Cara Mengedit Warna Rambut dengan Photoshop

Warta Berita Baru

Pengenalan Edit Warna Rambut di Photoshop


Edit Warna Rambut di Photoshop

Edit warna rambut dengan menggunakan software Photoshop bisa menjadi alternatif bagi Anda yang ingin mengubah tampilan rambut tanpa perlu merubah secara fisik. Meskipun terlihat rumit, cara edit warna rambut di Photoshop sebenarnya sangat mudah dilakukan.

Mungkin beberapa dari Anda berpikir bahwa edit foto atau edit warna rambut di software Photoshop membutuhkan kemampuan teknis yang tinggi. Namun, seiring dengan semakin berkembangnya teknologi, kini proses pengeditan warna rambut di Photoshop menjadi lebih sederhana. Dibutuhkan sedikit pemahaman tentang cara kerja software tersebut dan beberapa trik pengeditan yang benar untuk memperoleh hasil yang diinginkan.

Membuka File Foto di Photoshop


Cara membuka file foto agar bisa diedit di software Photoshop.

Langkah pertama dalam pengeditan warna rambut di Photoshop adalah membuka file foto yang akan di-edit terlebih dahulu. Pilih menu “File” dan kemudian “Open” pada jendela Photoshop. Anda juga dapat menggunakan tombol pintasan keyboard “CTRL+O” untuk membuka dialog box “Open”.

Cari dan pilih file foto yang ingin di-edit, dan klik tombol “Open”. Otomatis, foto tersebut akan dimuat ke dalam canvas Photoshop dan siap untuk diedit.

Di sini, Anda dapat memperbesar atau memperkecil foto dengan cara memutar mouse scroll atau menggunakan tombol pintasan keyboard “CTRL+PLUS” atau “CTRL+MINUS”.

Jika Anda sering memuat foto pada Photoshop, Anda bisa memilih tombol “Reopen” di jendela “File” untuk membuka file terakhir yang telah di-edit.

Penutup

Membuka file foto merupakan tahap awal yang sangat penting dalam pengeditan warna rambut menggunakan software Photoshop. Dengan mengikuti langkah-langkah sederhana yang telah dijelaskan di atas, maka Anda sudah siap untuk melanjutkan tahap pengeditan warna rambut pada foto menggunakan Photoshop.

Memilih Warna Rambut yang Ingin Diedit


Edit Warna Rambut Photoshop

Sebelum melakukan editing pada warna rambut, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih bagian rambut yang akan diubah warnanya. Tentunya, tidak semua bagian rambut perlu diubah warnanya. Ada beberapa bagian yang tidak perlu, sementara ada beberapa bagian lain yang perlu diubah warnanya agar dapat sesuai dengan keinginan atau tujuan editing. Tahapan untuk memilih bagian rambut yang akan diedit adalah sebagai berikut:

Menggunakan Tool Selection

Tool selection merupakan salah satu tool dalam Photoshop yang berfungsi untuk memilih area tertentu pada gambar yang akan diedit. Dalam mengedit warna rambut, tool selection dapat digunakan untuk memilih bagian rambut yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan tool selection pada Photoshop:

Langkah 1: Buka gambar rambut yang akan diedit warnanya

Langkah pertama adalah membuka gambar rambut yang akan diedit warnanya di Photoshop. Pastikan gambar sudah terbuka dengan benar dan siap untuk diedit.

Langkah 2: Pilih tool selection

Setelah gambar dibuka, langkah selanjutnya adalah memilih tool selection. Tool selection terdapat pada bagian toolbar di sebelah kiri layar.

Selection Tool Photoshop

Langkah 3: Menggunakan lasso tool untuk memilih bagian rambut

Setelah tool selection dipilih, banyak pilihan yang muncul sebagai sub-menu. Ada beberapa tool selection yang dapat digunakan, tetapi kami merekomendasikan menggunakan lasso tool. Alasannya, lasso tool memungkinkan pengguna untuk memilih area rambut yang tidak beraturan atau tidak simetris dengan mudah.

Untuk menggunakan lasso tool, klik dan tahan mouse di area gambar yang ingin dipilih sampai muncul garis putus-putus. Selanjutnya, geser mouse untuk mengikuti bentuk bagian rambut yang ingin dipilih hingga kembali ke titik awal. Garis putus-putus akan menjadi garis solid untuk menunjukkan bahwa area tersebut telah dipilih.

Lasso Tool Photoshop

Langkah 4: Mengaktifkan layer mask

Setelah area rambut dipilih, langkah selanjutnya adalah mengaktifkan layer mask. Layer mask berfungsi untuk memunculkan atau menyembunyikan area tertentu pada gambar. Dalam mengedit warna rambut, layer mask digunakan untuk memisahkan area rambut dari area lain pada gambar. Dengan begitu, pengguna dapat melakukan editing hanya pada area rambut yang dipilih sebelumnya.

Untuk mengaktifkan layer mask, klik ikon layer mask (lingkaran putih dengan lingkaran hitam di dalamnya) pada bagian bawah panel layer. Setelah itu, warna putih dan hitam akan muncul di panel layer sebagai mask dan layer baru.

Layer Mask Photoshop

Dengan mengikuti tahapan di atas, pengguna dapat memilih bagian rambut yang diinginkan untuk diedit warnanya. Setelah area rambut dipilih menggunakan tool selection dan layer mask diaktifkan, pengguna dapat melakukan editing warna rambut sesuai dengan keinginan.

Mengubah Warna Rambut


Edit Warna Rambut Photoshop

Warna rambut dapat menunjang penampilan seseorang, sehingga banyak yang mencoba mengubah warna rambut agar lebih menarik. Jika Anda tidak ingin merusak rambut dengan bahan kimia, maka ubahlah warna rambut Anda melalui aplikasi edit foto seperti Photoshop. Berikut adalah tahapan untuk mengubah warna rambut dengan Photoshop.

Menentukan Warna Baru yang Diinginkan

Langkah pertama dalam mengubah warna rambut adalah menentukan warna baru yang diinginkan. Anda dapat memilih warna rambut yang sesuai dengan kulit Anda, atau mengikuti tren warna rambut saat ini. Pilih warna yang menurut Anda paling cocok dan membuat Anda lebih percaya diri.

Membuka Foto di Photoshop

Setelah menentukan warna rambut baru, selanjutnya Buka aplikasi Adobe Photoshop dan pilih foto yang akan diubah warna rambutnya. Pastikan foto tersebut memiliki resolusi yang cukup tinggi agar hasil editannya lebih bagus.

Memilih Alat Seleksi

Langkah selanjutnya adalah memilih alat seleksi yang tepat. Anda dapat menggunakan alat ‘Magic Wand Tool’ atau ‘Quick Selection Tool’ untuk memilih rambut pada foto. Pastikan pemilihan rambut dilakukan secara detail untuk menghasilkan hasil yang maksimal.

Mengubah Warna Rambut

Selanjutnya, pilih opsi ‘Adjustment Layer’ pada menu di bagian atas dan cari opsi ‘Hue/Saturation’ . Setelah itu, sesuaikan warna rambut yang diinginkan dengan mengatur tingkat hue, saturation, dan lightness. Anda bisa mengatur nilai hue hingga 200 untuk hasil yang dramatis atau menyimpannya dalam kisaran 20-30 untuk hasil yang lebih natural. Penting untuk menyesuaikan nilai dari hue, saturation dan lightness agar warna rambut tersebut cocok dengan warna kulit Anda

Menambahkan Sentuhan Akhir

Setelah hasil warna rambut sesuai dengan keinginan, anda dapat menambahkan sentuhan akhir pada foto melalui berbagai filter seperti ‘Brightness/Contrast’, ‘Exposure’, atau ‘Levels’. Pastikan foto tersebut terlihat natural dan tidak terlalu edit agar hasilnya menjadi lebih baik. Setelah itu, simpan foto tersebut dan Anda berhasil mengubah warna rambut dengan cukup mudah melalui Photoshop.

Menerapkan Warna di Rambut pada Foto

Menerapkan Warna di Rambut pada Foto

Warna rambut bisa menjadi suatu pernyataan personaliti untuk banyak orang. Saat ini, banyak orang yang menggunakan edit warna rambut di aplikasi photoshop untuk mengganti warna rambut pada foto. Berikut adalah tutorial untuk menerapkan warna baru pada foto rambut.

Memilih dan Menerapkan Gradient pada Rambut

Memilih dan Menerapkan Gradient pada Rambut

Memilih dan menerapkan gradient pada rambut adalah salah satu teknik yang berguna untuk memberikan hasil yang dicari pada edit warna rambut di Photoshop. Gradient adalah gradasi warna antara dua warna atau lebih yang dapat menambahkan dimensi atau kedalaman pada rambut.

Cara Menggunakan Gradient pada Rambut

Gradient pada rambut biasanya digunakan untuk memberikan efek ombre, highlights atau lowlights pada rambut. Berikut adalah cara menggunakan gradient pada rambut di Photoshop:

  1. Langkah pertama adalah memastikan layer rambut sudah dipilih terlebih dahulu.
  2. Kemudian, gunakan tool “Gradient” untuk membuat sebuah warna gradient. Pada dialog box gradient, anda bisa memilih warna yang ingin digunakan.
  3. Sesuaikan posisi gradient pada rambut. Anda bisa menyesuaikan posisi dan lebar gradient menggunakan tool “Gradient Tool”.
  4. Perlakukan bagian rambut yang anda ingin memiliki efek gradient dengan menyentuh atau menghapus sebagian filter gradient. Anda bisa menggunakan “Eraser Tool” untuk menghapus efek gradient yang salah.

Dengan teknik ini, anda bisa membuat tampilan rambut yang lebih indah dan kreatif di foto anda. Semoga tutorial ini bermanfaat!

Mengatur Warna Rambut yang Telah Diedit

Mengatur Warna Rambut yang Telah Diedit

Setelah melakukan edit warna rambut pada foto, hasilnya mungkin belum optimal sesuai dengan keinginan. Oleh karena itu, diperlukan tahapan untuk mengatur hasil dari warna rambut yang telah diubah. Berikut adalah tahapan-tahapan yang bisa dilakukan:

Menyesuaikan Kecerahan dan Kontras agar Lebih Natural

Langkah pertama dalam mengatur warna rambut yang telah diedit adalah menyesuaikan kecerahan dan kontras agar hasil edit terlihat lebih natural. Kecerahan dan kontras yang tidak seimbang dapat membuat warna rambut terlihat pucat atau terlalu gelap, sehingga tidak terlihat alami.

Menggunakan Hue/Saturation Adjustment Layer

Setelah menyesuaikan kecerahan dan kontras, selanjutnya dapat dilakukan dengan menggunakan Hue/Saturation Adjustment Layer. Dengan menggunakan layer ini, kita dapat mengatur hue (warna) dan saturasi (kejenuhan) warna rambut. Perubahan yang dilakukan haruslah cermat agar warna rambut terlihat natural dan sesuai dengan kondisi yang diinginkan.

Menggunakan Color Balance Adjustment Layer

Langkah selanjutnya dalam mengatur warna rambut yang telah diedit adalah dengan menggunakan Color Balance Adjustment Layer. Dengan alat ini, kita dapat mengatur keseimbangan warna rambut dengan menambahkan warna-warna tertentu seperti warna hijau, merah, atau biru. Perubahan yang dilakukan haruslah proporsional agar warna rambut terlihat sesuai dengan keinginan.

Mengatur Curves Adjustment Layer

Selanjutnya, dapat dilakukan mengatur Curves Adjustment Layer ini. Dengan mengatur layer ini, kita dapat mengubah tone dan kontras pada foto untuk menyesuaikan warna rambut yang diubah. Menyesuaikan kurva ini dapat membawa warna rambut menjadi lebih tajam atau lebih redup.

Menggunakan Selective Color Adjustment Layer

Langkah terakhir dalam mengatur warna rambut yang telah diedit adalah dengan menggunakan Selective Color Adjustment Layer. Dengan menggunakan Selective Color Adjustment Layer, kita dapat mengatur warna rambut dengan detil, seperti mengatur warna merah, kuning, hijau, atau biru secara individual. Perubahan yang dilakukan haruslah cermat agar warna rambut terlihat seimbang dan natural.

Dengan mengikuti tahapan-tahapan di atas, hasil edit warna rambut akan terlihat lebih natural dan fresh.

Menghilangkan Tampilan Gagang Edit dan Menyimpan Hasil Artwork

Edit Warna Rambut Photoshop

Setelah melakukan editing warna rambut menggunakan aplikasi Photoshop, langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menghilangkan tampilan gagang edit dan menyimpan hasil artwork yang telah jadi. Dalam tahapan ini, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan agar hasil akhir dari editing terlihat sempurna dan tidak cacat.

Menyesuaikan Scale dan Resolusi

Menyesuaikan Scale dan Resolusi

Setelah proses editing selesai, klik “Image” pada menu utama dan pilih “Image Size”. Pastikan Anda mengatur resolusi dan ukuran gambar agar sesuai dengan hasil akhir yang Anda inginkan. Jika tidak diatur dengan benar, gambar akan terlihat blur atau pecah saat dicetak atau diunggah di media sosial.

Perlu diketahui, resolusi gambar umumnya diatur 300 dpi untuk cetak atau 72 dpi untuk web. Sedangkan untuk skala atau ukuran gambar dapat diatur sesuai dengan kebutuhan, misalnya untuk cetak poster maka ukuran gambar harus lebih besar dari pada ukuran gambar yang diunggah ke media sosial.

Menyimpan dalam Format yang Tepat

Menyimpan dalam Format yang Tepat

Setelah gambar diatur resolusinya, klik “File” dan pilih “Save As”. Pilih format file yang sesuai dengan kebutuhan, misalnya JPEG untuk media sosial, PNG atau TIFF untuk cetak.

Agar detail warna pada gambar dapat terlihat jelas, pastikan opsi “Color Profile” pada jendela “Save As” disetel ke “sRGB IEC61966-2.1” untuk warna RGB. Untuk warna CMYK, disetel ke “US Web Coated (SWOP) v2”.

Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, gambar hasil editing warna rambut di Photoshop dapat disimpan dan dipamerkan secara maksimal tanpa cacat atau blur. Selamat mencoba!

Menambah Efek pada Hasil Edit Warna Rambut


Menambah Efek pada Hasil Edit Warna Rambut

Edit warna rambut di Photoshop memungkinkan Anda untuk bereksperimen dengan berbagai macam warna dan gaya rambut tanpa harus melakukan perubahan permanen. Namun, hasil edit warna rambut masih bisa ditingkatkan dengan menambahkan berbagai efek untuk memberikan tampilan yang lebih menarik. Di dalam artikel ini, kita akan membahas teknik untuk menambahkan efek diatas hasil edit warna rambut di Photoshop.

Menambahkan Blur dan Shadow untuk Meningkatkan Tampilan

Dua efek yang sering digunakan untuk meningkatkan tampilan hasil edit warna rambut adalah blur dan shadow. Blur dapat memberikan tampilan yang lebih lembut dan menyamarkan detail yang tidak diinginkan pada rambut. Sementara shadow dapat memberikan dimensi dan kedalaman pada gambar rambut.

Untuk menambahkan efek blur pada hasil edit warna rambut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pastikan layer yang berisi edit warna rambut sudah dipilih.
  2. Pilih menu Filter dan klik opsi Blur.
  3. Pilih salah satu filter blur yang sesuai dengan kebutuhan. Anda bisa memilih opsi Gaussian Blur untuk memberikan efek yang sangat lembut atau Motion Blur untuk memberikan tampilan yang lebih dinamis dan bersinar.
  4. Tentukan jumlah radius blur yang diinginkan dan klik OK.

Sementara itu, untuk menambahkan efek shadow pada hasil edit warna rambut, Anda bisa mengikuti langkah-langkah sebagai berikut:

  1. Pastikan layer yang berisi edit warna rambut sudah dipilih.
  2. Pilih menu Layer Style dan klik opsi Drop Shadow.
  3. Tentukan nilai untuk jarak, ukuran, dan intensitas shadow yang diinginkan.
  4. Klik OK.

Dengan menambahkan efek blur dan shadow pada hasil edit warna rambut, Anda bisa memberikan tampilan yang lebih menarik dan profesional pada gambar. Namun, pastikan Anda tidak terlalu berlebihan dalam menggunakan efek ini agar tampilan tetap terlihat natural dan tidak terlalu berlebihan.

Saran Video Seputar : Cara Mengedit Warna Rambut dengan Photoshop

Also Read

Tags

Ads - Before Footer