Cara Mudah Mematikan Lampu Keyboard di Laptop Asus TUF Gaming

Warta Berita Baru

Cara Mematikan Lampu Keyboard Laptop Asus TUF Gaming

Lampu Keyboard Laptop Asus TUF Gaming

Jika Anda merasa terganggu dengan cahaya yang dipancarkan oleh lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming, Anda dapat mematikannya dengan mudah. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming dengan menggunakan fungsi keyboard dan juga dengan menggunakan perangkat lunak khusus.

Menggunakan Fungsi Keyboard

Cara termudah untuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming adalah dengan menggunakan fungsi keyboard. Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, cari tombol “Fn” pada keyboard laptop Anda. Biasanya tombol “Fn” terletak di pojok kanan bawah keyboard.
  2. Selanjutnya, cari tombol dengan gambar lampu atau backlight keyboard. Tombol ini dapat berbeda-beda tergantung model laptop Asus TUF Gaming yang Anda miliki. Namun biasanya tombol ini dilengkapi dengan gambar lampu atau ikon keyboard.
  3. Tekan tombol “Fn” dan tombol dengan gambar lampu secara bersamaan hingga lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming mati. Untuk menghidupkan kembali lampu keyboard, Anda dapat mengulangi langkah-langkah yang sama.

Dengan menggunakan fungsi keyboard, Anda dapat mematikan dan menghidupkan kembali lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming dengan mudah dan cepat.

Cara Mematikan Lampu Keyboard Menggunakan Fungsi Keyboard

Cara Mematikan Lampu Keyboard Menggunakan Fungsi Keyboard

Bagi para gamers atau orang yang sering bekerja pada malam hari, lampu keyboard yang terang kadang dapat mengganggu konsentrasi. Nah, untuk mengatasi masalah ini, pengguna laptop Asus TUF Gaming dapat mematikan lampu keyboard dengan mudah dan cepat. Cara pertama adalah dengan menggunakan fungsi keyboard.

Untuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming, pengguna dapat menggunakan shortcut keyboard berikut ini:

  • FN + A: mematikan/menyalakan lampu keyboard
  • FN + F4: mengurangi kecerahan lampu keyboard
  • FN + F3: meningkatkan kecerahan lampu keyboard

Jadi, pengguna hanya perlu menekan tombol FN dan kombinasi tombol di atas untuk mengendalikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming.

Fungsi Keyboard pada Laptop Asus TUF Gaming untuk Mematikan Lampu Keyboard

Shortcut keyboard pada laptop Asus TUF Gaming memudahkan pengguna dalam mengendalikan lampu keyboard. Pengguna dapat mematikan/menyalakan lampu keyboard dengan menekan FN + A, serta mengatur kecerahan lampu keyboard dengan menekan FN + F4 (mengurangi kecerahan) dan FN + F3 (meningkatkan kecerahan). Dengan cara ini, pengguna dapat mengatur lampu keyboard sesuai dengan kebutuhan dan menghindari hambatan yang muncul pada waktu-waktu tidak perlu. Jangan lupa, selalu periksa manual laptop Asus TUF Gaming untuk mengetahui lebih banyak tentang shortcut keyboard dan fitur-fitur lainnya yang tersedia pada laptop Anda. Mengatasi masalah lampu keyboard yang mengganggu ketika bermain game di Asus TUF Gaming

Cara Mematikan Lampu Keyboard Dari Aplikasi ASUS Aura

Cara Mematikan Lampu Keyboard Dari Aplikasi ASUS Aura

Banyak orang menggunakan laptop untuk bekerja ataupun bermain game. Asus TUF Gaming menjadi salah satu laptop gaming terbaik dengan spesifikasi yang memadai. Namun, terkadang lampu pada keyboard menjadi menganggu sehingga harus dimatikan, terutama jika Anda menggunakannya pada malam hari. Cara mudah dan cepat mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming adalah dengan menggunakan aplikasi ASUS Aura.

Unduh dan Instal Aplikasi ASUS Aura

Setelah mengetahui bahwa lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming dapat dimatikan melalui aplikasi ASUS Aura, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut dari situs resmi ASUS. Aplikasi ini tersedia secara gratis dan hanya membutuhkan sedikit ruang di laptop.

Setelah mengunduh aplikasi tersebut, Anda bisa membukanya dengan mengklik ikon yang ada di desktop atau di menu Start. Jika Anda mengalami kesulitan melakukan hal tersebut, sebaiknya membaca panduan yang sudah disediakan oleh ASUS.

Atur Lampu Pada Keyboard

Setelah Anda membuka aplikasi ASUS Aura, langkah selanjutnya adalah mematikan lampu pada keyboard. Caranya mudah, yaitu dengan memilih opsi “Lighting control”. Pilih bagian keyboard pada perangkat, lalu cari opsi “off”. Setelah itu, Anda bisa menekan tombol “Apply” dan lampu pada keyboard akan dimatikan.

Selain mematikan lampu pada keyboard, Anda juga bisa mengubah warna pada lampu dengan aplikasi ASUS Aura ini. Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna untuk membuat tampilan laptop terlihat lebih menarik. Jadi, Anda tidak akan bosan dengan tampilan laptop yang itu-itu saja.

Demikian cara mematikan lampu pada keyboard laptop Asus TUF Gaming melalui aplikasi ASUS Aura. Cara ini cukup mudah dan cepat dilakukan. Anda tidak perlu khawatir lagi jika lampu pada keyboard Anda mengganggu ketika Anda sedang bermain game atau bekerja pada waktu malam. Selamat mencoba!

Cara mematikan laptop Asus dengan menggunakan keyboard

Cara Mengubah Mode Pencahayaan Keyboard Asus TUF Gaming

Asus TUF Gaming Keyboard

Asus TUF Gaming merupakan seri laptop gaming yang banyak digandrungi oleh para penggemar game. Salah satu fitur unggulan dari laptop tersebut adalah pencahayaan pada keyboard yang bisa diubah-ubah mode pencahayaannya. Cara ketiga yang bisa dilakukan untuk mengubah mode pencahayaan keyboard pada laptop Asus TUF Gaming adalah dengan menggunakan aplikasi ROG Armory Crate.

Aplikasi ROG Armory Crate adalah program bawaan dari Asus TUF Gaming yang dapat digunakan untuk mengatur berbagai macam fitur di dalam laptop, termasuk pencahayaan keyboard. Berikut langkah-langkahnya:

Langkah-Langkah Mengubah Mode Pencahayaan Keyboard dengan ROG Armory Crate

Pertama-tama, pastikan laptop sudah terhubung dengan internet agar aplikasi ROG Armory Crate dapat digunakan. Kemudian, ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Buka aplikasi ROG Armory Crate yang sudah terpasang di laptop Asus TUF Gaming Anda

2. Pada menu utama aplikasi, pilih ikon “Lighting” yang terdapat pada bagian paling kiri

3. Setelah itu, pilih mode pencahayaan yang diinginkan pada daftar “Lighting Effects”. ROG Armory Crate menyediakan beberapa opsi mode pencahayaan yang bisa Anda pilih, seperti “Breathing”, “Strobing”, “Color Cycle”, “Rainbow”, dan masih banyak lagi

4. Untuk menghentikan pencahayaan keyboard pada Asus TUF Gaming, Anda bisa memilih opsi “Off” pada daftar “Lighting Effects”

5. Setelah selesai memilih mode pencahayaan, klik “Apply” atau “OK” untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan. Keyboard pada Asus TUF Gaming akan otomatis berubah menjadi mode pencahayaan yang telah dipilih

Dengan menggunakan aplikasi ROG Armory Crate, mengubah mode pencahayaan keyboard pada laptop Asus TUF Gaming menjadi lebih mudah dan cepat. Anda bisa mengatur mode pencahayaan tersebut sesuai dengan selera dan mood Anda ketika sedang bermain game atau mengerjakan tugas pada malam hari.

Cara Mematikan Lampu Keyboard Menggunakan Pengaturan Windows

Cara Mematikan Lampu Keyboard Menggunakan Pengaturan Windows

Jika kamu ingin mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming, kamu bisa melakukannya melalui pengaturan Windows. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

Masuk ke Pengaturan Windows

1. Pertama, tekan tombol “Windows” + I pada keyboard laptop

2. Setelah itu, akan muncul jendela pengaturan Windows. Klik opsi “Perangkat” pada jendela tersebut.

3. Di menu Perangkat, pilih opsi “Keyboard”.

4. Pada opsi “Backlight”, ubah tombol pengaturan menjadi “Matikan”.

5. Terakhir, keluar dari pengaturan Windows dan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming kamu akan mati.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming dengan mudah dan cepat. Selamat mencoba!

Cara Mematikan Lampu Keyboard Menggunakan Aplikasi 3rd Party

Cara Mematikan Lampu Keyboard Menggunakan Aplikasi 3rd Party

Bagi pengguna laptop Asus TUF Gaming yang ingin mematikan lampu keyboard, cara kelima yang dapat dilakukan adalah melalui aplikasi pihak ketiga. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan aplikasi ini dapat mempengaruhi kinerja laptop dan keamanannya.

Sebelum memilih aplikasi pihak ketiga, pastikan untuk memeriksa kesesuaian dengan model laptop yang digunakan dan reputasi aplikasi tersebut. Beberapa aplikasi populer yang dapat digunakan untuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming antara lain:

1. Aura Creator

Aura Creator merupakan aplikasi resmi dari Asus yang dirancang khusus untuk mengubah tampilan lampu RGB pada laptop Asus TUF Gaming. Selain dapat mengontrol tampilan lampu, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mematikan lampu keyboard. Kelebihan dari Aura Creator adalah pengaturan lampu dapat disesuaikan dengan tema atau mode permainan yang sedang dimainkan, untuk memberikan pengalaman bermain yang lebih imersif. Namun, penggunaan aplikasi ini hanya dapat dilakukan pada laptop Asus TUF Gaming.

2. SharpKeys

SharpKeys adalah aplikasi open-source yang dapat digunakan untuk mengatur fungsi tombol pada keyboard, termasuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming. Dengan menggunakan SharpKeys, pengguna dapat memetakan tombol yang tidak digunakan menjadi tombol yang dapat mematikan lampu keyboard dengan mudah. Aplikasi ini juga dapat digunakan pada berbagai jenis laptop dan keyboard eksternal.

3. Keyboard Lights

Keyboard Lights adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mematikan lampu keyboard di berbagai jenis laptop, termasuk Asus TUF Gaming. Aplikasi ini memiliki antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan, sehingga dapat dioperasikan tanpa perlu memiliki pengetahuan teknis yang mendalam. Selain fitur mematikan lampu, aplikasi ini juga dapat digunakan untuk mengatur tampilan satu warna atau warna berganti-ganti pada lampu keyboard.

4. DimScreen

DimScreen adalah aplikasi yang dirancang untuk mengurangi kecerahan layar pada laptop. Namun, aplikasi ini juga memiliki fitur untuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming. Untuk mematikan lampu keyboard menggunakan DimScreen, pengguna dapat memilih opsi “Blank” pada menu “Dim Level”. Aplikasi ini dapat digunakan pada berbagai jenis laptop dan juga berguna untuk menghemat penggunaan daya baterai.

5. LightBulb

LightBulb adalah aplikasi yang dapat digunakan untuk mengatur kecerahan layar serta mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming. Aplikasi ini menerapkan teknologi pengaturan cahaya yang disesuaikan dengan waktu sehari-hari, untuk mengurangi efek kelelahan mata. Untuk mematikan lampu keyboard, pengguna dapat memilih opsi “Night Mode” pada menu “Temperatur Warna”. Aplikasi ini kompatibel dengan berbagai jenis laptop dan juga dapat membantu menghemat konsumsi daya baterai.

Penutup

Pilihan aplikasi pihak ketiga untuk mematikan lampu keyboard pada laptop Asus TUF Gaming dapat mempengaruhi pengalaman pengguna saat bermain game atau bekerja di tempat yang minim cahaya. Namun, perhatikan reputasi dan kesesuaian aplikasi dengan model laptop yang digunakan agar tidak terjadi masalah yang lebih besar pada laptop. Sebaiknya periksa juga keamanan aplikasi tersebut sebelum melakukan instalasi pada laptop Anda.

Cara Mereset Pengaturan Keyboard Asus TUF Gaming

Cara Mereset Pengaturan Keyboard Asus TUF Gaming

Keyboard laptop memang seringkali menjadi masalah bagi para pengguna, terutama jika pengaturannya bermasalah sehingga penggunaan menjadi tidak nyaman dan mengganggu kenyamanan. Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan mereset pengaturan keyboard pada laptop Asus TUF Gaming, yang dapat dilakukan dengan mudah menggunakan aplikasi Armoury Crate. Berikut adalah panduan untuk melakukan reset pengaturan keyboard yang akan membantu Anda mengatasi masalah ini.

Proses Mereset

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Armoury Crate di laptop Asus TUF Gaming Anda. Setelah aplikasi terbuka, klik pada opsi “Keyboard” dan pilih “Default”. Tunggu beberapa saat hingga pengaturan keyboard laptop berhasil diatur ulang dengan berhasil. Proses ini dapat memakan waktu beberapa menit tergantung pada spesifikasi laptop Anda.

Langkah detil untuk Mengatasi Masalah pada Keyboard

1. Cek Tombol Keyboard yang Bermasalah

Jika tombol keyboard pada laptop Anda bermasalah, tahap pertama yang harus dilakukan adalah mengidentifikasi tombol mana yang bermasalah. Caranya dengan mencoba menekan setiap tombol satu per satu dan memperhatikan reaksinya pada layar. Jika ada tombol yang tidak merespon dengan baik, Anda dapat menyimpannya pada daftar untuk diperbaiki di langkah berikutnya.

