Cara Mengganti Wajah di Photoshop dengan Mudah dan Cepat

Warta Berita Baru

Pendahuluan

Cara Mengganti Wajah di Photoshop

Mengedit wajah dalam sebuah foto menjadi semakin umum dilakukan di era digital sekarang ini. Tidak hanya untuk keperluan profesional, kepentingan pribadi seperti mengganti wajah dengan ekspresi yang berbeda atau bahkan memasukkan wajah orang lain ke dalam foto pun menjadi hal yang populer untuk dilakukan. Photoshop menjadi salah satu software editing foto paling populer yang digunakan untuk mengedit wajah. Artikel ini akan memberikan panduan tentang cara mengganti wajah di Photoshop melalui beberapa tahapan yang mudah dipahami.

Persiapan

Persiapan

Persiapan sebelum mengganti wajah di Photoshop sangat penting untuk memastikan hasil akhir yang memuaskan. Pastikan foto yang akan diubah sudah terbuka di Photoshop dan disiapkan semua alat editing yang dibutuhkan seperti selection tool, brush, dan lainnya. Begitu juga dengan gambar wajah yang akan digunakan sebagai pengganti. Gunakan foto wajah yang resolusinya setara atau lebih tinggi daripada foto awal untuk memastikan hasil yang jernih saat dicetak atau diunggah di media sosial.

Hal kedua yang perlu dipastikan pada tahap persiapan adalah terkait dengan resolusi foto dan layer. Sebelum memulai, pastikan foto yang akan diubah memiliki resolusi yang cukup untuk dimodifikasi agar hasil akhir tidak pecah atau blur. Selain itu, pastikan foto tersebut sudah dalam bentuk layer agar mudah untuk diedit dan menciptakan perbedaan dengan lapisan yang asli.

Segera setelah persiapan selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah mengganti wajah pada foto di Photoshop yang akan dijelaskan pada subtopik berikutnya.

Menyeleksi Wajah

Menyeleksi Wajah

Photoshop adalah aplikasi yang sering digunakan untuk mengedit foto. Salah satu fitur dari photoshop adalah mengganti wajah pada foto. Tahap awal dalam mengganti wajah di photoshop adalah menyeleksi wajah yang akan diganti dari foto asli.

Membuat Seleksi Wajah dengan Pen Tool

Pen tool adalah salah satu alat yang sering digunakan untuk membuat seleksi pada photoshop. Selain itu, pen tool juga dapat digunakan untuk membuat seleksi wajah pada foto yang akan diganti. Untuk menggunakannya, silakan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka aplikasi photoshop dan buka foto yang akan diganti wajahnya.
  2. Pilih pen tool dengan menekan “p” pada keyboard.
  3. Arahkan pen tool pada satu sisi wajah dan klik pada titik awal seleksi.
  4. Arahkan pen tool mengikuti kontur wajah pada foto hingga akhir seleksi.
  5. Sambungkan akhir seleksi dengan titik awal sehingga terbentuk seleksi wajah.

Silakan perbesar atau perkecil zoom pada foto untuk memudahkan dalam membuat seleksi wajah menggunakan pen tool. Sebaiknya untuk membuat seleksi dengan seksama hingga tidak ada bagian wajah yang terlewatkan atau terpilih secara tidak sengaja.

Membuat Layer Baru

Cara Mengganti Wajah di Photoshop

Terdapat beberapa langkah yang harus dilakukan untuk mengganti wajah di Photoshop. Salah satunya adalah membuat layer baru untuk menempatkan wajah baru yang akan diganti. Hal ini dilakukan agar proses pengeditan menjadi lebih efektif dan tidak merusak foto asli.

Untuk membuat layer baru, klik icon “Create a New Layer” di bagian bawah Layers Panel pada layar kerja Photoshop. Setelah itu, atur pengaturan layer sesuai kebutuhan seperti nama layer, opacity, dan lain-lain. Kemudian, klik “OK” untuk menyimpan layer baru tersebut.

Mengambil Foto Wajah Baru

Cara Mengganti Wajah di Photoshop

Setelah membuat layer baru, langkah selanjutnya adalah mengambil foto wajah baru yang akan diganti. Foto wajah baru ini bisa didapatkan dari foto lain atau menggunakan wajah orang yang sama namun dengan ekspresi wajah yang berbeda.

Untuk mengambil foto wajah baru, gunakan Alat Potong (Crop Tool) untuk menyesuaikan ukuran dan posisi wajah baru sehingga sesuai dengan foto asli. Setelah selesai, drag dan drop foto wajah baru tersebut ke dalam dokumen kerja Photoshop dan tempatkan pada layer yang sudah dibuat sebelumnya.

Dengan cara ini, Anda telah berhasil mengganti wajah di Photoshop dan menciptakan foto yang baru dan unik. Namun, ingat untuk tidak menyebarluaskan foto tanpa izin dan memperhatikan etika dalam penggunaan foto orang lain.

Menempatkan Wajah Baru

Menempatkan Wajah Baru di Photoshop

Mengganti wajah di dalam foto dapat dilakukan dengan menggunakan Photoshop. Salah satu langkah awal yang harus dilakukan adalah menempatkan wajah baru pada layer yang telah dibuat sebelumnya dengan mengikuti kontur wajah pada foto asli. Adapun langkah- langkahnya sebagai berikut:

  • Buka foto yang akan diedit di Photoshop
  • Pilih foto wajah baru yang akan dimasukkan ke dalam foto asli
  • Highlight wajah baru dengan menggunakan lasso tool atau quick selection tool
  • Copy wajah baru dengan menekan Ctrl+C atau dengan klik kanan kemudian pilih copy
  • Pada foto asli, buat layer baru dengan cara menekan Ctrl+Shift+N atau pilih new layer pada panel layer
  • Paste wajah baru pada layer baru tersebut dengan menekan Ctrl+V atau klik kanan kemudian pilih paste
  • Posisikan wajah baru dengan menggunakan move tool agar sesuai dengan posisi pada foto asli dan sesuaikan ukuran wajah baru (jika diperlukan)

Menyesuaikan Wajah Baru

Menyesuaikan Wajah Baru di Photoshop

Setelah wajah baru berhasil ditempatkan di layer baru pada foto asli, langkah selanjutnya adalah menyesuaikan wajah baru dengan foto asli menggunakan alat transform seperti scale, rotate, dan distort. Berikut adalah cara menyeuaikan wajah baru dengan foto asli di Photoshop:

  1. Pilih layer wajah baru pada panel layer, kemudian pilih Edit > Transform > [pilih jenis transform yang akan digunakan] atau dapat menggunakan shortcut transform seperti Ctrl+T (Windows) atau Command+T (Mac)
  2. Gunakan kotak tur biru pada area foto sebagai panduan untuk mengubah ukuran wajah baru dengan alat scale. Geser kotak ke dalam atau keluar untuk menyesuaikan ukuran wajah baru
  3. Jika ingin merotasi wajah baru, gunakan alat rotate. Caranya dengan mengklik salah satu sudut kotak tur biru dan gulungkan ke kanan atau kiri. Atau bisa juga menggeser garis horizontal yang ada di atas kotak tur biru untuk memutar dalam sudut yang lebih kecil
  4. Gunakan alat distort untuk menyesuaikan bentuk wajah agar lebih simetris dengan foto asli. Caranya dengan menekan Ctrl (Windows) atau Command (Mac) dan mengklik salah satu titik sudut kotak tur biru, lalu geser ke titik yang diinginkan hingga bentuk yang dihasilkan sesuai dengan foto asli
  5. Setelah selesai menyesuaikan, tekan enter atau klik centang di panel opsi agar transformasi yang dilakukan bisa disimpan

Dengan menempatkan dan menyesuaikan wajah baru dengan foto asli menggunakan Photoshop, kita akan mendapatkan hasil foto yang terlihat lebih baik. Namun, perlu diingat untuk tidak menyalahgunakan Photoshop dengan mengedit foto orang lain tanpa izin dan dengan tidak memperhatikan etika penggunaan gambar.

Menyesuaikan Warna Wajah

Menyesuaikan Warna Wajah

Ketika mengganti wajah seseorang di Photoshop, penting untuk membuat hasil akhir terlihat seolah-olah seperti itu adalah bagian dari foto asli. Ini termasuk menyesuaikan warna wajah baru agar sesuai dengan warna kulit dan situasi pencahayaan foto asli.

Menyesuaikan Warna Wajah dengan Hue/Saturation Adjustment Layer

Salah satu cara terbaik untuk menyesuaikan warna wajah baru adalah dengan menggunakan hue/saturation adjustment layer di Photoshop. Begini cara melakukannya:

  1. Salin dan tempel wajah baru pada lapisan terpisah di Photoshop.
  2. Pastikan bahwa lapisan wajah baru dipilih dalam palet lapisan.
  3. Pilih “Hue/Saturation” di bagian atas panel “Adjustment”.
  4. Sekarang, gunakan slider “Hue” untuk menyesuaikan warna keseluruhan wajah baru agar sesuai dengan warna kulit asli dalam foto asli.
  5. Setelah Anda menyesuaikan warna, gunakan slider “Lightness” di tab yang sama untuk menyesuaikan kecerahan wajah baru sehingga terlihat cocok dengan foto aslinya.

