Cara Menghilangkan Noise di Photoshop dengan Mudah dan Efektif – Panduan Terbaru

Warta Berita Baru

Pengenalan

Kebisingan Noise di fotografi digital dan cara menghilangkannya

Kebisingan atau noise adalah gangguan yang sering terjadi pada foto digital karena adanya peningkatan ISO atau efek dari pemrosesan gambar. Kebisingan ini dapat membuat gambar terlihat tidak rapi dan kurang tajam. Nah, pada artikel kali ini, kami akan membahas cara menghilangkan noise di Photoshop.

1. Menggunakan Fitur Reduce Noise di Photoshop

Menggunakan Fitur Reduce Noise di Photoshop

Fitur Reduce Noise di Photoshop merupakan fitur bawaan yang berguna untuk mengurangi noise pada gambar sambil tetap mempertahankan detailnya. Saat menggunakan fitur ini, kamu akan mendapatkan hasil yang jauh lebih baik daripada hanya memperhalus gambar secara manual.

Cara menggunakan fitur Reduce Noise:

  1. Pilih gambar yang ingin dihilangkan noise
  2. Pilih menu Filter > Noise > Reduce Noise
  3. Setel pengaturannya
  4. Klik OK

Namun, sebaiknya jangan menghilangkan terlalu banyak noise pada foto karena dapat menghilangkan karakteristik foto aslinya. Gunakanlah fitur ini dengan bijak.

Ingin Hasil yang Lebih Optimal?

Ingin hasil yang lebih optimal?

Memang, fitur Reduce Noise di Photoshop sangat berguna. Tetapi, jika kamu ingin hasil yang lebih optimal, kamu juga bisa mencoba langkah-langkah berikut:

Cara Menghilangkan Noise dengan Efek Layer

Langkah-langkah:

  1. Duplikat layer asli foto di Photoshop dengan menekan Ctrl + J (Windows) atau Command + J (Mac)
  2. Pilih Layer > Smart Objects > Convert To Smart Object
  3. Klik kanan layer Smart Object dan pilih menu Filter > Noise > Reduce Noise
  4. Setel pengaturannya sesuai kebutuhan
  5. Klik OK
  6. Pilih layer yang sudah dihilangkan noise lalu pilih menu Layer > Smart Objects > Export Contents
  7. Simpan file dengan format JPEG atau sesuai kebutuhan

Cara Menghilangkan Noise dengan Retouching Foto

Langkah-langkah:

  1. Pilih foto yang ingin dihilangkan noise
  2. Buat layer baru dengan menekan Ctrl + Shift + N (Windows) atau Command + Shift + N (Mac)
  3. Pilih Spot Healing Brush Tool
  4. Geser brush dengan ukuran yang sesuai pada area yang ingin dihilangkan noise
  5. Lakukan sampai area yang diinginkan sudah terlihat jernih

Demikianlah cara menghilangkan noise di Photoshop yang bisa kamu coba. Selamat mencoba!

2. Gunakan Fitur Median


cara menghilangkan noise di Photoshop

Jika kita telah mencoba Reduce Noise pada gambar namun masih terdapat noise yang mengganggu, kita dapat menggunakan fitur Median di Photoshop. Fitur ini berguna untuk menghilangkan noise pada gambar tanpa mengurangi detail atau kerapatan warna pada gambar.

Cara menggunakan fitur Median:

Setelah membuka gambar yang akan dihilangkan noise, kita perlu masuk ke bagian Filter pada toolbar. Kemudian, pilih Noise, lalu klik Median. Kita bisa menyesuaikan nilai median sesuai kebutuhan dengan menggeser slide bar yang terdapat di sebelah kanan. Nilai median yang semakin besar akan menghilangkan noise yang lebih besar, dan sebaliknya. Setelah menyesuaikan nilai, klik OK untuk menghasilkan gambar yang noise-nya berkurang.

Perlu diingat bahwa fitur Median dapat membantu mengatasi noise pada gambar, namun jika noise yang terdapat pada gambar sudah sangat parah, mungkin perlu dipertimbangkan untuk merekam ulang atau mengambil gambar baru dengan pengaturan yang lebih baik.

3. Gunakan Fitur Dust & Scratches


cara menghilangkan noise di photoshop

Jika anda ingin menghilangkan noise atau spot pada gambar dengan Photoshop, anda dapat menggunakan fitur Dust & Scratches. Berikut ini adalah langkah-langkah cara menggunakannya:

Cara menggunakan fitur Dust & Scratches:

Pertama-tama, pilih gambar yang ingin dihilangkan noise dengan membukanya di aplikasi Adobe Photoshop. Pastikan gambar sudah terpilih dan langsung pergi ke Filter > Noise > Dust & Scratches.

Setelah itu, akan muncul kotak dialog Dust & Scratches. Di sini, anda dapat menyesuaikan dua nilai: Threshold dan Radius. Threshold menentukan seberapa banyak noise yang akan dihilangkan, sementara radius mengontrol seberapa besar area yang akan dihilangkan noise.

