Cara Menghemat Kuota Google Meet, Agar WFH Tetap Lancar

Azza Azzahra

Google Meet sebagai salah satunya program video conferencing terkenal yang sering dipakai sepanjang wabah Covid-19, terhitung dalam aktivitas evaluasi jarak jauh alias PJJ.

Walau berguna, tetapi pemakaian Google Meet yang kelamaan bisa kuras paket data internet dalam jumlah yang lumayan besar.

Menurut Google, pemakai Google Meet minimal bisa habiskan paket data sekitar 2,6 GB /jam dalam penataan kualitas video HD (720p). Sementara, pemakaian Google Meet pada kualitas SD (480p) bisa makan paket internet sekitar 0,9 GB tiap jamnya.

Angka ini dapat berlipat ganda karena durasi waktu belajar online biasanyamencapai beberapa saat sehari-harinya. Untungnya, Google sediakan langkah untuk mengirit pemakaian paket data supaya tidak boros.

Langkah mengirit pemakaian data Google Meet di Android dan iOS

Feature untuk mengirit pemakaian data bisa diketemukan di Google Meet versus Android dan iOS. Langkah aktifkan ialah seperti berikut.

– Pencet icon tiga garis horizontal yang ada pada program Google Meet.
– Seterusnya, tentukan menu Settings dan geser toggle pada pilihan “Limit data usage”.
– Sesudah pilihan toggle itu aktif, karena itu Google Meet akan secara automatis kurangi pemakaian paket internet sepanjang sesion video conferencing berjalan.

Cara Menghemat Kuota Data Google Meet
Cara Menghemat Kuota Data Google Meet

Langkah mengirit pemakaian paket internet di Google Meet.Langkah mengirit pemakaian data Google Meet di PC desktop dan netbook

Bagaimana dengan pemakai Google Meet versus situs di computer desktop dan netbook?

Anda bisa turunkan resolusi video untuk kurangi konsumsi data.

Resolusi dapat di turunkan bagus untuk video yang dikirimkan (video dari computer pemakai) atau video yang diterima (video dari peserta lain dalam rapat). Triknya seperti berikut.

– Membuka menu Settings sesudah masuk ke sebuah sesion Google Meet.
– Dalam menu itu, tentukan pilihan Video dan tentukan pilihan standar definiton (360p) pada opsi Send resolution.
– Lalu pada pilihan Receive resolution, click opsi Standar definiton (360p).
– Untuk kurangi konsumsi data supaya jadi seminim kemungkinan, Anda dapat menonaktifkan camera video dengan pilih pilihan Audio only.

Langkah atur resolusi video Google Meet di PC untuk mengirit pemakaian paket internet sepanjang rapat berjalan.

google meet

Penataan di atas dapat dilaksanakan oleh peserta rapat. Selainnya dari segi peserta, host di Google Meet bisa juga atur resolusi video yang diperlihatkan sepanjang sesion video conferencing berjalan. Triknya berikut ini.

– Membuka menu Apps pada situs Google Meet dan tentukan pilihan Google Workspace.
– Selanjutnya, tentukan pilihan Settings for Google Meet > Meet video settings.
– Pada sub-menu Standar video quality, host bisa pilih pilihan Limited video bandwidth untuk batasi kecepatan uplink jadi 1 Mbps.

Also Read

Ads - Before Footer