Dengan menggunakan lapisan penyempurnaan, Anda dapat mengedit warna dan kecerahan wajah baru sesuai keinginan Anda tanpa merubah foto asli. Hasilnya akan terlihat lebih alami dan sulit dikenali bahwa wajah baru telah diedit.

Menambahkan Efek Tambahan

Cara Mengganti Wajah di Photoshop

Photoshop merupakan salah satu software editing foto yang sangat populer. Selain digunakan untuk mengedit foto, Photoshop juga sering digunakan untuk mengganti wajah. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menambahkan efek tambahan pada foto seperti texture atau filter. Berikut adalah cara mengganti wajah di Photoshop dengan menambahkan efek tambahan.

Menambahkan Texture

Texture adalah salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menambahkan detail pada foto dan membuat foto terlihat lebih artistik. Untuk menambahkan texture pada foto, kita bisa membuat layer baru terlebih dahulu dengan mengklik icon “New Layer” pada panel layer. Setelah itu, pilih menu “Edit” > “Fill”, kemudian pilih jenis texture yang ingin digunakan dan ubah mode blending layer menjadi “Overlay”. Jika masih kurang puas, kita bisa menyesuaikan opacity layer sesuai dengan keinginan.

Untuk mendapatkan texture yang lebih banyak dan bervariasi, kita bisa mendownload texture dari internet atau membuatnya sendiri menggunakan filter bawaan Photoshop seperti “Texturizer” atau “Grain”. Untuk menggunakan filter ini, kita bisa menyalin foto terlebih dahulu pada layer baru, kemudian pilih menu “Filter” > “Texture” dan pilih jenis filter yang diinginkan. Setelah itu, ubah mode blending layer menjadi “Overlay” atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Menambahkan Filter

Filter adalah salah satu efek tambahan yang bisa membuat foto terlihat berbeda dan menarik. Untuk menambahkan filter pada foto, kita bisa mengklik menu “Filter” pada panel atas dan pilih jenis filter yang diinginkan. Beberapa jenis filter yang sering digunakan antara lain “Blur”, “Sharpen”, “Distort”, “Stylize”, dan masih banyak lagi.

Salah satu filter yang sering digunakan dalam penggantian wajah adalah “Liquify”. Filter ini bisa digunakan untuk mengecilkan atau melebarkan bagian wajah tertentu seperti hidung, bibir, atau pipi sehingga wajah terlihat lebih proporsional. Untuk menggunakan filter ini, kita perlu menyalin foto terlebih dahulu pada layer baru kemudian pilih menu “Filter” > “Liquify”. Setelah itu, pilih brush yang diinginkan dan sesuaikan ukuran, kekuatan, serta opasitas brush. Setelah selesai, klik OK dan ubah mode blending layer menjadi “Overlay” atau disesuaikan dengan kebutuhan.

Dalam penggunaan filter, kita perlu berhati-hati agar tidak terlalu berlebihan sehingga membuat foto terlihat tidak natural. Selain itu, kita juga boleh berkreasi dan bereksperimen dengan efek yang diinginkan agar hasilnya lebih menarik dan sesuai dengan keinginan.

Memperbaiki Kesalahan

Cara mengganti wajah di photoshop

Setelah selesai mengedit foto, tidak jarang terdapat kesalahan yang muncul setelahnya. Oleh karena itu, memperbaiki kesalahan merupakan tahap penting dalam proses editing. Berikut adalah beberapa cara untuk memperbaiki kesalahan yang umum terjadi.

Memperbaiki Kesalahan dengan Eraser Tool

Eraser tool dapat digunakan untuk menghapus atau memperbaiki kesalahan editing seperti bekas seleksi atau warna yang tidak sesuai. Gunakan eraser tool dalam mode brightness untuk mengangkat noda dan bekas seleksi pada wajah. Perhatikan ukuran eraser tool yang digunakan, pastikan tidak terlalu besar agar menghindari penghapusan yang tidak diinginkan pada area yang lain.

Memperbaiki Kesalahan pada Bagian Wajah

Terlihat janggal apabila ada bagian wajah yang terlihat ‘rusak’ atau kurang proporsional. Salah satu kesalahan yang sering terjadi adalah terlalu mengurangi ukuran hidung seseorang. Untuk memperbaiki kesalahan pada bagian wajah, bisa digunakan clone stamp tool. Pilih area yang dianggap bagus dan alami, dan salin pada area yang ingin diperbaiki. Pastikan pengaturan opacity pada clone stamp tool tidak terlalu tinggi agar hasilnya terlihat alami dan tidak menimbulkan kesan palsu.