Untuk mengatur Threshold, geser slider nilai ke kanan atau kiri. Semakin ke kanan, semakin banyak noise yang akan dihilangkan. Namun, jangan terlalu berlebihan karena dapat menghapus detail penting pada gambar. Untuk mengatur Radius, gunakan slider atau ketik nilainya pada kotak input. Semakin besar radius, semakin besar area yang akan dihilangkan noise.

Setelah anda puas dengan pengaturan, klik OK untuk menerapkan efek. Tunggu beberapa saat sampai Photoshop selesai memproses gambar, dan anda akan melihat hasilnya.

Dust & Scratches adalah fitur yang sangat berguna untuk menghilangkan noise pada gambar. Namun, ingatlah untuk tidak terlalu berlebihan dalam mengatur nilai agar tetap terlihat natural dan detail pada foto tetap terjaga.

4. Gunakan Fitur Clone Stamp


Cara Menghilangkan Noise di Photoshop dengan Fitur Clone Stamp

Selain fitur yang ada di atas, kamu juga bisa menggunakan fitur Clone Stamp untuk menghilangkan noise pada gambar. Fitur ini sangat membantu untuk menghapus noise yang pada area tertentu pada gambar.

Cara menggunakan fitur Clone Stamp:

1. Pertama, buka gambar yang ingin dihilangkan noisenya lalu pilih Clone Stamp dari toolbar di sebelah kiri.

2. Setelah itu, pilih area bersih pada gambar yang ingin dijadikan sebagai referensi untuk menghapus noise. Caranya dengan menekan tombol Alt dan mengklik pada area yang ingin dijadikan sebagai referensi.

3. Kemudian, gunakan brush untuk menghapus area dengan noise. Caranya dengan menggeser brush secara perlahan pada area yang ingin dihilangkan noise-nya.

Pastikan untuk mengatur opacity dan flow sesuai dengan kebutuhan. Jika noise di area tertentu terlalu padat, kamu bisa menggunakan brush yang lebih besar. Namun, jika noise-nya terlalu tipis, kamu bisa menggunakan brush yang lebih kecil agar menghasilkan hasil yang rapi.

Keuntungan menggunakan fitur Clone Stamp:

Dengan menggunakan fitur Clone Stamp, kamu bisa menghilangkan noise pada gambar secara manual. Dengan begitu, hasil yang dihasilkan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan. Selain itu, teknik ini juga cocok untuk kamu yang ingin mengedit gambar secara detail.

5. Gunakan Fitur Gaussian Blur


cara menghilangkan noise di photoshop

Fitur Gaussian Blur merupakan salah satu fitur yang dapat digunakan untuk menghilangkan noise pada gambar. Meskipun penyelesaiannya tidak optimal, tetapi cukuplah membantu untuk mengurangi noise pada gambar.

Cara menggunakan fitur Gaussian Blur:

Langkah-langkah yang harus dilakukan dalam menggunakan fitur Gaussian Blur adalah sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Photoshop dan pilih gambar yang ingin dihilangkan noise.
  2. Pilih menu Filter di atas layar.
  3. Kemudian, pilih Blur dan pilih Gaussian Blur.
  4. Akan muncul sebuah jendela baru. Di sana, Anda dapat mengatur nilai Radius sesuai dengan kebutuhan. Semakin tinggi nilai yang Anda atur, semakin banyak noise yang terhapus, namun hal ini juga dapat membuat gambar menjadi blur.
  5. Setelah menemukan nilai yang pas, klik tombol OK.

Segera setelah Anda mengklik tombol OK, gambar yang tadinya penuh dengan noise sekarang terlihat lebih jernih dan jelas dari sebelumnya. Anda dapat menyimpan gambar sesuai kebutuhan Anda, atau melakukan pengolahan lebih lanjut.

6. Gunakan Fitur High Pass


Cara Menghilangkan Noise di Photoshop dengan Fitur High Pass

Fitur High Pass dapat membantu menghilangkan noise pada foto dan meningkatkan ketajaman gambar. Pada saat mengambil foto, terkadang noise muncul pada foto karena pencahayaan yang buruk atau penggunaan ISO tinggi. Noise bisa sangat mengganggu dan mengurangi kualitas gambar yang ingin dihasilkan. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana menghilangkan noise menggunakan fitur High Pass di Adobe Photoshop.

Cara Menghilangkan Noise dengan Fitur High Pass

1. Buka program Adobe Photoshop dan buka gambar yang ingin diedit.

2. Pilih “Image” dari toolbar dan pilih “Apply Image” dari menu dropdown.

3. Atur nilai “Configuration” menjadi “High Pass”. Nilai “Radius” harus disesuaikan dengan foto yang diambil. Semakin tinggi nilai “Radius”, semakin besar area gambar yang diperhalus. Jangan menjadikan nilai “Radius” terlalu besar karena akan menghilangkan gambar detil dari gambar.

4. Klik OK dan klik kembali pada “Image” dari toolbar dan pilih “Invert” dari menu dropdown.

5. Pilih “Filter” dari toolbar, dan pilih “Blur” dan kemudian “Gaussian Blur”. Nilai “Radius” disarankan 1-2 pixels.

6. Klik OK dan pilih “Blend Mode” dan ubah menjadi “Overlay” atau “Soft Light” tergantung pada gambar dan hasil yang diinginkan.

