Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas

Cara Menyimpan Makanan Di Kulkas, Agar Awet dan Tak Mudah Hancur

Pernahkah anda punya makanan yang nggak habis ? baik itu hidangan beli atau hasil memasak dirumah. di zaman yang sudah canggih seperti sekarang. Hampir semua orang mempunyai lemari pendingin yang bisa untuk menyimpan makanan. Namun, perlu cara menyimpan makanan di kulkas yang benar agar makanan tidak terbuang lagi.

satu diantara perihal yang seringkali dilakukan manusia yaitu buang bahan makanan. Sebabnya begitu bervariasi, dimulai dari sudah tak fresh, melalui batasan tanggal lewat waktu tertentu sampai lupa menaruh makanan itu di almari es sampai akhirnya malah basi.

Namun, kebiasaan ini bisa diganti apalagi terpengaruhnya ekonomi akhir akhir ini membuat sebisa mungkin kita bisa bertahan di segala kondisi.

Atau anda sengaja membeli makanan dalam jumlah yang agak banyak agar tidak bolak balok membeli sebagai antisipasi atau cadangan dalam beberapa hari kedepan.

Misalnya, sengaja satu minggu sekali dengan membeli semua bahan makanan yang diperkirakan cukup untuk waktu seminggu kedepan. Mulai dari sayur, lauk tahu tempe sampai ikan laut atau bahkan ikan ayam dan daging sapi.

Tentu saja, beda makanan akan beda cara menyimpannya agar awet dan sesuai dengan karakteristik bahan makanan itu sendiri.

Itulah sebabnya, perlu cara menyimpan makanan di kulkas yang tepat, agar makanan kita awet atau tidak basi serta tidak mengurangi nilai gizi.

Dokter Ahli Nutrisi Klinik Penasihat Gizi di Masalah Metabolisme Nutrisi Puri Elok, dr Ida Gunawan, MS, SpGK (K) memberi sejumlah teknik.

Berikut Cara Menyimpan Makanan di Kulkas agar Makanan Kita Tak Mudah Hancur.

  1. Tutup rapat

Sewaktu makanan udah selesai diolah serta bakal ditaruh di kulkas, pastikan menyimpannya di area yang tepat serta dalam kondisi yang tertutup rapat. Sekarang juga sudah banyak yang menjual wadah tertutup rapat yang gampang dijumpai.

Trending:  Microsoft Akan Luncurkan Windows 11, Nasib Pengguna Windows 7 & 8.1 ?

menyimpan makanan

  1. Simpan di area yang cocok

Kenali betul tempat untuk menyimpan yang cocok buat tiap-tiap macam makanan. Misalnya nih Daging-dagingan,  makanan seperti ini semestinya ditaruh di freezer. Baik itu daging ayam, ataupun daging sapi dan ikan laut.

Sementara itu, buah serta sayur biasanya punya tempat spesial sendiri di kulkas. Tidak boleh tercampur-campur serta mesti tahu tempat penyimpanannya, apa di freezer atau kulkas biasa.

  1. Memanasi Secara Benar

Sewaktu ingin menghangatkan makanan, pastikan mengambil pada jumlah yang sesuai dengan kebutuhan.

Apabila ambil jumlah yang kebanyakan, makanan kemungkinan bakal bersisa serta akan dimasukkan kembali pada kulkas lalu dikeluarkan kembali saat akan disantap pada waktu berikutnya.

“Itu bakal mengurangi nilai nutrisi, karena proses pemanasan yang berulang kali,”

Disamping nilai nutrisi yang menyusut, proses pemanasan berulang kali dapat juga memperbanyak kandungan lemak trans di makanan yang tidak baik buat kesehatan.

Makan makanan tinggi lemak trans bisa berperan terhadap penambahan persentase cholesterol jahat (LDL) di dalam darah serta meningkatkan efek penyakit kritis, seperti penyakit stroke serta jantung.

“Jadi dipanaskan sesuai dengan kebutuhan. jikalau kurang, baru ditambahkan lagi.