Google Rayakan Ulang Tahun ke-23 dengan Doodle Istimewa

Azza Azzahra

google ulang tahun

Hari ini, 27 September 2021, Google merayakan ulang tahun ke-23. Rayakan peristiwa itu, Google tampilkan doodle khusus di halaman penelusurannya.

Tiap tahunnya raksasa penelusuran internet ini selalu membuat doodle yang lain. Tahun ini mereka tampilkan tulisan Google berbentuk kue yang diberi meses pada bagian atasnya.

Khusus pada bagian huruf L dibentuk animasi cake ulang tahun dengan sisi atasnya dihias lilin yang berpijar komplet dan angka 23. Tidak itu saja kue ultah itu memperlihatkan mata, dan tangan yang mengusung sisi atas seperti topi, seakan-akan akan menegur beberapa pengunjung situs Google.

Dalam situs resminya Google bercerita jika satu tatap muka bertepatan bisa mengganti jalan hidup kita. Dalam kasus Google, tatap muka kebenaran di antara dua periset computer mengganti arah Internet dan kehidupan juta-an orang.

Di tahun 1997, Sergey Brin, seorang mahasiswa pascasarjana di Kampus Stanford, kebetulan ditugaskan untuk memperlihatkan ke Larry Page, yang menimbang Stanford untuk sekolah pascasarjana di saat itu, di sekeliling universitas. Di tahun selanjutnya, dua pendiri Google membuat mesin pencari bersama di kamar asrama mereka dan meningkatkan prototype pertama mereka. Di tahun 1998, Google Inc. resmi lahir.

“Tiap hari, ada miliaran penelusuran di Google dalam lebih dari 150 bahasa di penjuru dunia, dan walau banyak yang sudah berbeda dari saat-saat awal mula Google, dari server pertama kalinya berada di almari yang dibuat dari balok mainan ke servernya yang saat ini diletakkan di lebih dari 20 pusat data secara global, tugasnya untuk membuat info dunia bisa dijangkau oleh seluruh orang masih sama,” catat Google.

Menurut situs Wikipedia, Google resmi dibangun sebagai sebuah perusahaan pada 4 September 1998. Tetapi, pada ulang tahunnya yang ke-5 atau tahun 2003, Google rayakan hari jadi pada tanggal yang lain, yaitu 8 September.

Satu tahun selanjutnya, ulang tahun ke enam Google dirayakan kembali pada tanggal berlainan, yaitu pada 7 September. Selanjutnya, pada 2005, hari ulang tahun Google kembali dirayakan pada tanggal lain dari mulanya, 26 September.

Pada 2006, tanggal ulang tahun Google diputuskan jadi 27 September. Tanggal itu diputuskan oleh Google sebagai hari jadi supaya perusahaan dapat umumkan perolehan jumlah halaman yang sukses diindeks oleh mesin telusurnya waktu itu.

Di situs Doodle kepunyaannya, Google tampilkan bermacam gambar Doodle yang sempat digunakan untuk memperingati beberapa ulang tahun sebelumnya.

Also Read

Ads - Before Footer