Ingat, Inilah 10 Rumus Excel Yang Sering diPakai Di Dunia Kerja
Ingat, Inilah 10 Rumus Excel Yang Sering diPakai Di Dunia Kerja

Ingat, Inilah 10 Rumus Excel Yang Sering diPakai Di Dunia Kerja

Bagi yang menyiapkan untuk masuk ke dunia kerja, Microsoft Excel adalah software yang penting untuk dipelajari. Pasalnya , di dunia kerja, Excel sering dipakai untuk membuat laporan atau hitung bujet hingga jadi kemampuan yang wajib dikuasai oleh pegawai.

Peranan Microsoft Excel pada intinya bermanfaat untuk membuat, mengubah, mengurutkan, menganalisis, dan merangkum data suatu perusahaan.

Dalam operasionalisasinya, pemakai harus memahami perihal formula dan kegunaannya untuk memudahkan pemakaian.

Berikut rumus Excel yang dapat didalami oleh siswa atau mahasiswa atau kalangan umum sekalipun secara mudah.

Rumus Mudah Excel :

  1. SUM

SUM ialah rumus Excel untuk menjumlahkan beberapa data dari kolom atau baris dengan pilihnya atau mengetiknya, misalkan =SUM(A1:A8) akan menjumlahkan semua nilai antara A1 dan A8 dan sebagainya.

  1. COUNT

COUNT bermanfaat untuk mengalkulasi jumlah sel yang berisi angka, dan hitung angka dalam perincian argument. Rumusnya =COUNT(A1:A8)

  1. AVERAGE

Sama dengan namanya, AVERAGE ialah rumus untuk ketahui jumlah rata-rata. Caranya dengan menulis =AVERAGE(A1:A8)

  1. IF STATEMENTS

Rumus Excel IF STATEMENTS sangatlah bermanfaat dalam beberapa keadaan. Peranan ini memungkinkannya untuk tampilkan text bila satu kasus benar atau salah.

Misalkan, Anda bisa menulis =IF(A1>A2, “VALID”, “SALAH “), di mana A1>A2 ialah kasusnya, “VALID” bila outputnya betul dan “SALAH” ialah outputnya bila salah.

  1. SUMIF, COUNTIF, AVERAGEIF

Beberapa fungsi ini sebagai gabungan dari peranan SUM, COUNT, AVERAGE dan STATEMENT IF. Semua peranan ini diatur secara sama, menjadi =FUNCTION (rentang, persyaratan, rentang fungsi).

  1. VLOOKUP

Untuk yang belajar rumus Excel tentu sudah tidak asing dengan istilah ini. VLOOKUP sebagai ringkasan dari Vertikal Look Up.

Perannya untuk membuat Excel tampilkan data nilai tertentu dalam kolom (yang disebutkan ‘array tabel’) dalam pola horizontal.

=VLOOKUP(nilai pencarian, rentang, nomor kolom, benar atau salah).

  1. CONCATENATE

CONCATENATE sebagai rumus ini yang bermanfaat untuk menyatukan data ke satu sel. Contohnya Anda ingin menyatukan nama depan dan nama belakang, masing-masing di sel A1 dan A2.

Trending:  Hal Yang Wajib Ada Ketika Ingin Menginstall Windows 11

Tulis =CONCATENATE(A1 , ” ” , B2), untuk menyatukan nama jadi satu sel, dengan ” “ menambah spasi salah satunya.

  1. MAX dan MIN

Sama dengan namanya, rumus Excel ini dipakai untuk mengetahui nilai minimum dan optimal satu data. Rumusnya ialah =MAX(A1:A10) akan tampilkan nilai numerik maksimal.

Sementara rumus untuk tampilkan nilai minimum yaitu =MIN(A1:A10)

  1. AND

Rumus AND Excel biasanya dipakai untuk mengecek apa beberapa hal tertentu salah atau benar.

Peranan AND kembalikan TRUE bila semua argument-nya menilai ke TRUE, dan kembalikan FALSE bila satu atau beberapa argument menilai ke FALSE.

Misalkan, =AND(A1=”GOOD”, B2>10) akan tampilkan TRUE bila A1 ialah BAIK dan nilai B2 semakin besar dari 10.

  1. PROPER

Rumus Excel kali ini dipakai saat data berisi banyak text dengan format aneh dan kelihatan campur baur, misalkan, huruf kapital pada tempat yang keliru. Misalkan Anda dapat menuliskan =PROPER(A1) untuk melakukan perbaikan.