Prosedur Ipo, kelebihan dan kekurangannya

IPO adalah: Pahami Prosedur, Kelebihan dan Kekurangannya

Ipo Adalah – Menekuni dunia saham tidak bisa dilakukan dengan ilmu yang didapatkan dalam waktu beberapa hari saja. Pasalnya, terdapat beragam istilah yang perlu dipahami betul maknanya oleh para pemain saham, sebagai contoh adalah IPO.

Adapun bagi anda yang baru terjun atau masih pemula di dunia saham, pastikan sudah memahami tentang apa itu IPO dan kaitannya dengan para investor saham juga prosedur dan kelebihan maupun kekurangannya.

Berikut kami ulas sedikit tentang Prosedur, Kelebihan maupun kekurangannya.

Prosedur IPO

Sesudah persyaratan bisa disanggupi, berikut yang perlu perusahaan kerjakan untuk dapat melangsungkan IPO.

  1. Bekerja bersama dengan pihak underwriter atau penjamin emisi efek

Underwriter adalah perusahaan atau professional yang hendak menolong satu perusahaan untuk IPO atau go khalayak. Underwriter umumnya dapat Anda dapatkan di perusahaan sekuritas.

Sesudah pemilihan itu, faksi perusahaan dapat menyiapkan beragam jenis document persyaratan IPO yang disodorkan pada BEI dan OJK.

  1. Mengunjungi BEI dan OJK untuk proses pengajuan

Beberapa dokumen yang penting disiapkan adalah neraca keuangan tahun-tahun ini, profile perusahaan, gagasan perusahaan yang akan datang, penilaian hukum, dan document yang lain.

Pihak BEI akan pelajari dahulu document yang disodorkan itu. Selanjutnya, BEI akan memanggil pengurus perusahaan itu, underwriter, dan sejumlah profesional yang lain untuk lakukan presentasi di depan mereka untuk menerangkan kenapa IPO itu perlu dikerjakan.

  1. Melaksanakan IPO sesuai agenda yang ditentukan

Sesudah semua persyaratan tercukupi, BEI akan menolong proses IPO. Perusahaan harus juga siap-siap diri untuk menyongsong hari besar ini.

Trending:  5 Kunci Sukses Berbisnis Untuk Para Generasi Muda

Investor baru dapat beli sahamnya saat pertama kalinya dijajakan atau ada pula yang dapat memesan lebih dulu dengan proses subscribe. Umumnya waktu penawaran ini paling cepat satu hari dan paling lambat 5 hari.

Kelebihan IPO adalah :

Bagi perusahaan yang lakukan IPO, berikut kelebihan yang hendak mereka capai.

  1. Memperoleh dana segar

Dana dari IPO itu terhitung dana fresh karena benar-benar tak kan diberikan bunga. Perusahaan jadi memperoleh dana yang dapat dioptimalkan tak perlu pikirkan jika dana itu adalah hutang.

Mekanisme pencapaian dana dari pemasaran saham berlainan dengan mekanisme obligasi atau utang modal konservatif. Tetapi, perusahaan masih tetap harus memberinya imbal hasil pada investor berbentuk dividen.

  1. Perusahaan sekaligus membentuk citranya

Perusahaan yang dapat melakukan IPO hanya perusahaan tertentu. Karena itu mereka akan sanggup membuat citra dan dikenali secara luas oleh khalayak lewat IPO itu.

  1. Kekayaan perusahaan akan naik

Dana yang terterima oleh perusahaan akan membuat nilai kekayaan atau kapitalisasi perusahaan akan makin naik. Ini juga membuat perusahaan mempunyai modal yang cukup buat melakukan ekspansi jadi lebih luar biasa kembali.

  1. Sumber penghasilan yang cepat dicapai

Investor umumnya tertarik sama saham yang baru IPO. Oleh karenanya, perusahaan akan memperoleh dana yang cepat di periode IPO itu.

Tidak itu saja, sesudah periode IPO, perusahaan tetap memperoleh dana dari warga yang beli saham perusahaan. Ditambah transaksi bisnis umumnya dilaksanakan tiap hari terkecuali akhir pekan dan hari liburan nasional.

Sedangkan Kekurangan IPO adalah :

Meskipun ada beberapa kelebihan, IPO punyai kekurangan untuk perusahaan. Seperti berikut kekurangan yang sebaiknya menjadi perhatian.

  1. Biaya IPO yang mahal

Perusahaan harus siap dengan biaya IPO yang mahal karena perusahaan harus bayar biaya buat underwriter, buat administrasi, dan beragam jenis biaya yang lain yang wajib disanggupi. Tidaklah heran cuma perusahaan berkapitalisasi besar yang rata-rata siap untuk melaksanakannya.

  1. Belum pasti memperoleh keuntungan

Perusahaan yang melantai di bursa saham belum pasti memperoleh keuntungan. Mulanya dapat untung, tetapi kemudian beberapa perusahaan ada yang harganya justru nyangkut jadi saham Rp50 atau saham gocap. Saham Rp50 ini benar-benar tidak dapat diperjualbelikan karena harga yang terlampau rendah.

Trending:  Coba Main Saham Ini Seminggu, Cuan Sampai 125 Persen