Cara menghemat Uang, Membawa Bekal Sampai Ngopi di Rumah Saja

Azza Azzahra

Cara Menghemat Uang 2021

Milenial jadi kelompok umur yang paling boros. Karena itu dibutuhkan Cara Menghemat Uang yang gampang agar banyak anak muda dapat menghemat keuangan untuk masa depan.

Mengurus keuangan bisa disebut gampang-gampang susah. Perlu rangkaian rutinitas baik bila ingin mempunyai management keuangan yang bagus. Ini juga harus dibuat dalam waktu yang lumayan panjang.

Umumnya warga Amerika menghabiskan USD 164 atau kurang lebih dua juta rupiah setiap harinya. Pengeluaran ini meliputi ongkos sewa, bahan makanan, makan di luar, baju, dan hiburan.

Dalam laporan itu, golongan milenial jadi barisan umur yang mempunyai pengeluaran paling tinggi, yakni sekitar USD 208 atau nyaris capai Rp 3 juta setiap hari. Sementara itu, generasi Z mempunyai pengeluaran paling rendah, yakni USD 92 atau sekitar Rp 1,3 juta setiap hari.

Bila uang itu dihabiskan untuk beli keperluan primer, tentu ini tidak bisa dihindari lagi. Namun, bila mayoritas  hanya untuk memenuhi keinginan, pengeluaran yang membesar pasti dapat diperhitungkan.

Berikut Cara Menghemat Uang 2021

  1. Biasa Ngopi Pagi? Lakukan Membuat Sendiri di Rumah

Tidak bisa dipungkiri, minum kopi adalah kegiatan rutin bagi sebagian orang. Tetapi, ini nyatanya diam-diam membuat pengeluaran membengkak, lho!

Bukannya menghilangkan rutinitas ngopi, coba untuk membuat sendiri di rumah. Saat membuat kopi sendiri, uang yang dikeluarkan akan lebih sedikit.

  1. Cabut Kabel dari Stop Kontak agar Irit Listrik

Dengan mengaplikasikan cara ini, bukan hanya pengeluaran yang tertolong, tapi juga bumi. Kabel yang tidak ditarik dari stopkontak bahkan juga dikatakan sebagai vampir penyedot energi.

Ada cara lain untuk menghemat energi yakni dengan memakai fitur smart power pada handphone atau sleep model pada computer yang hendak ditinggalkan untuk beberapa waktu. Cara ini direkomendasikan oleh seorang konsultan keuangan individu bersertifikasi namanya Andrew Latham. Menurut dia, cara ini dapat mengurangi biaya listrik sampai 20%.

Untuk perlengkapan rumah tangga, pengering pada mesin pencuci jadi yang terbanyak habiskan daya. Jalan keluar yang bisa dicoba untuk permasalahan ini ialah membersihkan sama air dingin lalu menjemur baju itu.

  1. Tulis Pengeluaran Harian

Untuk menghemat uang, pasti penting dipahami lebih dulu ke mana saja uang itu pergi. Di jaman digital ini, program untuk menulis pengeluaran telah banyak ada. Cara ini dapat membantu kita untuk keluar dari jerat kepanikan keuangan.

  1. Tunggu 30 Hari sebelum Membeli Barang

Keranjang aplikasi berbelanja telah penuh barang? Jangan cepat-cepat cek out! Tunggu dulu selama 30 hari.

Cara ini mempunyai tujuan agar impulsive buying tidak ada. Pengeluaran jadi tertolong, dech!

  1. Atur Ruangan Temukan yang Bisa Dijual.

Rumah sesak oleh barang karena pernah jadi konsumen yang impulsif? Atur saat ini juga. JIka ada, temukan barang yang memungkinkan untuk dipasarkan kembali. Rumah teratur rapi, kantong kembali berisi.

  1. Masak dan Makan di Rumah

Selain mempertajam kreasi, mengolah sendiri dapat tekan pengeluaran, lho! Cara ini dapat menolong supaya badan lebih sehat karena kita ketahui beberapa bahan apa yang dipakai dalam masakan.

  1. Punya Uang Pecahan? Tabung!

Uang pecahan secara nominal memang kelihatan kecil. Tetapi, uang itu bisa menjadi banyak bila dikumpulkan. Oleh karenanya, bangunlah rutinitas untuk menyimpan uang pecahan. Mungkin jumlahnya tidak langsung banyak. Tetapi, ingatlah kata peribahasa, sedikit-sedikit semakin lama jadi bukit.

Also Read

Ads - Before Footer