Memperbaiki Kesalahan dengan Blur Tool

Blur tool dapat digunakan untuk menghilangkan garis-garis halus di sekitar wajah yang muncul akibat proses editing. Blur tool baby skin cocok digunakan untuk memperhalus kulit dan menghilangkan noda-noda kecil di wajah. Jangan terlalu memperbesar ukuran brush untuk menghindari penghapusan yang tidak diinginkan pada area yang lain.

Menjaga Kualitas Hasil Edit

Pastikan agar setiap tahap editing dipertimbangkan secara matang agar menghasilkan foto yang baik dan alami. Buatlah backup pada setiap proses untuk memudahkan proses saat terdapat kesalahan pada tahap-tahap selanjutnya. Setelah selesai semua tahap editing, simpan foto dengan format yang tepat dan kualitas terbaik agar hasil editing terlihat maksimal saat dipamerkan.

Persiapan

Persiapan mengganti wajah di photoshop

Persiapan adalah kunci sukses dalam mengganti wajah di photoshop. Pastikan anda memiliki foto yang baik dan jelas dengan kualitas tinggi agar hasil akhir menjadi semakin memuaskan. Selain itu, pastikan juga anda sudah menginstal photoshop dan menguasai dasar-dasar penggunaannya.

Pilih Foto Baru

Pilih Foto Baru mengganti wajah di photoshop

Pilih foto baru yang akan digunakan sebagai pengganti wajah. Pastikan foto tersebut cocok dengan warna dan pencahayaan pada foto asli. Anda juga bisa menyesuaikan ukuran dan posisi foto baru sesuai dengan foto asli agar hasilnya lebih natural.

Membuka Foto Asli dan Foto Baru di Photoshop

Membuka Foto Asli dan Foto Baru di Photoshop

Buka foto asli dan foto baru di photoshop dengan menggunakan aplikasi photoshop yang telah terinstal. Pastikan kedua foto tersebut sudah terbuka di workspace photoshop agar siap digunakan.

Gunakan Pen Tool pada Foto Baru

Gunakan Pen Tool pada Foto Baru mengganti wajah di photoshop

Setelah foto baru terbuka di workspace photoshop, gunakan tool yang disebut dengan Pen Tool untuk menandai bagian wajah yang akan diganti. Pastikan pen tool diatur dengan cermat agar hasil akhir menjadi semakin maksimal.

Pindahkan Seleksi Wajah ke Foto Asli

Pindahkan Seleksi Wajah ke Foto Asli mengganti wajah di photoshop

Setelah lekukan wajah telah terdeteksi dan diseleksi pada foto baru, pindahkan seleksi tersebut ke foto asli dengan menerapkan mask pada lapisan wajah baru. Jangan lupa untuk menyesuaikan ukuran dan posisi seleksi agar terlihat natural pada foto asli.

Penyesuaian Warna dan Pencahayaan

Penyesuaian Warna dan Pencahayaan mengganti wajah di photoshop

Penyesuaian warna dan pencahayaan sangat penting agar hasil akhir terlihat semakin natural. Lakukan penyesuaian yang tepat pada lapisan seleksi wajah baru agar terlihat serupa dengan tampilan foto asli.

Retouching dan Finishing Touch

Retouching dan Finishing Touch mengganti wajah di photoshop

Terakhir, lakukan retouching dan finishing touch pada hasil akhir. Pastikan terdapat keserasian antara wajah baru dengan latar belakang pada foto asli. Penambahan beberapa efek juga bisa dilakukan untuk membuat hasil akhir semakin menarik.

Kesimpulan

Kesimpulan mengganti wajah di photoshop

Dengan mengikuti tahapan-tahapan di atas, sudah bisa melakukan mengganti wajah di photoshop dengan mudah dan hasil yang memuaskan. Dalam mengganti wajah, persiapan dan ketelitian dalam menggunakan tool photoshop sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil yang terbaik. Selamat mencoba!

Penyesuaian Warna dan Pencahayaan:

Penyesuaian warna dan pencahayaan sangat penting dalam mengganti wajah di photoshop, karena penggunaan warna dan pencahayaan yang tidak tepat akan membuat hasil akhir terlihat tidak natural. Lakukan penyesuaian warna pada lapisan seleksi wajah baru dengan menggunakan adjustment layer. Selain itu, juga bisa menyesuaikan level kecerahan dan kontras pada wajah baru agar terlihat serupa dengan foto asli. Setelah itu, lakukan blending dengan foto asli agar hasil akhir semakin natural dan serasi.

Saran Video Seputar : Cara Mengganti Wajah di Photoshop dengan Mudah dan Cepat

Also Read

Tags

Ads - Before Footer