Mengenali Apa Itu IP Address Beserta  Kegunaannya

Azza Azzahra

mengenal istilah ip address

Pernah tidak sich memikirkan kalau nyatanya internet yang anda gunakan di handphone untuk ber-sosial media itu mempunyai alamat khusus yang hanya anda seorang memiliki di dunia? Nah, Saat ini kita akan mengulas mengenali juga mengetahui kegunaan IP Address.

Itu yang disebutkan dengan IP Address, dimisalkan IP itu ialah alamat sebuah rumah, yang maknanya mempunyai gabungan beberapa angka yang unik yang cuman dipunyai oleh satu piranti saja.

Mengenali IP Address

IP Address (Internet Protocol Address) diartikan sebagai alamat analisis unik yang dipunyai oleh tiap computer dan piranti tersambung yang lain dalam jaringan computer, sebagai pertanda dan alamat dari computer/piranti tersambung berkaitan.

Di situ ada kata ‘unik‘, kata itu disimpulkan jika tiap computer dan piranti tersambung yang lain mempunyai alamat yang jangan sama di dalam sebuah jaringan computer.

Pengalamatan ini harus memberi info penting ke users (komputer) dan semua computer dan piranti yang tersambung dalam jaringan computer berkenaan alamat analisis unik dari computer/piranti berkaitan dan dengan info jaringan tempatnya berada.

Lihat gambar contoh berikut ini :

IP address

Gambar 2 buah LAN disambungkan lewat Router dengan IP berbeda Terdapat 2 buah jaringan computer lokal atau LAN (Local Tempat Network) yang di mana masing-masing terdiri dari empat buat computer didalamnya. Tiap computer itu mempunyai IP Address-nya mereka masing-masing (berlainan satu sama lainnya) dan ke-2  jaringan itu disambungkan lewat Router.

Manfaat IP Address

Lalu pertanyaan selanjutnya adalah apa sebenarnya kegunaan dari IP Address ini? Apa cuman menjadi identitas unik tiap computer dan piranti tersambung saja?

Dari pertanyaan itu bisa diterangkan seperti berikut:

  • Memberi alamat dan identitas unik untuk tiap computer dan piranti yang tersambung ke jaringan computer. Sepertinya mustahil dech kalau misalnya computer dan piranti tersambung yang lain bisa mengenal/berbicara dengan yang lain tanpa alamat dan analisis unik (minimum) IP.
  • Mempermudah di pada proses Routing untuk memetakkan jalur yang perlu dilakukan oleh data paket dalam perjalanannya ke arah computer arah (dari computer pengirim).
  • Mempermudah di pada proses komunikasi dalam jaringan computer (selainnya proses transmisi data paket).

Pada artikel yang dicatat ini, pengalamatan berbasiskankan Internet Protocol berbentuk IP ini memakai IPv4. Ini supaya mempermudah pengetahuan (dibanding IPv6).

Also Read

Ads - Before Footer