Langkah Mudah Membuat SOP untuk Usaha

Warta Berita Baru

Langkah Mudah Membuat SOP untuk Usaha

Sahabat UKM pernah bermain roller coaster awalnya? Sarana permainan memakai kereta berkecepatan tinggi yang lari di atas rel khusus. Roller coaster cuman dapat lari di lajur yang telah ada kan? Kereta tidak dapat belok ke kiri atau kanan, tetapi harus ikuti lajur rel yang telah ada awalnya. Bagaimana bila roller coaster keluar lajur rel nya? Karena itu roller coaster akan kehilangan arah, terlepas kendalian, sampai pada akhirnya memunculkan beragam rugi untuk banyak faksi, baik beberapa orang dalam kereta yang bermain atau lingkungan di sekitarnya.

 

Narasi berkaitan roller coaster ini ialah perumpamaan simpel mengenai Standard Operasional Proses atau yang kita singkat dengan SOP. Sama seperti yang sudah Teman dekat UKM dalami di artikel awalnya, SOP ialah langkah kerja tercatat yang telah dibakukan atau distandarisasi, yang berisi tutorial atau dasar berbentuk perintah tercatat berkenaan beragam proses penyelenggaraan yang terkait dengan usaha kita.

 

Seperti lajur roller coaster awalnya, SOP ialah rambu-rambu dasar yang membuat usaha kita ada di lajur yang pas, sesuai arah yang ingin diraih. Bila tidak ada SOP, karena itu usaha akan kehilangan arah, terlepas kendalian, sampai pada akhirnya memunculkan beragam rugi untuk banyak faksi, baik beberapa orang yang sejauh ini bernaung dalam organisasi usaha Teman dekat UKM, atau sekitar lingkungan.

Langkah Mudah Membuat SOP untuk Usaha

Pergi dari peristiwa roller coaster itu, karena itu penting rasanya Teman dekat UKM ketahui berapa penting SOP untuk usaha Teman dekat UKM, apa beberapa jenis SOP, dan bagaimana beberapa langkah membuat SOP dalam usaha akan Teman dekat UKM dalami dalam artikel Panduan Usaha ini.

 

Manfaat SOP untuk Usaha

 

Kita hidup di dunia yang sarat dengan ketentuan kan? Ingin mendaftar anak masuk Sekolah Dasar ada ketentuannya, ingin mudik ada ketentuannya, bahkan juga ingin berbelanja kepentingan setiap hari di supermarket juga ada ketentuannya. Semua ketentuan ini dibikin pasti ada maksudnya, contoh supaya warga jadi teratur, sama sesuai prosedur, mempertahankan kesehatan, dan lain-lain. Begitupun dengan SOP dalam usaha yang Teman dekat UKM punyai.

 

Karena ada SOP, karena itu pasti aktivitas operasional usaha yang Teman dekat UKM punyai jadi terukur, membenahi dan membereskan jalur kerja, dan memaksimalkan perform karyawan atau team dalam usaha kita. Dengan begitu, arah yang Teman dekat UKM tentukan awalnya semakin lebih gampang terwujud. Lebih jauh, berikut beragam peranan atau faedah SOP untuk usaha.

 

Sebagai pedoman

 

Segala sesuatu pasti memerlukan pegangan atau referensi. Perihal ini pula yang kita sebutkan dengan dasar. Dalam jalankan bisnis, karena itu dasar yang bisa dijadikan referensi kerja ialah SOP. Karena ada SOP, semua anggota di dalam organisasi usaha kita akan ketahui bagaimana sebuah produk dibikin, bagaimanakah cara memberikan laporan hasil pemasaran, serta bagaimanakah cara menjawab chat Whatsapp yang dikirim oleh konsumen setia kita.

 

Memudahkan pekerjaan

 

Jika cara kerja dalam usaha kita telah tercatat secara jelas, karena itu ini pasti mempermudah siapa yang diamanatkan untuk melakukan pekerjaan itu. Anggota team akan secara mudah ketahui apa yang perlu dilaksanakan, apa yang jangan ditangani, dan bagaimana beberapa langkah kerjanya.

 

Melatih kedisiplinan seluruh anggota tim

 

Karena pedoman-pedoman yang berada di dalam SOP telah dibakukan, karena itu semua anggota team di dalam organisasi harus ikuti SOP itu hingga mempunyai keseragaman dalam jalankan pekerjaannya. Ini akan latih keterdisiplinan anggota team agar bisa patuhi semua ketentuan dan langkah kerja yang sudah diputuskan awalnya.

 

Jenis-jenis SOP dalam Usaha

 

Secara umum, SOP dipisah berdasar empat factor, yakni karakter aktivitas, lingkup dan besaran aktivitas, lingkup dan kelengkapan aktivitas, dan lingkup dan tipe aktivitas. Berdasar karakter aktivitas, karena itu SOP bisa Teman dekat UKM kelompokkan dalam dua tipe yakni :

 

SOP teknis

 

Ini sebagai proses eksekutorkan yang dirinci dengan benar-benar detil dan detil, hingga tidak mungkin ada peluang macam lain dalam realisasinya.

 

SOP administratif

 

Jika SOP tehnis memiliki sifat detil, karena itu SOP administratif memiliki sifat umum dan tidak detil. SOP ini umumnya dipakai untuk proses rencana, penganggaran, dan proses yang lain yang terkait dengan aktivitas administratif.

 

Berdasar lingkup dan besaran aktivitas, SOP bisa kita kategorisasikan ke dua tipe, yakni makro dan micro. Pasti Teman dekat UKM kenal bukan dengan 2 istilah ini? Makro memiliki arti mempunyai ruang cakup yang luas, begitupun kebalikannya dengan micro. Hingga, secara simpel bisa kita definisikan jika SOP makro sebagai kombinasi atau integratif dari beragam SOP micro, yang selanjutnya membuat rangkaian aktivitas dalam SOP.

Also Read

Tags

Ads - Before Footer