amankan akun whatsapp ketika hp hilang

Langkah Amankan Akun WhatsApp Bila Handphone Raib atau Dicuri

Saat handphone raib, maka semua data dalam handphone itu mempunyai potensi disalahgunakan oleh seseorang, termasuk akun WhatsApp.

Ada beberapa langkah buat menyelamatkan akun WhatsApp bila handphone raib atau dicuri.

Beberapa pemakai Aplikasi ini pasti cemas dan kebingungan mengenai bagaimana cara amankan akun saat handphone punya mereka hilang. Akan tetapi, pemakai tak perlu cemas karena akun WhatsApp tetap bisa diamankan.

Seperti dikutip situs resminya, saat handphone pemakai raib atau dicuri karena itu WhatsApp akan membantu menyelamatkan akun pemakai hingga tak digunakan atau disalahgunakan oleh seseorang.

“Bila telephone Anda raib atau dicuri, kami bisa membantu menegaskan jika seseorang tidak bisa memakai akun WhatsApp Anda,” tulis WhatsApp di website resminya.

Cara untuk amankan akun WhatsApp bila handphone raib atau dicuri seperti berikut.

Pertama, blokir kartu SIM. Pemakai harus bisa menghubungi penyedia pelayanan seluler yang dipakai secepatnya untuk memblokir kartu SIM.

Dengan memblokir kartu SIM, seseorang tak bisa dapat memverifikasi akun pemakai pada telephone itu. Karena untuk lakukan proses klarifikasi, telephone harus bisa terima pesan pendek (SMS) atau panggilan.

Seterusnya, pemakai bisa mengirimi pihak WhatsApp e-mail dengan mengikutkan kalimat berikut “Hilang/Dicuri: Mohon non-aktifkan akun saya” di bagian badan e-mail.

Disamping itu, masukkan nomor telephone pemakai dalam pola internasional komplet dengan masukkan tanda lebih (+) disertai code negara, selanjutnya diikuti dengan nomor telephone lengkap.

Kode negara sebagai awalan numerik yang penting ditempatkan saat sebelum nomor telephone nasional lengkap untuk lakukan panggilan ke negara lain. Pengguna bisa cari secara online untuk mendapatkan kode negara yang dibutuhkan. Untuk Indonesia kode negara yang diaplikasikan ialah “62”.

Seterusnya, pengguna bisa memakai kartu SIM baru bernomor telephone yang serupa untuk aktifkan kembali akun WhatsApp miliknya pada telephone baru. Akunnya hanya bisa diaktifkan dengan 1 nomor telephone pada satu piranti di saat yang berbarengan.

Trending:  Cara Membuat WA Bisnis, Mulai Mengaktifkan Sampai Menggunakannya

Sesudah akun tidak diaktifkan, akun tidak seutuhnya terhapus. Kontak pengguna masih tetap bisa melihat profile pemakai. Kontak pengguna masih tetap bisa mengirimi pesan ke pemakai, yang bakal ada dalam status terlambat sepanjang 30 hari.

Disamping itu, Bila pemakai aktifkan kembali akun punyanya sebelum akun itu dihapus dari sistem WhatsApp, pengguna akan terima pesan yang terlambat pada telephone yang baru dan pemakai tetap ada di group chat mereka.

Bila pengguna tidak menghidupkan account-nya lagi dalam waktu 30 hari, akun itu akan seutuhnya dihapus dari sistem WhatsApp.