7. Periksa hasil akhir dan pastikan bahwa gambar yang dihasilkan tidak terlalu buram atau kehilangan detil. Jika masih terdapat noise di dalam gambar, maka ulangi langkah-langkah diatas dan sesuaikan nilai “Radius” pada langkah ke-3.

Fitur High Pass sangat membantu dalam menghilangkan noise pada gambar. Semua hasil akhir dapat disesuaikan tergantung pada gambar dan hasil yang diinginkan. Selain itu, teknik penghapusan noise ini sangat cepat dan mudah dilakukan sehingga sangat membantu bagi fotografer dan editor foto di seluruh dunia.

7. Gunakan Fitur Smart Blur


Fitur Smart Blur di Photoshop

Fitur Smart Blur merupakan salah satu fitur di Adobe Photoshop yang bisa membantu menghilangkan noise dari gambar. Tidak hanya itu, fitur ini juga dapat mempertahankan detail dalam gambar kita.

Cara menggunakan fitur Smart Blur:

Langkah pertama yang bisa dilakukan adalah memilih gambar yang ingin dihilangkan noise. Setelah itu, klik Filter > Blur > Smart Blur. Saat kita memilih Smart Blur, akan muncul jendela dialog yang akan memungkinkan kita mengatur nilai Radius, Threshold, dan Quality sesuai kebutuhan kita.

Radius mengontrol seberapa banyak efek blur yang akan kita terapkan pada gambar. Semakin besar nilai Radius, semakin banyak blur yang akan dihasilkan. Nilai Radius yang rendah akan menghasilkan blur yang halus dan lebih natural.

Threshold mengontrol kehalusan detail di gambar. Semakin tinggi nilai Threshold, semakin banyak detail yang akan dipertahankan. Sebaliknya, semakin rendah nilai Threshold, semakin sedikit detail yang dipertahankan dan semakin banyak noise yang dihapus.

Quality mengontrol bagaimana Photoshop melakukan proses Blur. Nilai Quality rendah akan menghasilkan blur yang kasar dan tidak natural. Sebaliknya, nilai Quality yang tinggi akan menghasilkan blur yang lebih halus dan natural.

Setelah menyesuaikan nilai Radius, Threshold, dan Quality, klik OK untuk menerapkan efek blur pada gambar. Salah satu kelebihan dari fitur Smart Blur yaitu efek blur yang dihasilkan masih tetap mempertahankan detail-detail penting dari gambar.

Fitur Smart Blur bisa menjadi pilihan yang tepat jika kita ingin menghilangkan noise pada gambar tanpa menghilangkan detail penting yang ada pada gambar kita.

8. Gunakan Teknik Layer Masking

Cara Menghilangkan Noise di Photoshop

Dalam mengedit foto, terkadang kita tidak bisa menghindari noise atau butiran yang muncul pada foto hasil jepretan. Tetapi, jangan khawatir karena kita dapat menghilangkan noise tersebut dengan teknik layer masking pada Photoshop.

Cara Menggunakan Teknik Layer Masking

1. Pertama, buatlah salinan layer gambar yang ingin dihilangkan noisenya. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa file asli tetap utuh dan tidak rusak selama proses pengeditan.

2. Lalu, tambahkan layer mask pada salinan layer gambar tersebut. Caranya dengan klik pada tombol “Add Layer Mask” yang terdapat pada panel layer di bawah layer gambar.

3. Selanjutnya, aturlah brush yang tepat. Brush yang digunakan harus sesuai dengan ukuran area yang ingin dihilangkan noise-nya agar hasilnya menjadi lebih maksimal. Tekan tombol “D” pada keyboard untuk mereset warna dan opsi brush. Kemudian, pilih warna putih pada palette warna dan mulai menghapus area yang memiliki noise dengan menggunakan brush.

4. Saat menghapus noise, pastikan untuk mengganti opacity brush pada nilai rendah agar perubahan yang dilakukan tidak terlalu drastis. Selain itu, pastikan untuk memperhatikan detail foto yang ingin disimpan saat menghapus noise.

5. Setelah selesai menghapus noise pada area yang diinginkan, periksa kembali hasil editan dan atur layer masking dengan bantuan tombol “X” pada keyboard untuk mengganti antara warna hitam dan putih. Hal ini akan memudahkan kita untuk memberi tahu layer masking yang harus dihapus (warna hitam) dan yang harus disimpan (warna putih).

6. Terakhir, pastikan untuk menyimpan file editan dengan format yang tepat dan menyimpan juga file asli sebelum dilakukan proses pengeditan.

Dengan menggunakan beberapa teknik di atas, noise pada foto hasil jepretan anda dapat dihilangkan dalam waktu singkat. Selamat mencoba!

Saran Video Seputar : Cara Menghilangkan Noise di Photoshop dengan Mudah dan Efektif – Panduan Terbaru

Also Read

Tags

Ads - Before Footer