Kebanyakan Makan Daging, Imbangi Dengan 5 Buah Ini !

Azza Azzahra

Saat Perayaan Idul Adha yang identik dengan Kurban, biasanya stok daging menumpuk. Naah, jika kebanyakan makan daging, imbangi dengan 5 Buah ini !  buah yang tinggi serat dan bagus untuk melancarkan pencernaan.

Perayaan Idul Adha bakal membuat banyak sajian daging di meja makan. Karena itu, mengkonsumsi daging yang banyak harus diimbangi dengan santapan tinggi serat buat melindungi kesehatan serta kelancaran pencernaan.

Daging yang dikatakan terkategori ke dalam hidangan panas butuh diseimbangkan dengan masakan yang cenderung dingin. Salah satu tipe hidangan yang direkomendasikan untuk penyeimbangnya adalah buah- buahan.

Terlebih buah- buahan tinggi serat yang sangat membantu melindungi kelancaran pencernaan, kala banyak mengkonsumsi daging.

Terdapat 5 macam buah yang memiliki serat tinggi yang bisa diandalkan sebelum makan daging.

Diantaranya :

 

  1. Apel

Ungkapan makan satu apel satu hari bisa menjauhkan dokter nyatanya benar adanya. Secara universal apel adalah buah yang kaya akan nutrisi dan sangat berguna untuk kesehatan badan.

Isi serat pektin dalam apel sangat baik untuk penuhi kebutuhan badan. Pectin yang terdapat pada apel ini malah sanggup menanggulangi konstipasi serta diare, sesuai dengan keadaan badan yang lagi dirasakan.

Pectin secara natural bisa meningkatkan mutu pencernaan karena gampang di cerna seratnya. Isi serat pektin dalam apel ini juga sanggup mengendalikan kolesterol atau racun serta mengeluarkannya dari dalam badan, termasuk kolesterol yang muncul dari mengkonsumsi daging.

 

  1. Kiwi

Buah berwarna hijau dan memiliki bulu ini, ternyata menyimpan banyak kegunaan untuk pencernaan yang lebih sehat. Menurut para ahli, Kiwi hijau mempunyai enzim yang bernama actinidin yang bisa meningkatkan pencernaan protein.

Para ahli juga menjelaskan bahwa, buah berbiji ini mempunyai kandungan tinggi serat. Sampai sampai, tingginya kandungan serat pada buah kiwi disambungkan dengan efek laksatif ringan yang bisa membuat pencernaan lancar.

Menurut buku berjudul Healing Foods, dua buah kiwi sudah bisa mencukupi 20% kebutuhan serat harian yang dianjurkan. Buah kiwi juag disebut dapat memperbaiki pencernaan dan menjaga kesehatan usus besar.

 

  1. Pisang

Buah berikutnya adalah Pisang. Buah yang kebanyakan berwana kuning ini dikenal sebagai buah padat nutrisi yang memiliki banyak kegunaan untuk kesehatan. Salah satu kegunaan pisang yang paling dikenal adalah sebagai sumber tenaga dari kandungan potasium yang bisa mendorong produksi energi secara instan.

Selain kegunaan untuk memproduksi tenaga, pisang juga memiliki serat yang sangat baik untuk kesehatan organ pencernaan. Pisang juga disebut dapat mempercepat proses pencernaan.

Pisang bisa memberi pengaruh antasida yang melindungi dinding lambung dengan memproduksi lapisan perut. Pengaruh antasida pada pisang, ditengarai dapat mengatasi bakteri yang mengganggu pada saluran pencernaan, juga mampu meredam lonjakan asam lambung ketika terlalu banyak mengkonsumsi makanan panas seperti daging.

 

  1. Jambu Biji

Yang tidak kalah banyak megandung serat adalah Jambu biji. Buah yang banyak manfaat ini gampang kita temukan dan biasanya banyak diperlihara masyarakat di Indonesia. Buah yang punya komposisi renyah dan menyegarkan ini, malah diakui bisa menjadi solusi untuk berbagai permasalahan pada perut dan pencernaan.

Jambu biji terbukti mempunyai serat yang sangat kaya. Dr. Anju yang juga ahli gizi dari Bangalore, India mengatakan, menurut fakta yang membandingkan antara jus jambu biji dengan jus buah yang lain bisa memenuhi 12% dari kebutuhan serat harian yang dianjurkan.

Kandungan serat yang tinggi pada jambu biji disebut sangat baik guna menjaga kesehatan dan kelancaran pencernaan. Malah, jika bagian biji dari jambu biji ikut tertelan bisa berguna untuk mengatasi sembelit dan membantu melunakkan sisa-sisa makanan dalam usus.

 

  1. Mangga

Buah berwarna kuning yang punya rasa legit dan manis ini mempunyai manfaat yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan. Terutama, ketika mengonsumsi banyak daging mangga yang banyak mengandung enzim yang dapat memecahkan dan mencerna protein.

Tidak hanya enzim, buat mangga dikenal mempunyai kandungan serat tinggi yang baik untuk menjaga sistem cerna. Kandungan serat tersebut bisa membuat jalur pencernaan lebih lembut dan melancarkan makanan yang tertinggal untuk keluar dari dalam usus.

Ahli gizi menyebuut, Mangga memiliki manfaat kesehatan untuk waktu yang panjang dan bernilai baik. Seperti, bisa menurunkan kemungkinan perkembangan kanker usus besar, penyakit jantung sampai diabetes tipe 2.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer