Ini Kata Rider International Terkait Mandalika Circuit Lombok

Azza Azzahra

mandalika circuit

Mandalika Circuit atau Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi satu diantara tuan rumah Moto GP musim 2022. Beberapa rider hebat MotoGP ikut memberi komentar berkaitan pemakaian sirkuit itu.

Sirkuit Mandalika sendiri mempunyai ide yang unik. Sirkuit ini mempunyai pelintasan balap yang disebut jalan umum di tempat rekreasi. Disamping itu, sirkuit ini tawarkan panorama yang keren berupa laut dan bukit-bukit karena ada di tempat rekreasi.

Rider Repsol Honda, Marc Marquez, mengatakan aspek keamanan jadi penting dalam balapan di pelintasan balap yang terbuka. Ia menyebutkan akan tidak gampang membalap di Sirkuit Mandalika.

“Balapan di sirkuit terbuka pasti bukanlah hal yang wajar di balapan zaman saat ini, utamanya bila bicara berkenaan faktor keamanan. Bila standard keamanan telah tercukupi, pasti ini adalah hal yang baik, tetapi pasti tidak gampang,” kata Marquez seperti dilansir dari crash.net.

“Bila kita dapat balapan di track perkotaan pada masa datang tentu akan membahagiakan. Tetapi, itu memerlukan beberapa hal di bidang keselamatan. Misalkan tempat run-off yang lumayan panjang dan itu akan susah,” lanjut Marquez.

Sebelumnya, rider Valentino Rossi ikut memberi komentar dengan ide yang dibawa oleh Sirkuit Mandalika.

“Saya telah menyaksikan tata letaknya [lay out], dan video pelintasannya. kelihatan ada banyak kelokan untuk meluncur cepat, itu akan membahagiakan untuk membalap.

Tetapi untuk mengerti sirkuit keseluruhannya, track harus usai terlebih dahulu. Dan saya langsung turun dengan motor untuk mencobanya,” kata Rossi saat wawancara dengan Lucy Wiryono yang diupload ulang oleh account Youtube, Nurdien Korindo beberapa lalu.

“Sama seperti yang Anda katakan, banyak sekali tuntutan pada sirkuit ini karena cuaca di indonesia benar-benar panas. Saya turun balapan di Indonesia pada 1996 dan 1999, saya ingat cuacanya lebih panas dari malaysia.

Jadi ini akan susah, ditambah lagi track akan dekat dengan laut. Bila benar-benar terik, maka kita dapat langsung terjun ke laut,” papar The Doctor sambil tertawa.

Juara bertahan Moto GP, Joan Mir, mengatakan balapan di track terbuka atau jalanan seperti ide Sirkuit Mandalika dapat beresiko.

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, ditegaskan akan melangsungkan World Superbike (WSBK) di tahun ini.

Sirkuit Mandalika sedang jadi topik hangat menyusul sirkuit itu yang bakal jadi venue balap motor internasional.

rencananya, Sirkuit Mandalika Lombok akan jadi tuan-rumah gelaran World Superbike. Balap seri pemungkas musim kejuaraan dunia World Superbike akan diadakan 19-21 November 2021 mendatang.

Also Read

Ads - Before Footer