pekerjaan freelance adalah

Freelance adalah : lebih enak mana dengan FullTime ?

Freelance adalah tugas yang sering dianggap remeh. Tetapi sebetulnya, bekerja freelance mempunyai beberapa keuntungan tertentu. Apakah itu freelance atau jadi freelancer?

Dikutip dari FlexJobs, freelance adalah satu tugas di mana seorang dapat bekerja untuk dirinya tak perlu terikat dengan perusahaan.

Dalam banyak hal, freelancer atau karyawan lepas berbeda dengan pegawai biasa, khususnya berkaitan dengan waktu kerja. Freelancer dapat mengatur jam kerja mereka sendiri dan tentukan siapa client mereka.

Freenlancer memanglah tidak bisa dipandang sebagai pegawai. Beberapa perusahaan seringkali menyebutkan beberapa freelancer sebagai kontraktor.

Mereka sebagai freelancer ini umumnya dapat kerja di rumah, cafe, restaurant, warung kopi favorite, servisd office, co-working space, atau bahkan juga dilaksanakan sambil liburan ke tempat menarik.

Freelance artinya mereka dapat menentukan waktu dan tempat mereka bekerja.

Kontrak kerja yang diberi pada freelancer berlainan dengan pegawai biasa yang ketentuannya lebih ketat. Kontrak kerja ini umumnya cuman berisi tipe project, desain, waktu pembuatan, dan ongkos yang perlu dibayar perusahaan pemberi kerja ke freelancer.

Ongkos yang dikenai pada freelancer ini akan bervariasi bergantung dari kesusahan project dan jam terbang. Itu yang selanjutnya dikatakan sebagai upah freelancer.

Bila dahulunya freelance adalah karier yang kurang disukai, sekarang ini freenlace adalah karier yang banyak mulai dicari. Ini karena trend ekonomi digital yang makin masif.

Beberapa perusahaan tehnologi dan startup sekarang banyak yang tergantung pada karyawan freelance.

Selain di bidang tehnologi dan info, beberapa karier yang umumnya memakai jasa freelance adalah penulis, pemandu rekreasi, barista, kontribusi informasi, photografer, desainer, penerjemah, dan guru les.

Berikut sejumlah keuntungan jadi freelancer :

  • Waktu yang lebih berkualitas
  • Bebas bekerja di mana saja
  • Jumlah penghasilan tergantung dalam jumlah project yang ditangani
Trending:  4 Fitur WhatsApp Terbaru 2021, Serta Cara Menggunakannya

Kekurangan freelance adalah :

  • Tidak memperoleh sarana yang disiapkan perusahaan
  • Tidak mempunyai jaminan sosial
  • Status sosial yang kerap dianggap sepele
  • Kurang bergaul
  • Penghasilan benar-benar tergantung pada project yang ditangani hingga naik-turun

Secara waktu, pekerjaan ini membuat kita memiliki waktu yang berkualitas atau Quality time bersama keluarga secara lebih fleksibel. Karena bisa sembari bekerja tetap bisa menikmati waktu bareng keluarga.

menurut riset dari sekolah bisnis Brighton University,Freelancer mempunya tingkat kebahagiaan yang lebih tinggi dari pekerja tetap.

Sesuai dengan namanya, Freelancer bebas mengerjakan tugasnya dimana saja dan kapan saja. Dengan demikian semua lebih fleksibel. Cukup dengan membawa laptop atau smartphone anda bisa sembari melayani beberapa customer.

Di jaman sekarang segala hal nya banyak menggunakan internet, dan kita juga harus perspektif terhadap masa depan. Hal itu sangat mendukung freelancer.

Namun Perlu diketahui, Freelancer dituntut untuk bisa memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Pasal, jika tidak pandai menggunakan waktu akan membuat anda tertinggal dengan freelancer lain.