5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Microsoft Visual C++ Runtime Library

Warta Berita Baru

Pengertian Microsoft Visual C++ Runtime Library


Pengertian Microsoft Visual C++ Runtime Library

Microsoft Visual C++ Runtime Library adalah sebuah aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan program yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ pada sistem operasi Windows. Biasanya ketika kita menginstal sebuah program atau game pada sistem operasi Windows, kita juga harus menginstal Microsoft Visual C++ Runtime Library agar program atau game tersebut dapat dijalankan dengan baik. Microsoft Visual C++ Runtime Library ini juga sering disingkat menjadi Microsoft VC Runtime.

Perlu diingat bahwa setiap aplikasi yang dibuat dengan bahasa pemrograman C++ tidak akan dapat dijalankan jika tidak ada Microsoft Visual C++ Runtime Library-nya. Oleh karena itu, kita harus memperhatikan versi Microsoft VC Runtime yang sudah terinstal pada sistem operasi Windows kita, karena bila kurang tepat bisa menyebabkan kendala pada saat menjalankan program atau game. Ada baiknya menentukan versi dan menginstal sesuai dengan kebutuhan, agar tidak membuat sistem operasi menjadi berat dan lambat.

Penyebab Kesalahan Microsoft Visual C++ Runtime Library

Kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library dapat terjadi karena berbagai faktor, berikut merupakan beberapa penyebab umum terjadinya kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library:

  • File yang rusak atau hilang. Kesalahan ini dapat terjadi ketika salah satu file dari Microsoft Visual C++ Runtime Library hilang atau rusak. Hal ini biasanya terjadi setelah kita menginstal atau menghapus suatu program yang membutuhkan salah satu file dari Microsoft VC Runtime.
  • Incompatibility atau ketidakcocokan versi. Kesalahan ini terjadi ketika versi Microsoft VC Runtime yang terinstal pada sistem operasi Windows tidak cocok dengan versi program atau game yang ingin dijalankan. Misalnya, ketika kita ingin menjalankan program yang membutuhkan versi Microsoft VC Runtime 2015, namun pada sistem operasi Windows kita hanya terinstal versi Microsoft VC Runtime 2013.
  • Virus atau malware. Virus atau malware bisa menyebabkan kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library. Ini dikarenakan virus atau malware dapat merusak atau menghapus file penting dari Microsoft VC Runtime.

Cara Mengatasi Microsoft Visual C++ Runtime Library Error


mengatasi microsoft visual c++ runtime library

Microsoft Visual C++ Runtime Library adalah bagian integral dari sistem operasi Windows dan banyak program bergantung pada perpustakaan ini untuk berjalan dengan benar. Namun, terkadang pengguna mengalami masalah ketika program yang bergantung pada Microsoft Visual C++ Runtime Library berhenti bekerja dan memberikan pesan kesalahan. Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi masalah ini:

Panggil Ulang Program

panggil ulang

Cara yang paling sederhana untuk mengatasi kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library adalah dengan memanggil ulang program yang terkait dengan masalah tersebut. Cukup tutup program yang bermasalah dan jalankan kembali programnya. Hal ini dapat memperbaiki beberapa kesalahan pada program.

Instal Ulang Microsoft Visual C++ Runtime Library

instal ulang microsoft visual c++ runtime library

Jika program terkait masih menunjukkan pesan kesalahan, maka Anda dapat mencoba menginstal ulang Microsoft Visual C++ Runtime Library untuk menyelesaikan masalah tersebut. Hal ini akan memperbarui libary Microsoft Visual C++ Runtime Library di komputer Anda dan dapat membantu memperbaiki beberapa masalah yang terkait dengan perpustakaan ini.

Untuk menginstal ulang Microsoft Visual C++ Runtime Library, Anda harus mengunjungi situs web resmi Microsoft dan men-download installer untuk versi library yang sama dengan program terkait. Setelah di-download, jalankan installer dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses instalasi.

Cabut Perangkat Keras Tambahan

cabut perangkat keras tambahan

Beberapa kali, kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library disebabkan oleh perangkat keras tambahan yang terhubung ke komputer. Jika perangkat keras tambahan yang terhubung ke komputer Anda mempengaruhi perpustakaan Microsoft Visual C++ Runtime Library, mencabut perangkat keras tambahan tersebut dapat memecahkan masalah.

Contohnya, jika Anda mengalami kesalahan pada program yang bergantung pada Microsoft Visual C++ Runtime Library setelah menginstal printer baru, mencabut printer dari komputer Anda dapat memecahkan masalah ini. Setelah mencabut perangkat keras tambahan, jalankan kembali program untuk melihat apakah kesalahan telah diatasi.

Perbarui Driver Grafis

perbarui driver grafis

Kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library juga dapat disebabkan oleh driver grafis yang ketinggalan zaman atau tidak kompatibel dengan sistem operasi Windows Anda. Untuk mengatasi masalah ini, pastikan driver grafis yang digunakan selalu diperbarui.

Anda dapat men-download driver grafis terbaru untuk kartu grafis Anda dari situs web masing-masing vendor. Setelah di-download, jalankan installer dan ikuti instruksi untuk menyelesaikan proses instalasi. Setelah driver grafis terbaru terinstal, jalankan kembali program untuk melihat apakah kesalahan telah diatasi.

Tips Menghindari Microsoft Visual C++ Runtime Library Error


microsoft visual c++ runtime library error

Microsoft Visual C++ Runtime Library error dapat mengganggu kinerja komputer Anda dan menghambat produktivitas. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa tips untuk menghindari masalah tersebut.

Pastikan Program Terbaru

Gunakan versi terbaru dari program dan pastikan Microsoft Visual C++ Runtime Library terpasang pada komputer Anda. Setiap kali produsen merilis versi terbaru dari program mereka, mereka juga merilis pembaruan Runtime Library. Jadi, memastikan bahwa Anda memiliki versi terbaru dari program dan libraries dapat membantu mencegah kesalahan ini terjadi.

Perbarui Perangkat Keras dan Driver

Komputer Anda terdiri dari perangkat keras yang berbeda dan setiap perangkat keras membutuhkan driver yang sesuai untuk berfungsi dengan baik. Pembaruan perangkat keras dan driver membantu mengoptimalkan kinerja program yang dijalankan di komputer Anda. Dengan memastikan bahwa semua perangkat keras dan driver Anda selalu diperbarui, Anda dapat mencegah kesalahan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library.

Jaga Kondisi Komputer Anda

clean computer

Bersihkan komputer Anda secara teratur dengan alat pembersih virus dan program pembersih lainnya. Perangkat lunak berbahaya dan file yang tidak terpakai bisa menjadi penyebab kesalahan Microsoft Visual C++ Runtime Library. Bandingkan komputer Anda dengan kamar tidur. Jika kamar tidur Anda berantakan dan tidak teratur, maka ini dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Dalam hal yang sama, menjaga komputer Anda terjaga dan teratur juga dapat membantu mencegah kesalahan tidak diinginkan pada Microsoft Visual C++ Runtime Library.

Saran Video Seputar : 5 Cara Mudah Mengatasi Masalah Microsoft Visual C++ Runtime Library

Also Read

Tags

Ads - Before Footer