Komunikasi Bisnis Adalah

Warta Berita Baru

Komunikasi Bisnis Adalah

Komunikasi dan bisnis sebagai dua kegiatan yang tidak bisa dipisah. Mengapa begitu? Dapatkan jawabnya dalam ulasan berikut ini.

Komunikasi Bisnis Adalah

Mencuplik buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Ringkas yang dicatat oleh Sovia Rosalin, dkk., komunikasi ialah satu proses pengutaraan dan akseptasi pesan atau info yang sudah dilakukan oleh 2 orang ataupun lebih dengan keinginan berlangsungnya dampak yang positif atau memunculkan dampak tertentu yang diharap.

Dalam pada itu, dalam pengetahuan ekonomi bisnis ialah satu organisasi yang jual barang atau jasa ke customer atau faksi bisnis yang lain.

Dengan begitu, bisa diambil kesimpulan pemahaman komunikasi bisnis adalah komunikasi di dunia bisnis yang mempunyai peranan penting untuk sampaikan pesan ke semua penopang kebutuhan, baik secara verbal atau nonverbal untuk capai arah tertentu.

Manfaat Komunikasi Bisnis

Mencuplik buku Komunikasi Bisnis yang dicatat oleh Rolyana Ferinia, dkk., arus komunikasi dalam sebuah bisnis terjadi searah dengan jalur susunan organisasi. Komunikasi bisnis bisa jalan ke bawah atau ke atas ikuti lajur yang dikatakan sebagai rantai instruksi.

Dengan begitu, komunikasi bisnis diharap dapat jalan secara efisien. Untuk merealisasikan komunikasi yang efisien, dibutuhkan kekuatan pengirim pesan saat membuat pesan bisnis.

Komunikasi bisnis yang efisien jadi kemampuan perusahaan dalam membuat jalinan dengan beberapa penopang kebutuhan. Komunikasi bisnis yang efisien otomatis bawa faedah besar dalam bisnis.

  1. Keputusan bisa diambil sama sesuai sasaran.
  2. Menuntaskan permasalahan secara cepat.
  3. Mengetahui cepat beberapa hal yang mempunyai potensi salah.
  4. Tingkatkan keproduktifan kerja.
  5. Perkuat jalinan bisnis.
  6. Mempermudah persuasi pesan marketing.
  7. Membenahi citra perusahaan dan pegawai.
  8. Membuat kesetiaan dan kepuasan kerja pegawai.
  9. Tingkatkan keyakinan investor.

Contoh Komunikasi Bisnis

Berikut ialah contoh implementasi komunikasi bisnis Easco Holding Company yang diambil dari buku Komunikasi Bisnis Pendekatan Ringkas yang dicatat oleh Sovia Rosalin, dkk.

Seorang direktur sebuah perusahaan Easco Holding Company Jakarta dengan anak perusahaan yang bergerak di pembikinan peta satelit dan servis tehnologi dikatakan sebagai komunikator perusahaan. Komunikator bekerja membuat taktik rencana pesan marketing produk sampai pesan sampai ke partner kerja atau calon customer.

Saat lakukan sebuah prospect, pengutaraan pesan bisnis diawali secara verbal baik tercatat atau lisan. Misalkan, sekretaris membuat undangan pertemuan dengan pemegang saham dan investor secara tercatat, baik secara surat electronic (surel) atau lewat telephone langsung.

Selanjutnya, sekretaris mempersiapkan company profil, faktor validitas perusahaan, dan proposal penawaran kerja. Sesudah penawaran masuk dan mendapatkan tanggapan lewat surat balasan (good news), direksi ke lapangan untuk melobi project baru ke petinggi pemda berkaitan.

Disamping itu, direksi membicarakan harga produk yang dijajakan, lakukan presentasi bisnis lewat teleconference, atau bertemu muka sampai terlaksana kerja-sama dengan tanda-tangani surat nota kesepakatan bersama-sama dan kesepakatan kerja-sama.

Tersebut beberapa keterangan berkenaan komunikasi bisnis. Mudah-mudahan dapat menambahkan pengetahuan mahasiswa ya.

 

 

Also Read

Ads - Before Footer