CPNS Kemenag 2021

CPNS Kemenag Butuhkan 1.361 Formasi, Berminat ?

Departemen Agama secara resmi mengumumkan jika mereka sudah membuka registrasi CPNS 2021. Registrasi dibuka mulai 7 Juli sampai 21 Juli 2021 lewat halaman sscasn. bkn.go.id.

Hal tersebut Menurut peraturan Kementrian Agama No P- 3023/ SJ/ B. II. 2/ KP. 00. 2/ 07/ 2021 tentang Penetapan penerimaan Calon Pegawai Negara Sipil ( CPNS). Departemen Agama Republik Indonesia Tahun Anggaran 2021. Adapun jumlah satuan kerja yang dibuka berjumlah 123 unit kerja serta dngan kriteria pelamar yang dibuka terbagi menjadi formasi umum dan formasi khusus.

Dari ratusan unit satuan yang ada, CPNS membutuhkan sebanyak 1. 361 formasi di tahun ini. Rinciannya adalah : Formasi umum sebanyak 1. 193, formasi dengan kategori lulusan terbaik 137, kategori khusus penyandang disabilitas sejumlah 28 orang, serta 3 formasi khusu untuk pemuda pemudi  terbaik Papua serta Papua Barat.

Pada rekrutmen kali ini, Kemenag membuka kesempatan bagi msyarakat dengan kualifikasi pendidikan D3 sampai S3. Pendaftar dengan ijazah minimal DIII akan mengisi beberapa posisi yang dibutuhkan, antara lain : administrasi keuangan, Pengelola asrama, pengelola benda milik negeri, pengelola informasi dan beberapa posisi lain.

 

Anda Berminat, Lengkapi Syarat Umum CPNS Kemenag dibawah ini !

  1. Warga Negeri Indonesia( WNI)
  2. Usia paling rendah 18 tahun serta paling maksimal 35 tahun saat mengajukan lamaran, kecuali untuk formasi dosen dengan kualifikasi pembelajaran S3, usia maksimal 40 tahun saat mengajukan lamaran.
  3. Tidak pernah menjalani pidana dengan pidana penjara minimal 2 tahun atau lebih
  4. Tidak sempat diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri ataupun tidak dengan hormat selaku PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), anggota Polri, ataupun diberhentikan tidak dengan hormat selaku pegawai swasta
  5. Tidak berkedudukan selaku calon PNS, PNS, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI), ataupun anggota Polri
  6. Tidak jadi anggota ataupun pengurus partai politik dan tidak ikut serta dalam politik praktis
  7. Mempunyai kualifikasi pembelajaran seusai dengan persyaratan jabatan yang dituju
  8. Sehat jasmani dan rohani cocok dengan persyaratan jabatan yang dilamar
  9. Bersedia ditempatkan di semua penjuru di Negeri Kesatuan Republik Indonesia ataupun luar negeri sesuai ketentuan
  10. Mematuhi segala syarat peraturan perundang- undangan di Kemenag.
Trending:  Buka 766 Formasi di CPNS Kementan 2021, Simak Detail Informasinya !

Tidak hanya Formasi Umum, CPNS Kemenag juga membuka Formasi Khusus,

Syarat Khusus Registrasi CPNS Kemenag 2021

  1. Formasi Pemuda/Pemudi lulusan terbaik
    • Memiliki jenjang pembelajaran paling rendah sarjana
    • Tidak termasuk D4
    • Lulusan perguruan tinggi dari dalam negeri dengan predikat kelulusan dengan pujian ataupun cumlaude dan berasal dari perguruan tinggi yang memiliki Akreditasi A/ unggul serta program riset dengan akreditasi yang sama saat dinyatakan lulus.
  1. Formasi penyandang disabilitas
    • Pendaftar yang mempunyai keterbatasan( disabilitas) fisik tertentu dengan menyertakan surat keterangan dari dokter atau rumah sakit pemerintah bisa juga puskesmas terdekat yang menerangkan jenis atau tingkatan derajat kedisabilitasannya
  1. Formasi putra- putri Papua serta Papua Barat
    • Pendaftar adalah generasi Papua ataupun Papua Barat menurut garis generasi ayah ataupun ibu asli Papua atau Papua Barat yang dibuktikan dengan akta kelahiran ataupun surat ketarangan lahir dan surat keterangan dari sesepuh adat atau kepala suku
  1. Pendaftar formasi jabatan Penghulu harus beragama Islam serta berjenis kelamin laki- laki
  2. Pendaftar posisi penyuluh agama harus beragama serta sesuai dengan agama formasi penyuluh yang dituju
  3. Pendaftar formasi jabatan pada satuan kerja Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal ( BPJPH) harus mempunyai kemampuan dalam bahasa Inggris yang dibuktikan dengan hasil TOEFL dengan skor minimun 450/ hasil uji IELTS dengan skor minimun 4. 0, terkecuali untuk formasi jabatan analis laporan keuangan pada BPJPH.

 

Informasi lengkap terkait pelaksanaan CPNS Kemenag 2021 bisa diakses melalui https://kemenag.go.id/ atau situs BKN https://sscasn.bkn.go.id/.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *