Cara Screenshot Panjang di Laptop, Mudah dan Praktis !

Azza Azzahra

Cara Screenshot Panjang di Laptop, Mudah dan Praktis !

Cara Screenshot Panjang di Laptop – Dalam kehidupan sehari-hari, seringkali kita ingin mengabadikan tampilan layar penuh sebuah website, teks panjang, atau mungkin percakapan yang penting.

Namun, terkadang ukuran tampilan tersebut melebihi batas layar laptop kita. Jangan khawatir, ada cara untuk mengatasi masalah ini dengan melakukan screenshot panjang di laptop.

Dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa metode yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan tangkapan layar panjang dengan mudah dan praktis.

Baca Juga : Beragam Cara Screenshot di Android Menurut Versinya

Cara Screenshot Panjang di Laptop

  1. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Salah satu cara termudah untuk melakukan screenshot panjang di laptop adalah dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Di internet, Anda dapat menemukan berbagai macam aplikasi yang dirancang khusus untuk melakukan tangkapan layar panjang.

Beberapa aplikasi populer seperti Snagit, Greenshot, atau Lightshot dapat membantu Anda dalam membuat screenshot panjang dengan cepat dan efisien.

Setelah menginstal aplikasi tersebut, ikuti panduan penggunaan yang disediakan oleh masing-masing aplikasi untuk mulai melakukan tangkapan layar panjang.

  1. Scroll Capture pada Pengaturan Laptop

Beberapa laptop modern memiliki fitur scroll capture yang sudah tertanam dalam pengaturan sistemnya, terutama bagi pengguna Windows 10.

Fitur ini memungkinkan Anda untuk melakukan tangkapan layar panjang tanpa perlu mengunduh aplikasi tambahan. Untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkah berikut:

Buka halaman atau dokumen yang ingin Anda screenshot.

  • Tekan tombol “Windows + Shift + S” pada keyboard Anda. Ini akan memicu fitur tangkapan layar Windows 10.
  • Pilih opsi scroll capture dari menu yang muncul (biasanya berupa ikon panah).
  • Gulir halaman atau dokumen Anda ke arah yang diinginkan, dan otomatis gambar akan terus ditambahkan hingga Anda menghentikan guliran.
  • Setelah selesai, gambar tangkapan layar panjang akan disimpan di clipboard. Anda bisa menempelkannya ke program pengeditan gambar seperti Paint atau Word untuk menyimpan atau mengeditnya.
  1. Kombinasi Tangkapan Layar Biasa

Alternatif lain yang bisa Anda coba adalah menggunakan kombinasi tombol tangkapan layar biasa dan menggabungkannya secara manual. Caranya adalah sebagai berikut:

  • Tekan tombol “Print Screen” pada keyboard Anda. Tombol ini akan mengambil tangkapan layar penuh dan menyimpannya di clipboard.
  • Buka program pengeditan gambar seperti Paint atau Word.
  • Tempelkan tangkapan layar dengan menekan tombol “Ctrl + V”.
  • Gulir halaman atau dokumen yang ingin Anda ambil tangkapan layarnya.
  • Lakukan tangkapan layar biasa lagi dengan menekan tombol “Print Screen”.
  • Tempelkan sekali lagi di program pengeditan gambar. Anda akan melihat citra tangkapan layar tambahan melekat di bawah yang pertama.
  • Arahkan dan susun gambar-gambar tersebut sehingga menciptakan tampilan tangkapan layar panjang yang diinginkan.
  • Jika perlu, Anda dapat menggunakan alat pemotong atau pengeditan lainnya pada program tersebut untuk menyempurnakan gambar.

Baca Juga :Langkah Mudah Screenshot Macbook, Tanpa Aplikasi Tambahan

Dengan mengikuti salah satu metode di atas, Anda bisa dengan mudah membuat screenshot panjang di laptop. Pilihlah cara yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.

Setiap laptop mungkin memiliki perbedaan dalam opsi pengaturan dan kombinasi tombol yang tersedia.

Jadi, pastikan Anda memeriksa petunjuk penggunaan khusus laptop Anda jika Anda kesulitan menemukan fitur scroll capture atau kombinasi tombol tangkapan layar.

Also Read

Ads - Before Footer