Cara Screenshot di laptop

Cara Screenshot di Laptop Windows, Mudah dan Sederhana

Sama seperti pada handphone, laptop mempunyai fitur screenshot. sebuah cara untuk ambil penampilan gambar pada suatu monitor seperti laptop, computer dan handphone. Kali ini, kita akan bahas Cara Screenshot di Laptop dengan software Windows.

Tetapi ternyata masih ada yang bingung bagaimana cara mengambilnya khususnya untuk computer berbasiskan Windows. Bahkan mungkin anda pernah coba dengan menekan tombol Print Screen (PrtScr) tetapi tidak ada apa-apa?

Nah, buat yang sudah mengetahui, kalian mungkin belum mengetahui jika masih banyak gabungan dan sistem lain untuk ambil screenshot di computer.

Berikut 7 Cara Screenshot di Laptop,  Gampang dan Sederhana dengan Memakai Keyboard.

  1. Memakai Tombol PrtScr

prtsc

Dengan memakai sistem ini semua sisi monitor akan tertangkap dengan 1 kali tekan. Triknya pencet tombol PrtScr yang umumnya berada di segi atas kanan keyboard. Nanti hasil screenshot akan disimpan di clipboard dan kemudian mem-paste-nya.

Untuk melihat hasilnya, membuka program Paint dan tulis screenshot yang baru diambil dengan tombol Ctrl+V. Setelah hasil kelihatan di monitor, kalian tinggal simpan gambar itu dengan click gambar disket disamping atas kiri.

  1. Memakai Tombol Alt + PrtScr

alt+prtscr

Cara ini dapat dipakai untuk ambil screenshot hanya dari jendela yang aktif. Caranya pencet tombol Alt dan PrtScr secara bersamaan.

Sesudahnya, ulang cara mengopi gambar dari clipboard di Microsoft Paint seperti di atas. Perlu diketahui jika di sejumlah computer  kemungkinan harus menekan tombol Alt + Fn + PrtScr.

  1. Memakai Tombol Windows + PrtScr

win+prtscn

Ini sebagai cara yang paling efektif dan cepat untuk ambil screenshot di laptop. Karena, tak perlu repot mengopi gambar di Microsoft Paint. Tetapi, perlu diingat jika sistem ini hanya dapat dipakai di Windows 10.

Caranya dengan memencet tombol dengan simbol Windows (yang ada di tombol Alt dan Ctrl) dan tombol PrtScr secara bersamaan sampai monitor berkedip-kedip. Kemudian, untuk melihat hasil screenshot dapat ke directory C:Users[nama user]PicturesScreenshots.

  1. Memakai Tombol Windows + Shift + S

win+shift+S

Dengan tekan gabungan tombol ini monitor laptop akan kelihatan beralih menjadi abu-abu dan cursor berbeda wujud jadi icon plus. anda dapat pilih tempat detail di monitor yang ingin diambil screenshot-nya dengan cara click dan drag.

Trending:  Cara Mengembalikan Akun Twitter Yang Ditangguhkan Atau Suspend

Screenshot dari tempat yang dipilih akan disalin ke clipboard. Untuk melihat hasilnya, kalian dapat mengopi gambar itu ke program Microsoft Paint seperti sistem pertama dan ke-2 .

  1. Memakai Snipping Tool

Snipping Tool

Snipping tool sudah lama jadi sisi dari Windows, program ini pertama kalinya dikenalkan di Windows Vista. Program ini dapat mengambil screenshot dengan pola yang lebih fleksibel seperti tempat berbentuk bebas, segi panjang, jendela aktif nya saja, atau monitor penuh.

Cara memakainya cukup membuka program Snipping Tool. Sesudah jendelanya tampil tentukan pilihan New atau bila ingin pilih bentuk yang spesifik, click tanda panah yang berada di sisi kirinya.

Kemudian tentukan tempat monitor yang ingin diambil screenshot-nya. Selanjutnya preview screenshot akan diperlihatkan dan kalian dapat menyimpan screenshot yang diambil dengan klik icon disket disamping atas kiri.

  1. Memakai Games Bar

Games Bar

Windows 10 mempunyai fitur Games Bar yang memungkinkan pengguna untuk merekan kutipan dari games dan ambil screenshot dari games Windows. Saat sebelum memakai Games Bar, harus buka program Xbox yang disebut fitur bawaan Windows 10.

Membuka pengaturan di program itu, dan mencari pilihan Games DVR. Kemudian klik toggle “Take screenshots using Games DVR”. Anda dapat memakai gabungan standar yakni tombol Windows + G, atau kalian dapat memasukkan kombinasi tombol opsi kalian sendiri untuk buka Games Bar.

Saat ingin ambil screenshot, pencet tombol Windows + G atau tombol opsi kalian, dan click kotak “Yes, this is a games” bila ada. Kemudian click icon camera yang ada atau pencet Windows + Alt + PrtScr untuk ambil screenshot. Hasil screenshot bisa diilihat di C:Users[nama user]VideosCaptures.

  1. Memakai Program Dropbox

Layanan cloud Dropbox dapat kalian pakai untuk ambil screenshot secara cepat dan automatis. Untuk aktifkan fitur ini, pastikan program Dropbox telah dipasang dan terbuka di computer. Kemudian, klik photo profile kalian yang berada di sisi atas kanan dan tentukan menu Preferences.

Trending:  Redmi Luncurkan Laptop Gaming Sangar Dengan Harga Terjangkau

Kemudian klik pilihan Impor, dan berikan tanda contreng di kotak dengan tulisan “Save screenshots to your Dropbox”. Untuk simpan screenshot ini lumayan gampang. Bagi pengguna sistem operasi Windows, cukup menekan Print Screen dan Dropbox langsung akan menyimpan di account anda.

Bila menekan Ctrl + Print Screen, maka dapat menyimpan screenshot ke akun Dropbox dan meng-copy linknya, lalu mempaste link itu ke body e-mail, Facebook, atau yang lain. Untuk menyaksikan hasil screenshot, kalian dapat ke folder Dropbox yang berada di Windows Explorer dan masuk ke folder Screenshots.