Ditutup hari ini pukul 23.59, Segera Daftar Prakerja Sekarang

Wartaberitabaru.com – dibuka sabtu kemarin 5 juni 2021, Program Kartu Prakerja gelombang 17 ternyata waktu pendaftarannya tidak berlangsung lama. Pendaftaran akan segera ditutup pada malam ini pukul 23.59 atau senin malam 7 juni 2021. Tidak sama seperti gelombang sebelumnya, pendaftaran kartu Prakerja gelombang 17 hanya dibuka dengan kurun waktu yang sebentar, yakni tiga hari saja. Informasi tersebut, tercantum pada dashboard pendaftaran Prakerja. Dimana disana tertulis pembukaan pendaftaran tanggal 5 Juni 2021 dan akan segera ditutup hari ini senin tanggal 7 Juni 2021.

Berbeda dengan gelombang yang pernah ada, jatah kartu prakerja yang tersedia kali ini  lebih sedikit, yaitu hanya 44.000 orang saja.

Sebelumnya pada gelombang 16, kuota penerima bantuan Prakerja diberikan pada 300.000 orang. Sementara itu, kuota yang tersedia pada gelombang yang baru dibuka dua hari yang lalu itu, berasal dari kepesertaan yang dicabut dari gelombang sebelumnya, antara gelombang 12 sampai dengan gelombang16.

Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu.  Mengatakan, kebijakan tersebut merupakan amanat dari Peraturan Menteri Koordinator Perekonomian (Permenko) Nomor 11 Tahun 2020 berkenaan Pengembangan Keahlian Kerja lewat Program Kartu Prakerja. Dalam tata tertib tersebut menyebutkan ,bila dalam 30 hari setelah menerima dana dari pelatihan Kartu Prakerja, sementara peserta belum membeli pelatihan pertama, selanjutnya statusnya sebagai peserta ditangguhkan dan berikutnya diberikan pada peserta Prakerja Gelombang 17.

Kartu Prakerja merupakan salah satu program pemerintah, yang bersifat semi bansos di mana penerima akan mendapat kompetensi juga insentif dana setelah menyelesaikan pelatihan dan memberikan komentar survey terkait kartu prakerja .

Pada program Kartu Prakerja gelombang 17, peserta yang dinyatakan berhasil melewati seleksi akan mendapat uang insentif sebesar Rp 2,4 juta. Dimana jumlah tersebut dibayarkan selama jangka waktu 4 bulan, atau pencairan sebesar Rp. 600.000 setiap bulan. Sementara itu, dana Prakerja gelombang 17 ini bisa dicairkan jika peserta sudah rampung melakukan pelatihan dan menulis tanggapan melalui survei. setelah memasukkan komentar dan mengisi survei, penerima Prakerja akan memperoleh insentif senilai 50.000 rupiah.

Trending:  PT POS Indonesia Buka Lowongan Kerja, Cek Info Lengkapnya !

Untuk mendafar cukup Masuk ke situs www.prakerja.go.id, kemudian pilih ‘Buat Akun’. Masukkan alamat e-mail, membuat kata sandi , serta mengisi Kembali kata sandi yang sudah dibuat. Periksa  e-mail yang dikirim dari Kartu Prakerja, dan pastikan mengikuti petunjuk untuk verifikasi akun e-mail. paska konfirmasi akun e-mail dinyatakan berhasil, anda buka kembali website Prakerja, lanjut klik ‘Login’ untuk mengakses ke dashboard akun Prakerja Gelombang 17.

Anda yang tertarik mendaftar, segera daftar. Pasalnya, kartu Prakerja gelombang 17 akan ditutup pada hari ini, senin 7 Juni 2021 pukul 23.59.

Selain itu, pastikan anda adalah WNI – berusia 18 tahun ke atas yang merupakan penacri kerja atau yang masih mengganggur (lulusan baru ) maupun pekerja dampak PHK yang memerlukan peningkatan kompetensi kerja wirausaha tidak dalam status mengikuti pendidikan formal. Selain itu, tidak sedang mendapat bantuan sosial lain atau tidak masuk dalam DTKS – Data Terpadu Kesejahteraan Sosial, BPUM, BSU, bukan aparatur sipil negara, bukan merupakan anggota TNI/POLRI, juga bukan anggota wakil rakyat DPR/DPRD, serta penerima yang sebelumnya sudah meneriam kartu prakerja tahun 2020 tidak bisa mendaftar Kembali.

 

Sebagai Informasi tambahan untuk pemerataan penerima kartu prakerja, pemerintah hanya mengizinkan 2 nama pada setiap KK. Apabila pada 1 KK sudah terdapat 2 nama penerima kartu prakerja, maka dapat dipastikan nama lain tidak bisa lolos seleksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *