Belgia vs Portugal : Berikut Jadwal, Data dan Faktanya

Azza Azzahra

Wartaberitabaru.com – Belgia akan bersua dengan Portugal di fase 16 besar Euro 2020, Senin (28/6/2021). beberapa data dan fakta yang menjadi latarbelakang antar kedua tim yang akan berlaga di La Cartuja, Seville ini.

 

Dalam dua perjumpaan terakhir Belgia vs Portugal seluruhnya disuguhkan dalam beberapa pertandingan uji coba. Pada Maret 2016, Belgia menyerah 1-2 dari Portugal di Leiria. Cristiano Ronaldo dan Nani membuat Portugal unggul lebih dulu 2-0, sebelum Romelu Lukaku menipiskan skor untuk Belgia. Sesudah itu, pada bulan Juni 2018, Belgia vs Portugal hanya bermain imbang 0-0 di Brussels.

 

Laga ini akan menjadi perjumpaan yang pertama untuk mereka berlaga di putaran final Piala Eropa. Karena sebelumnya, mereka telah bersua sebanyak 6 kali akan tetapi hanya di babak kualifikasi, dan terakhir di Kualifikasi Euro 2008. Cristiano Ronaldo membuat 2 gol dalam keunggulan 4-0 Portugal di Lisbon, serta sundulan Helder Postiga memastikan kemenangan 2-1 Portugal di Brussels.

 

Ronaldo dan kawan-kawan tak pernah kalah dalam 5 laga terakhir ketika bersua Belgia, yaitu menang 3 kali dan berakhir imbang 2 kali.

Dalam 18 perjumpaan dengan Portugal selama ini, Belgia hanya menang 5 kali, imbang 7 kali, dan kalah 6 kali.

Pemenang dari laga Belgia vs Portugal di babak 16 besar ini sudah ditunggu Italia di perempat final, setelah dinihari tadi dengan susah payah mengalahkan Austria 2-1 dalam 2 kali babak perpanjangan waktu.

 

STATISTIK BELGIA

Pemain Andalan Timnas Belgia

 

Belgia lolos menjadi juara Grup B. Belgia berhasil memenangi ketiga laga mereka, dengan membukukan total 7 gol dan hanya 1 kali kemasukan. Belgia mengalahkan Rusia 3-0, Denmark 2-1, dan Finlandia 2-0.

 

Dari 7 gol mereka di Grup B, 6 gol dibukukan oleh Romelu Lukaku (3), Kevin De Bruyne, Thomas Meunier, dan Thorgan Hazard, dan 1 gol lainnya diperoleh melalui gol bunuh diri pemain Finlandia.

 

Belgia masih tanpa cacat di Euro 2020 lewat 13 kemenangan dari 13 pertandingan selama babak kualifikasi, menorehkan 47 gol dan hanya kemasukan 4 gol.

 

Belgia memenangkan 22 dari 26 pertandingan terakhirnya. Dalam 26 pertandingan itu, Belgia hanya tumbang 1 kali, yaitu ketika skor berakhir 1-2 melawan Inggris di Wembley di tournament UEFA Nations League pada 11 Oktober 2020.

 

Belgia tak tersentuh kekalahan di 12 pertandingan terakhir, menang 10 kali dan berakhir seri 2 kali.

Romele Lukaku  dan kawan-kawan juga mencetak 5 kali tanpa kebobolan ( clean sheet ) di 15 pertandingan terakhir.

Dan sebelum ini mereka pernah 1 kali berlaga di Seville, yaitu ketika bermain imbang 1-1 kontra Timnas Spanyol di Estadio Ramon Sanchez Pizjuan di ajang Kualifikasi Euro 1996.

 

STATISTIK PORTUGAL

Pemain andalan Timnas Portugal

 

Portugal berakhir di peringkat tiga Grup F di bawah Prancis dan Jerman. Portugal sukses menjadi satu dari empat tim peringkat tiga terbaik.

Portugal menang 3-0 melawan Hungaria, takluk 2-4 dari Jerman, dan bermain imbang 2-2 kontra Prancis.

Dari 7 gol Portugal di Grup F, 5 gol dicetak oleh sang kapten Cristiano Ronaldo. Sementara itu, 2 gol lainnya disumbangkan oleh Diogo Jota dan Raphael Guerreiro.

Ronaldo dan kawan-kawan juga membuat 2 gol bunuh diri di tournament ini, yaitu oleh Ruben Dias dan Raphael Guerreiro ketika takluk 2-4 dari Jerman.

Portugal hanya kalah 2 kali dalam 25 pertandingan terakhir mereka di Euro, termasuk saat kualifikasi yaitu menang 16 kali, imbang 7 kali dan menelan kekalahan 2 kali.

Mereka hanya kalah 1 kali dalam 9 pertandingan terakhir.

Selalu mencetak minimum 2 gol di 4 laga terakhir.

Juga membukukan 4 kali tanpa kebobolan (clean sheet) dalam 10 laga terakhir.

Serta menang 11 kali dan hanya kalah 2 kali di 18 laga terakhirnya.

 

Portugal juga pernah 2 kali berlaga di Sevilla, dan 2 kali takluk kontra Timnas Spanyol, yaitu kalah 0-3 di Campo de la Reina Victoria pada tahun 1923 serta 0-5 di Estadio de la Exposicion pada tahun 1929. Pertandingan melawan Belgia ini akan menjadi pertandingan perdana mereka di Estadio La Cartuja.

 

LINK LIVE STREAMING BELGIA VS PORTUGAL

[button color=”red” size=”medium” link=”http://zonasports.xyz/Real/hh2.php” icon=”” target=”true”]LINK LIVE STREAMING BELGIA VS PORTUGAL[/button]

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer