cara memasak beras pulen

Langkah Membuat Beras Pulen dan Wangi Ala-ala Ala Beras Kemasan

Beras ialah makanan primer warga Indonesia. Beras dapat bantu kita penuhi keperluan karbohidrat untuk badan. Karena utamanya untuk tubuh, sampai ada istilah tidak makan jika belum makan nasi. apa lagi bila nasi yang kita konsumsi adalah beras pulen dan beraroma wangi.

Tetapi, terkadang untuk memperoleh nasi pulen dan wangi kita harus beli beras dengan harga yang lebih mahal dari standar. Namun sebenarnya cukup dengan memerhatikan langkah mencucinya, beras Anda akan bisa menjadi nasi pulen dan tidak menggumpal ples wangi.

Langkah Membersihkan Supaya Beras Pulen

Kualitas beras yang menjadi nasi pulen memang mempunyai harga yang lebih mahal. Tetapi, sekarang beras murah juga bisa saja nasi pulen dan tidak menggumpal seperti beras mahal loh. cukup dengan memerhatikan langkah membersihkan berasnya saja.

Banyak orang mungkin biasa membersihkan beras sampai dua kali saja. Nyatanya cara itu kurang pas, lo!

menurut Corporate Chef Bali Mandira Beach Restoran dan Spa Herman Sambas merekomendasikan untuk membersihkan beras tiga sampai empat kali bahkan juga lebih, sampai airnya tidak kotor.

Beras putih harus dicuci berulang-kali karena butir beras mempunyai tepung.

“Jika beras putih mengapa kita harus bersihkan berulang-kali karena biji beras seakan ada balutan tepung putih,” terang Herman Sambas.

Tepung itu datang dari proses pengolahan beras dan penghapusan kulit luar atau bran. Bila tepung itu turut diolah, nasi akan menggumpal. Disamping itu, struktur nasi akan lekat seperti tepung yang dicampurkan bersama air panas.

“Jadi bisa jadi berwarna tidak fresh atau umumnya berkilau, lalu nasinya tidak pulen dan yang paling kelihatan ialah dari struktur nasinya yang menggumpal,” tutur Herman Sambas.

Masukkan Daun Pandan Agar Beras Pulen Wangi

Daun pandan memang dikenal mempunyai aroma yang khas. Karenanya banyak yang menambah daun pandan untuk beberapa olahan makanan.

Trending:  Apa Itu Robot Trading Forex yang Diblokir Kemendag, Benarkah Penipuan?

Tetapi, tidak ada kelirunya bila Anda coba memasukkan daun pandan saat mengolah nasi. Saat kita mengolah nasi memakai daun pandan ada beberapa manfaat yang hendak dirasa.

Ada beberapa study dan riset yang sudah dilakukan untuk menunjukkan kegunaan lainnya dari daun pandan bila ditambah saat mengolah nasi.

Seorang periset menemukan ada senyawa dalam daun pandan yang dapat menurunkan permasalahan tekanan darah tinggi. Saat senyawa itu terlarut di air pada suhu tinggi dan menyerap ke nasi saat diolah, senyawa itu secara automatis akan masuk ke badan saat kita konsumsi.

Apa lagi bila ini dimakan tiap hari dengan teratur. Resiko tekanan darah tinggi yang disebabkan karena faktor-faktor seperti depresi, kegemukan, makanan, umur, dan pola hidup dapat ditekan. Fungsi ini sama dengan saat anda memakai 3 gram daun pandan dan merebusnya sampai berkurang jadi satu gelas lalu meminumnya.

Dalam riset lain yang sudah dilakukan oleh Raj et al (2014) memperlihatkan jika konsentrat air akar dan daun pandan mempunyai dampak apoptosis, sitotoksik, antimitotik, dan antiproliferatif.

Semua senyawa itu sebagai obat herbal anti kanker yang baik untuk menantang toksin sebagai penyebab munculnya kanker.

Langkah Mengolah Beras Pulen Memakai Daun Pandan

  • Anda perlu menyediakan 1 helai daun pandan yang telah dibersihkan sampai bersih.
  • Lalu potong jadi 2 sisi dan ikat seperti akan membuat simpul.
  • Setelah itu, tambahkan daun helai itu ke beras yang telah diisi air dan siap diolah.
  • Masak nasi seperti umumnya.

Memakai rice cooker juga tidak ada apa-apa, karena anda tetap dapat memperoleh kemanfaatannya.

Selamat Mencoba.