Cara Meningkatkan Performa Laptop Lama secara Mudah

Warta Berita Baru

Cara meningkatkan performa laptop tentu saja sangat penting bagi user atau pengguna. Laptop yang memiliki performa bagus atau tinggi sangat mempermudah dan tentu saja mempercepat pekerjaan.

Ibarat kamu ingin mendesain gambar tertentu, jika laptop atau komputer yang dimiliki memiliki performa tinggi, tentu saja proses desain berlangsung cepat. Kamu tidak akan direpotkan dengan proses loading lama ketika membuka atau menutup aplikasi.

Kamu juga tidak akan menunggu waktu lama ketika ingin mengubah atau mengonversikan file dalam format tertentu. Semua prosesnya begitu cepat sehingga sangat menghemat waktu.

Jika kamu masih menggunakan laptop lama dan terkadang mengalami proses booting atau masuk ke menu begitu lama, sangat memungkinkan laptop membutuhkan proses peningkatan performa. Berikut di antaranya beragam langkah untuk meningkatkan performa gadget.

Cara Meningkatkan Performa Laptop dengan Membersihkan File Sampah secara Rutin


Membersihkan file sampah memang terbukti ampuh untuk meningkatkan performa dan kinerja laptop. File sampah menumpuk dan terlalu banyak akan mengurangi kapasitas penyimpanan atau memori.

Anda mungkin akan heran saat kapasitas penyimpanan internal atau drive C kian menyusut. Hal ini dikarenakan file sampah atau junk file sudah terlalu banyak.

Misalnya saja cache atau data yang tersimpan dari proses menginstall aplikasi atau redundant, hingga file temporer bekas kamu membuka browser. Di sisi lain, adanya file cache memang mempercepat proses aplikasi bekerja.

Artinya adanya data yang tersimpan dari situs tertentu memang dapat mempercepat kinerja aplikasi. Namun jika jumlahnya terlalu banyak, tentu saja dapat mengurangi performa laptop.

Oleh karena itu, kamu perlu membersihkan file sampah secara rutin. Caranya adalah mengklik “windows” plus huruf R, setelah masuk ke menu perintah “run”, lalu klik “temp” kemudian enter.

Kamu akan berada di sebuah halaman Windows Explorer. Kamu akan menjumpai beragam file sampah, untuk mempercepat proses hapus, klik “Ctrl” plus A, dan klik delete, seluruh file sampah akan terhapus.

Cara meningkatkan performa laptop dengan menghapus file sampah juga mudah dilakukan. Kamu dapat membuka Windows Explorer, lalu mengklik kanan drive C, kemudian klik tab Tools dan pilih Check.


Laptop akan memproses untuk proses penghapusan file sampah. Kamu hanya tinggal menunggu proses penghapusan file selesai.

Cara Meningkatkan Performa Laptop dengan Menonaktifkan Aplikasi tidak Penting di Latar Belakang

Cara meningkatkan performa laptop yang juga dapat dilakukan adalah menonaktifkan seluruh aplikasi tidak penting di latar belakang. Terkadang, tanpa kita sadari, kita sering membuka aplikasi secara bersamaan.

Padahal aplikasi yang sedang berjalan bisa saja tidak kita butuhkan. Jika aplikasi tidak penting dibiarkan berjalan terus menerus, bisa saja berpengaruh pada performa laptop semakin menurun.

Hal tersebut dikarenakan resource atau sumber daya yang dibutuhkan juga semakin besar. Tentu saja perangkat akan bekerja lebih keras agar semua aplikasi yang diinginkan dapat berjalan.

Cara untuk menutup aplikasi yang tidak penting di latar belakang adalah berbeda-beda tergantung dengan sistem operasi. Misalnya untuk sistem operasi Windows 7, XP, serta 98 caranya adalah mengklik Windows plus huruf R.


Setelah menu perintah “Run” muncul, kamu dapat mengetik “msconfig” di kolom yang tersedia. Setelah muncul menu, kamu dapat memilih dan mengklik “Startup”.

Menu Startup akan menampilkan seluruh aplikasi yang berjalan. Jika dalam status tertulis “Enable”, artinya aplikasi tersebut masih berjalan.

Jika ingin menonaktifkan aplikasi, Kamu dapat memilih dan mengklik status yang tertulis “Enabled”, lalu laptop akan mengubah menjadi “Disabled”. Otomatis aplikasi yang berjalan akan berhenti.

Membersihkan Registry yang tidak Terpakai untuk Meningkatkan Performa Laptop

Cara meningkatkan performa laptop juga dapat dilakukan dengan membersihkan registry yang tidak terpakai. Registry adalah file yang berisi seluruh informasi mengenai aktivitas perangkat keras tertentu.

