Menyusun Rencana Usaha Sederhana

Warta Berita Baru

Pernah dengar kata peribahasa, bila kamu dapat memikirkannya, karena itu kamu bisa meraihnya? Atau jika dalam Bahasa Jawa itu umumnya kalimatnya semacam ini: If you can imagine it, you can make it! Nach, itu konsep gagasan! Makin detil kita membuat gagasan, umumnya akan makin memengaruhi badan dan pemikiran kita untuk bekerja lebih konsentrasi sampai sasaran-target yang dituangkan pada gagasan itu dapat terwujud.

Menyusun Rencana Usaha Sederhana

Gagasan Usaha ialah jalur perjalanan yang sudah kita tentukan sesudah buka sebaran peta yang luas. Kita perlu sadar di mana titik awalnya keberangkatan kita mengawali, dan ke mana juga kita ingin ke arah atau titik tujuan kita. Banyak jalan ke arah Roma . Maka, dalam gagasan usaha, tidak cukup kita cuman tentukan tujuan, tetapi juga jalur mana yang bakal kita tentukan untuk capai arah itu. Sesudah terang kita membuat itu semua, karena itu banyak keringanan yang bakal dirasa, antara lain:

 

  1. Untuk internal pemilik sebagai pengelola usaha

 

Akan merasa lebih konsentrasi, lebih punyai arah, hingga dapat memutuskan fokus untuk memakai pikiran dan waktu. Tidak kalah penting, akan menjadi pimpinan yang lebih bagus sebab bisa mendelegasi atau membagikan pekerjaan ke pegawai secara jelas dan dapat semakin adil dalam memandang performa mereka.

 

  1. Untuk internal perusahaan

 

Rencana usaha bisa memberikan arah kerja untuk keseluruhnya tim; gagasan usaha bisa menjadi dasar diputuskannya beberapa ketentuan perusahaan lebih berkaitan. Misalkan pada Gagasan Usaha telah ditarget akan diraih sasaran omzet beberapa X, karena itu dibutuhkan kenaikan kualitas produk dan service. Implementasinya pada peraturan perusahaan ialah yang semula tidak ada pengujian kualitas produk saat sebelum dibungkus, saat ini pengujian kualitas saat sebelum pengepakan bisa menjadi standard kontrol kualitas yang perlu diaplikasikan perusahaan.

 

  1. Untuk eksternal

 

Rencana usaha bisa tingkatkan rasa yakin beberapa calon partner usaha – terutamanya calon investor yang bakal memberikan support modal (baik berbentuk utang atau saham), untuk berpartner dan memberikan dukungan usaha kita. Ini karena gagasan usaha yang tercatat itu sebagai bentuk riil dari sebuah kesungguhan mengurus usaha. Document tercatat mempermudah proses pengujian kualitas performa usaha, di mana pada tiap tahun akhir, aktualisasi perolehan perusahaan secara mudah bisa dibanding dengan yang sempat tercatat di document itu.

 

Pendeknya, tiap aktor UMKM yang ingin naik kelas terang perlu membuat Gagasan Usaha (Business Rencana) ini. Di sejumlah kasus, saya telah menyaksikan sendiri jika ada document gagasan usaha ini membuat faksi ke-3 (terutamanya investor) berani memberinya support modal untuk satu usaha, meskipun usaha itu atau pemiliknya tidak punyai asset bernilai yang cukup buat jadi agunan, lho! Berikut wujud faedah riil dari document gagasan usaha ini.

Also Read

Tags

Ads - Before Footer