Merunut Sejarah Hari Guru 25 November, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa !

Azza Azzahra

Merunut Sejarah Hari Guru 25 November, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa !

Hari Guru 25 November biasa diperingati sebagai apresiasi atas segala jasa para pahlawan tanda jasa. Guru merupakan salah satu profesi yang sangat penting dalam masyarakat.

Guru berperan sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing bagi para siswa. Oleh karena itu, peran guru sangatlah besar dalam membentuk karakter dan masa depan bangsa.

Baca Juga : 31 Twibbon Hari Guru Nasional, Cinta Untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Hari Guru 25 November

Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November.

Perayaan Hari Guru Nasional merupakan momen untuk mengenang dan menghargai jasa para guru atas perjuangannya dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sejarah Hari Guru Nasional berawal dari penghormatan pemerintah kepada Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

PGRI merupakan organisasi guru yang didirikan pada tanggal 25 November 1945. PGRI berperan penting dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia, serta dalam memperjuangkan nasib guru di Indonesia.

Pada tahun 1994, Presiden Soeharto mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 78 Tahun 1994 tentang Hari Guru Nasional.

Keppres tersebut menetapkan tanggal 25 November sebagai Hari Guru Nasional.

Peringatan Hari Guru Nasional biasanya diisi dengan berbagai kegiatan, seperti upacara bendera, seminar, dan pemberian penghargaan kepada guru-guru berprestasi.

Selain itu, masyarakat juga sering memberikan ucapan dan penghargaan kepada para guru sebagai bentuk apresiasi atas jasa-jasanya.

Peran Guru dalam Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Guru berperan sebagai pengajar, pendidik, dan pembimbing bagi para siswa.

Sebagai pengajar, guru bertugas menyampaikan materi pelajaran kepada para siswa. Guru juga berperan sebagai pendidik, yang bertugas menanamkan nilai-nilai moral dan budi pekerti kepada para siswa.

Selain itu, guru juga berperan sebagai pembimbing, yang bertugas mengarahkan dan membantu para siswa dalam mengembangkan potensinya.

Peran guru dalam mencerdaskan kehidupan bangsa sangatlah besar. Gurulah yang menjadi ujung tombak dalam mencetak generasi penerus bangsa yang cerdas dan berkarakter.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menghargai jasa para guru.

Kita dapat menghargai jasa para guru dengan cara memberikan ucapan terima kasih, memberikan penghargaan, dan mendukung program-program pendidikan.

Kesimpulan

Hari Guru Nasional merupakan momen penting untuk mengenang dan menghargai jasa para guru.

Guru memiliki peran yang sangat penting dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, sudah sepatutnya kita menghargai jasa para guru.

Also Read

Ads - Before Footer