Mengenal Arti, Cara Kerja Serta Fungsi Dari Operating System

Azza Azzahra

Pengertian Operating System (OS)

Pengertian Operating System (OS)

Operating System ialah piranti lunak sistem yang mengontrol sumber daya dari piranti keras(Hardware) dan piranti lunak(Software), dan sebagai jurik (daemon) untuk program computer. Tanpa sistem operasi, pemakai tidak bisa jalankan aplikasi program pada computer mereka, terkecuali program booting. Sistem operasi memiliki scheduling yang struktural meliputi penghitungan pemakaian memory, pemrosesan data, penyimpanan data, dan sumber daya yang lain. Contoh sistem operasi modern ialah Linux, Android, iOS, Mac OS X, dan Microsoft Windows.

Macam Operating System

Cara Kerja Operating System

Dapat dimengerti secara jelas jika sistem operasi sebetulnya ialah penyambung di antara piranti keras atau hardware dengan piranti lunak atau software. Saat computer pertama kalinya dihidupkan, karena itu kita mengetahui jika yang jalan ialah sistem operasi dan setelah computer berpijar, baru program dan program dapat jalan.

Pokoknya, sistem operasi atau OS ialah sistem yang ada dilapisan pertama di mana memory harddisk ditempatkan. Sekarang ini ada beberapa sistem operasi yang dikenali salah satunya Linux, Windows, Mac OS dan lain-lain.

Fungsi Operating System

Sebagai satu piranti lunak dalam computer, sistem operasi mempunyai fungsi-fungsi penting dan tanpa sistem operasi karena itu computer tidak bisa jalankan program dan perannya.

Fungsi-fungsi khusus dari sistem operasi ialah seperti berikut :

  1. Menjalankan Operasi Dasar

Peranan khusus dari sistem operasi ialah jalankan operasi dasar pada computer. Sistem ini dipandang sebagai elemen penting yang memicu kerja piranti lunak atau software yang lain.

Saat sebelum program jalan dan bisa berperan di suatu computer, karena itu sistem operasilah yang memungkinkannya program atau program itu bisa jalan dan diperlihatkan ke pemakai atau pemakai yang memakai piranti computer itu.

  1. Mengatur Kerja Hardware dan Software

Dapat disebutkan jika sistem operasi ialah Resource Manajer dalam piranti computer.

Tujuannya, sistem operasi berperan mengatur peranan piranti keras seperti memory, CPU, harddisk, dan piranti keras yang lain dan atur peranan program software supaya tersambung dengan piranti keras itu.

  1. Wadah Program Atau Aplikasi

Beberapa aplikasi yang ada dikomputer memang disimpan dalam piranti penyimpanan namun sebetulnya program atau program itu ada dalam tempat yang disebut sistem operasi tersebut. Program itu menempel pada sistem operasi dan tidak dapat berperan tanpa sistem operasi itu.

Secara analogi, sistem operasi ialah satu lantai di mana satu barang ditempatkan supaya barang itu bisa dipakai misalkan sebuah meja yang ditempatkan di atas lantai, meja tidak bisa berperan bila tidak ada lantai yang memicunya kan?

  1. Menyajikan Tampilan

Penampilan yang kita saksikan dilayar computer atau handphone ialah dari hasil operasionalisasi OS atau sistem operasi. Dalam kata lain, sistem operasi mempermudah program jalan sekalian tampilkannya pada monitor monitor computer atau menterjemahkan bahasa pemrograman yang dari CPU selanjutnya tampilkannya berbentuk text, grafis dan penampilan yang lain yang gampang dipahami.

Sistem operasi berperanan sebagai satu interface atau bertemu muka di antara pemakai dengan piranti keras yang dipakainya.

  1. Mengkoordinasikan Kerja Perangkat Komputer

Selainnya atur piranti keras dan piranti lunak supaya tersambung keduanya, sistem operasi berperan mengkoordinasikan segalanya di dalam computer khususnya membuat program yang karakternya kompleks jadi lebih simpel dan berurut. Sistem operasi mempermudah satu program agar bekerja lebih efektif.

  1. Mengoptimalkan Fungsi Perangkat Komputer

Peranan lain dari sistem operasi atau OS ialah memaksimalkan pemakaian piranti keras atau piranti lunak. Misalkan dalam soal mengelola waktu berfungsinya CPU, panggilan data yang ada di memory harddisk, atau atur saat yang dipakai untuk jaringan dalam terminal.

  1. Mengawasi dan Melindungi Jalannya Suatu Fungsi Aplikasi

Sistem operasi memungkinkannya pemakai yang mempunyai hak untuk terhubung computer jalankan satu program dan mengontrol siapakah yang dapat terhubung program itu atau yang dikenali sebagai peranan Gate Keeper. Bukan hanya mengontrol pemakai dalam terhubung sistem atau program, sistem operasi memantau segalanya yang sudah dilakukan pemakai dalam terhubung sistem program dalam computer.

Semua file yang ada di computer diproteksi oleh sistem operasi dan cuman dapat dijangkau oleh orang yang memiliki hak mengaksesnya atau mempunyai kendalian atau satu piranti computer. Begitu pemahaman sistem operasi dan peranan sistem operasi yang dapat dipahami pada umumnya.

Demikian Dan Terima kasih Mudah-mudahan Berguna !!!!!!

Also Read

Ads - Before Footer