2. Bersihkan Keyboard Laptop Anda

Tahap berikutnya adalah dengan membersihkan keyboard dari debu atau kotoran yang mungkin menempel di setiap tombol yang menyebabkan ketidaknyamanan. Membersihkan keyboard dapat dilakukan secara manual menggunakan spons atau karet atau menggunakan vacuum cleaner dengan penghisap debu. Pastikan pembersihan dilakukan secara hati-hati tanpa merusak setiap bagian keyboard laptop Anda.

3. Gunakan Perangkat Lunak Antivirus

Jika masalah keyboard terjadi karena gangguan virus yang menyerang sistem laptop Anda, maka tahap selanjutnya adalah dengan menggunakan perangkat lunak antivirus yang dapat Anda gunakan untuk memindai virus dan malware yang menempel di laptop Anda. Setelah menghapus virus, cobalah untuk mencoba pengaturan keyboard pada laptop Asus TUF Gaming Anda secara normal.

4. Hubungi Layanan Teknis ASUS

Jika setelah melakukan tes dan perbaikan pada setiap tombol keyboard, tapi masalah tetap ada, maka tahap terakhir adalah dengan menghubungi layanan teknis ASUS untuk melihat dan mencari tahu masalah secara lebih detil. Para teknisi ASUS yang ahli dan profesional akan menawarkan solusi terbaik untuk mengatasi masalah keyboard Asus TUF Gaming milik Anda.

Dengan demikian, ketika mengalami masalah pada keyboard laptop Asus TUF Gaming, Anda dapat mencoba memperbaiki masalah tersebut dengan memulai proses mereset pengaturan keyboard dan langkah-langkah detil dalam mengatasi masalah keyboard. Jika setelah melakukan langkah-langkah tersebut, masalah tetap ada, tinggal menghubungi layanan teknis ASUS untuk membantu Anda menyelesaikan masalah yang Anda alami.

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Asus TUF Gaming

Cara Membersihkan Keyboard Laptop Asus TUF Gaming

Jika Anda menggunakan keyboard laptop Asus TUF Gaming secara teratur, maka akan menjadi cepat terkumpul debu dan kotoran pada keyboard. Kebersihan keyboard laptop Asus TUF Gaming sangat penting, karena jika terlalu lama tidak dibersihkan akan mengganggu kinerja keyboard tersebut. Berikut adalah cara membersihkan keyboard laptop Asus TUF Gaming:

Langkah-langkah Membersihkan Keyboard

1. Pertama, matikan laptop Asus TUF Gaming dan lepas kabel listrik agar aman ketika membersihkan keyboard.

2. Kemudian bersihkan permukaan keyboard menggunakan kuas lembut atau bisa juga menggunakan cotton bud, sehingga debu dan kotoran yang menempel dapat terangkat.

3. Langkah selanjutnya adalah menyemprotkan gas semprot atau compressed air ke arah sela-sela tombol keyboard untuk membersihkan debu atau kotoran yang tidak bisa dijangkau.

4. Setelah itu, gunakan cairan pembersih keyboard atau alkohol isopropil yang dioleskan pada cotton bud agar bisa membersihkan sisa-sisa debu dan kotoran yang menempel pada keyboard. Pastikan noda yang susah hilang seperti noda ketahanan permanen tidak menggunakan bahan cairan apapun karena bisa merusak permukaan keyboard.

5. Jangan lupa membersihkan bagian bawah keyboard laptop Asus TUF Gaming. Pembersihan bagian ini sangat penting untuk menjaga keyboard tetap dalam keadaan bersih.

6. Setelah membersihkan keyboard, jangan langsung digunakan. Tunggu sampai cairan pembersih yang digunakan kering terlebih dahulu agar tidak merusak keyboard ke depannya.

7. Terakhir, pasang kembali kabel listrik dan hidupkan laptop Asus TUF Gaming untuk memastikan keyboard berfungsi dengan baik setelah dibersihkan.

Penggunaan Pembersih Aman untuk Keyboard

Pembersih yang aman untuk membersihkan keyboard laptop Asus TUF Gaming bisa melakukan sendiri dengan bahan-bahan yang tersedia di dapur, seperti alkohol, cuka, dan air mineral. Jangan pernah menggunakan bahan yang mengandung kandungan bahan kimia yang bisa merusak keyboard laptop. Pastikan Anda membeli pembersih keyboard atau membeli compressed air sebagai alternatif dalam membersihkan keyboard laptop Asus TUF Gaming.

Cara mudah mengaktifkan keyboard laptop Asus yang terkunci

Also Read

Ads - Before Footer