Cara Mengeluarkan TalkBack ” Membantu Keterbatasan Penglihatan”

Azza Azzahra

Cara Mengeluarkan TalkBack " Membantu Keterbatasan Penglihatan"

Cara Mengeluarkan TalkBack, fitur yang Memudahkan Penggunaan Smartphone bagi Orang dengan Keterbatasan Penglihatan.

TalkBack adalah fasilitas aksesibilitas yang tersedia di sebagian besar smartphone Android. Fasilitas ini membantu orang dengan keterbatasan penglihatan untuk mengakses dan menggunakan smartphone mereka dengan lebih mudah.

Namun, ada kalanya Anda mungkin perlu menonaktifkan TalkBack karena beberapa alasan. Artikel ini akan membahas cara mengeluarkan TalkBack dari smartphone Anda.

Baca Juga : Bagaimana Cara Membuka Talkback dan Apa Manfaatnya ?

Apa itu TalkBack?

Sebelum membahas cara mengeluarkan Talkback, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu TalkBack.

TalkBack adalah layanan aksesibilitas yang disediakan oleh Google pada sistem operasi Android. Layanan ini memberikan bantuan suara kepada pengguna dengan keterbatasan penglihatan.

Dengan TalkBack, pengguna bisa membaca teks dan navigasi melalui aplikasi dengan petunjuk suara.

Mengapa Anda Mungkin Perlu Mengeluarkan TalkBack?

Meskipun TalkBack sangat berguna bagi orang dengan keterbatasan penglihatan, kadang-kadang pengguna lain mungkin ingin menonaktifkan layanan ini. Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Anda mungkin perlu mengeluarkan TalkBack:

Kesalahan Aktivasi:

Kadang-kadang, TalkBack dapat teraktivasi tanpa sengaja. Hal ini dapat menyebabkan masalah dalam penggunaan smartphone Anda.

Memodifikasi Telepon:

Jika Anda ingin memodifikasi ponsel Anda seperti menginstal firmware khusus atau melakukan rooting pada perangkat Anda, Anda harus menonaktifkan TalkBack terlebih dahulu.

Tidak Diperlukan:

Terkadang, pengguna mungkin tidak memerlukan TalkBack lagi karena mereka telah beradaptasi dengan penggunaan smartphone mereka tanpa fasilitas ini.

Cara Mengeluarkan TalkBack 

Setelah mengetahui alasan mengapa Anda mungkin perlu menonaktifkan TalkBack, berikut adalah cara mengeluarkan layanan ini dari smartphone Android Anda:

Akses Pengaturan

Langkah pertama dalam menonaktifkan TalkBack adalah akses ke pengaturan ponsel. Anda bisa melakukannya dengan mengklik ikon pengaturan pada layar utama.

Akses Aksesibilitas

Setelah masuk ke menu pengaturan, gulir ke bawah dan cari opsi “Aksesibilitas”. Klik opsi ini untuk membuka submenu aksesibilitas.

Pilih TalkBack

Di dalam submenu Aksesibilitas, cari opsi “TalkBack” dan klik untuk membukanya. Anda akan melihat tombol on/off yang menunjukkan status TalkBack.

Nonaktifkan TalkBack

Untuk menonaktifkan TalkBack, klik tombol off hingga warna latar belakang berubah menjadi abu-abu. Perangkat Anda sekarang tidak lagi menggunakan TalkBack.

Konfirmasi Penonaktifan

Setelah menonaktifkan TalkBack, perangkat Anda akan menampilkan konfirmasi apakah Anda ingin menonaktifkan TalkBack secara permanen atau hanya sementara.

Jika Anda ingin menonaktifkan TalkBack hanya sementara, pilih opsi “Nonaktifkan Sementara”. Jika Anda ingin menonaktifkannya secara permanen, pilih opsi “Nonaktifkan dan Hapus Data”.

Selesai

Setelah Anda memilih opsi yang diinginkan, TalkBack telah berhasil dinonaktifkan dari perangkat Anda.

Kesimpulan

TalkBack adalah layanan aksesibilitas yang berguna bagi orang dengan keterbatasan penglihatan. Namun, terkadang Anda mungkin perlu menonaktifkan fasilitas ini karena beberapa alasan.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda sekarang dapat dengan mudah menonaktifkan TalkBack jika diperlukan.

Also Read

Ads - Before Footer