangunan sirkuit ini jadi yang paling cepat di dunia.

Also Read

Ads - Before Footer