Memang file registry memiliki peran yang sangat penting, namun jika dibiarkan terus menerus, jumlahnya akan semakin banyak. Tentu saja hal tersebut akan mengganggu sistem penyimpanan.

 

Kamu dapat menggunakan bantuan pihak ketika untuk membersihkan file registry yang menumpuk. Misalnya saja menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti CCleaner.

 

Aplikasi CCleaner memang sudah cukup populer di kalangan pecinta gadget maupun orang yang paham teknologi. Aplikasi CCleaner memang dapat mengoptimalkan kinerja perangkat komputer serta membersihkan file registry.

Kamu bisa mendapatkan aplikasi CCleaner dengan mendownload secara gratis maupun menggunakan versi aplikasi yang berbayar atau Pro. Kamu dapat mendownload dan membeli CCleaner melalui website resmi.

 

Jika membeli aplikasi CCleaner di website resmi, kamu harus menyiapkan dana sekitar Rp 370.000. Kamu juga akan mendapatkan keunggulan aplikasi, seperti mencegahmu dari kehabisan ruang penyimpanan internal.

 

Menambahkan RAM sebagai Pilihan Cara Meningkatkan Performa Laptop


Langkah untuk meningkatkan performa laptop juga dapat dilakukan dengan menambahkan RAM. RAM adalah Random Acces Memory atau tempat penyimpanan data temporer.

RAM juga ibarat meja kerja yang memberikan keleluasaan untuk meletakkan barang-barang untuk bekerja. Dengan menambahkan ukuran RAM yang besar, tentu saja menjadi alternatif cara meningkatkan performa laptop.

Performa laptopmu dapat memproses perintah akan lebih cepat. Proses loading sebuah aplikasi yang dibuka juga menjadi lebih cepat.

Sebelum menambahkan RAM, kamu harus melakukan pengecekan laptop terlebih dahulu. Misalnya saja mengecek kapasitas maksimal motherboard untuk membaca RAM yang bisa digunakan.

Sehingga kamu tidak bisa sembarangan menambahkan ukuran RAM. Kamu juga perlu mengecek spesifikasi RAM, sebisa mungkin pemilihan RAM disamakan dengan existingnya, atau jika ingin melakukan upgrade kecepatan RAM, maka dapat diganti keduanya.

Dalam memilih spesifikasi RAM, tentu saja tidak dapat dilakukan sembarangan. Kamu dapat memilih RAM dari brand terkenal atau terpercaya untuk mendapatkan garansi.

Hal ini sangat penting diperhatikan, dikarenakan jika RAM yang sudah terlanjur dibeli mengalami kerusakan, pihak toko akan memberikan garansi. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkanmu.

Mengalihkan File Sistem ke SSD agar Performa Laptop Meningkat


Cara yang dapat dilakukan agar performa laptop meningkatkan adalah dengan mengalihkan file sistem ke perangkat penyimpanan SSD atau Solid state drive. Hal ini dilakukan agar memori penyimpanan internal tidak penuh.

Perangkat SSD juga memiliki keunggulan seperti kinerjanya lebih cepat namun membutuhkan konsumsi daya rendah. SSD juga dikenal memiliki beragam tipe, misalnya berbentuk seperti hardisk, MVMI, SSD dengan form factor 2.5 inchi, dan lain-lain.

Kamu juga sebaiknya memiliki SSD dari brand yang terkenal serta tepercaya. Misalnya Kingston, Sandisk, V-Gen dan lain-lain. Memilih brand tepercaya juga sangat penting, hal ini dilakukan bahwa produk yang kamu dapatkan benar-benar berkualitas.

Tidak hanya itu, jika setelah pembelian perangkat SSD mengalami masalah atau rusak, kamu juga akan mendapatkan garansi. Hal tersebut tentu saja sangat menguntungkanmu.

Kamu dapat membeli SSD di toko online maupun offline yang tepercaya. Kamu juga bisa melihat review pembeli agar semakin yakin terhadap kualitas barang.

Mengenai harga SSD juga sangat bervariasi, tergantung dari kapasitas serta merknya. Kamu dapat menyiapkan dana mulai dari Rp550.000 untuk mendapatkan perangkat SSD dengan kapasitas sekitar 256 GB.

Performa laptop yang tinggi tentu saja sangat bermanfaat untuk menunjang pekerjaan, yakni kinerja lebih cepat. Ada beragam cara meningkatkan performa laptop, kamu dapat menjalankan beberapa langkah sekaligus maupun memilih sesuai kebutuhan.

Also Read

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer