cara mengaktifkan touchpad laptop asus windows 10

Warta Berita Baru

Pengantar

Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Windows 10

Touchpad adalah perangkat penting pada laptop yang memungkinkan penggunanya melakukan berbagai aktivitas dengan mudah. Namun, terkadang touchpad pada laptop Asus dengan OS Windows 10 dapat dinonaktifkan secara tidak sengaja. Artikel ini akan membahas cara mengaktifkan touchpad laptop Asus dengan OS Windows 10.

Periksa Pengaturan Windows

Pengaturan Windows

Sebelum memulai cara mengaktifkan touchpad pada laptop Asus, pastikan terlebih dahulu bahwa fitur touchpad tidak dinonaktifkan melalui pengaturan Windows. Hal ini sering terjadi ketika pengguna secara tidak sengaja melakukan perubahan pada pengaturan Windows secara tidak sengaja.

Cara Mengecek Pengaturan Touchpad

Cara Mengecek Pengaturan Touchpad Windows 10

Untuk mengecek pengaturan touchpad pada laptop Asus dengan OS Windows 10, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik tombol “Start” pada taskbar desktop Windows.
  2. Ketik “Pengaturan Touchpad” pada kolom “search” yang muncul.
  3. Pilih “Pengaturan Touchpad” yang muncul pada hasil pencarian.
  4. Setelah masuk pada pengaturan Touchpad, cek bagian “Touchpad” pada menu pengaturan.

Dalam bagian pengaturan “Touchpad,” pastikan bahwa fitur touchpad dalam keadaan aktif. Jika fitur touchpad dinonaktifkan, aktifkan kembali fitur tersebut dengan cara mengubah posisi tombol switch pada pengaturan touchpad. Setelah itu, touchpad pada laptop Asus sudah dapat digunakan kembali.

Untuk masalah laptop Asus lainnya, seperti matikan lampu keyboard atau matikan kipas laptop Asus, silakan ikuti tips di artikel ini dan artikel ini.

Cek Driver Touchpad

Cek Driver Touchpad

Touchpad merupakan sebuah fitur penting pada laptop yang memudahkan penggunanya dalam mengoperasikan perangkat tersebut. Namun, terkadang touchpad pada laptop Asus dengan sistem operasi Windows 10 mengalami masalah dan tidak berfungsi. Salah satu penyebab yang sering terjadi adalah driver touchpad yang belum terinstall atau bahkan telah rusak. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan untuk memastikan driver touchpad telah terinstall dengan benar pada laptop Anda.

Cara Melihat Driver Touchpad

Cara Melihat Driver Touchpad

Untuk melakukan pengecekan driver touchpad pada laptop Asus dengan sistem operasi Windows 10, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka menu “Start” pada laptop, kemudian ketikkan “Device Manager” pada kolom pencarian.
  2. Pilih “Device Manager” yang muncul pada hasil pencarian, kemudian klik untuk membukanya.
  3. Pada jendela “Device Manager”, cari dan klik pada kategori “Mouse dan perangkat penunjuk lainnya”.
  4. Perhatikan apakah ada driver touchpad yang terinstall pada laptop Asus Anda. Jika sudah terinstall, biasanya akan tertera nama produsen dan jenis touchpad yang digunakan. Namun, jika tidak terinstall atau bahkan ada tanda seru kuning pada driver touchpad tersebut, kemungkinan besar touchpad tidak akan berfungsi dengan baik.

Dalam memperbaiki masalah driver touchpad pada laptop Asus, Anda dapat mencoba beberapa cara, seperti mengunduh driver touchpad dari situs resmi Asus, melakukan update driver, atau bahkan melakukan instal ulang sistem operasi Windows 10. Dengan mengetahui cara melihat driver touchpad pada laptop Asus, Anda dapat menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah tersebut dan kembali menggunakan touchpad dengan baik.

Periksa Tombol Khusus Touchpad


Cara Mengaktifkan Touchpad Laptop Asus Windows 10

Touchpad menjadi salah satu fitur penting di laptop untuk memudahkan pengguna saat mengoperasikan laptop. Namun, terkadang ada beberapa masalah yang dapat terjadi seperti touchpad yang tiba-tiba tidak berfungsi. Hal tersebut dapat terjadi karena touchpad yang di-nonaktifkan. Maka dari itu, ada beberapa cara untuk mengaktifkan touchpad pada laptop Asus Windows 10 yang dilengkapi dengan tombol khusus.

Cara Mengatur Tombol Khusus

Untuk mengaktifkan touchpad pada laptop Asus Windows 10, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan tombol khusus touchpad dalam posisi ON. Ada beberapa model laptop Asus yang memiliki tombol khusus untuk mengaktifkan touchpad, seperti jenis laptop Asus X453MA, Asus A456UQ, Asus Vivobook S510U, Asus Zenbook UX330UA, dan masih banyak lagi.

Cara mengatur tombol khusus tersebut sangat mudah dilakukan. Namun, sebelumnya Anda harus membuka manual pengguna untuk mengetahui letak tombol khusus. Biasanya, tombol khusus tersebut berada di bagian atas keyboard seperti pada Asus Vivobook S510U dan Zenbook UX330UA, atau pada bagian bawah touchpad seperti pada Asus A456UQ. Setelah menemukan letaknya, Anda bisa dengan mudah mengaktifkannya dengan hanya menekan tombol khusus tersebut.

Bagi pengguna jenis laptop Asus lainnya yang tidak memiliki tombol khusus touchpad, ada cara lain untuk mengaktifkannya melalui setting di Windows 10. Caranya adalah dengan masuk pada menu “Pengaturan” atau “Settings” di Windows 10, lalu pilih opsi “Perangkat” atau “Devices”. Setelah itu, pilih opsi “Touchpad” dan pastikan opsi “Hidupkan tombol touchpad” atau “Enable touchpad button” dalam posisi ON. Dengan begitu, touchpad pada laptop Asus Windows 10 Anda sudah dapat digunakan kembali.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda yang mengalami masalah pada touchpad di laptop Asus Windows 10. Simak terus artikel-artikel menarik seputar teknologi hanya di situs kami.

Untuk mematikan touchpad laptop Asus Windows 10, simak tutorialnya di sini.

Perbarui Driver Touchpad


Perbarui Driver Touchpad

Touchpad laptop adalah komponen yang penting untuk memudahkan pengguna mengoperasikan laptop tanpa memerlukan mouse eksternal. Namun, terkadang touchpad tidak berfungsi dengan optimal karena driver touchpad sudah usang atau belum terinstal dengan benar. Oleh sebab itu, cara mengaktifkan touchpad laptop Asus Windows 10 yang paling efektif adalah dengan memperbarui driver touchpad.

Cara Memperbarui Driver

Memperbarui driver touchpad dapat dilakukan dengan beberapa langkah mudah di bawah ini:

  1. Buka “Device Manager” dengan menekan tombol “Windows” + “X”, kemudian pilih “Device Manager”.
  2. Pilih “Mouse dan perangkat penunjuk lainnya” atau “Mice and other pointing devices”.
  3. Klik kanan pada “ASUS Touchpad” atau “Elan Touchpad” dan pilih “Perbarui Driver”.
  4. Pilih “Cari secara otomatis software driver yang diperbarui” atau “Search automatically for updated driver software”. Jika Anda sudah memiliki file driver touchpad terbaru, pilih “Telusuri komputer saya untuk driver software” atau “Browse my computer for driver software” dan arahkan ke lokasi file driver touchpad tersebut.
  5. Tunggu hingga proses pembaruan driver selesai.

Jika driver touchpad terbaru sudah terinstal dengan benar, Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan touchpad dengan menekan tombol “Fn” + “F9”. Jika touchpad masih tidak berfungsi, cobalah untuk me-restart laptop dan tes kembali touchpad.

Anda juga dapat mematikan laptop Asus dengan keyboard. Pelajari caranya di sini.

Coba Aktifkan Ulang Touchpad


Cara mengaktifkan touchpad laptop Asus Windows 10

Touchpad laptop Asus Windows 10 seringkali dinonaktifkan tanpa sengaja oleh pengguna. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara untuk mengaktifkannya kembali, seperti:

Cara Mengaktifkan Ulang

Jika touchpad tidak berfungsi secara normal, Anda dapat menggunakan kombinasi tombol pada keyboard untuk mengaktifkannya kembali. Biasanya, kombinasi ini terdiri dari tombol “FN” dan tombol fungsi (F1-F12) yang menunjukkan ikon touchpad. Tekan tombol tersebut secara bersamaan dan periksa apakah touchpad sudah aktif kembali.

Anda juga dapat mengaktifkannya melalui pengaturan di menu “Device Manager” pada Windows. Caranya adalah dengan membuka menu “Device Manager” dan mencari “Mice and other pointing devices.” Pilih touchpad dan pastikan bahwa perangkat tersebut sudah aktif.

Reboot Laptop

Cara reboot laptop

Jika touchpad masih belum aktif setelah melakukan langkah-langkah di atas, cobalah untuk melakukan restart pada laptop. Hal ini dapat mengatasi masalah sementara yang mungkin terjadi pada sistem operasi Windows.

Cara Restart Laptop

Langkah-langkah untuk melakukan restart pada laptop cukup mudah. Pertama, klik pada tombol “Start” di bagian kiri bawah layar. Setelah itu, pilih opsi “Shutdown atau Restart.” Anda juga dapat menggunakan tombol “Ctrl+Alt+Del” untuk membuka menu “Task Manager” dan memilih opsi “Restart.”

Setelah laptop berhasil di-restart, periksa kembali touchpad dan pastikan sudah berfungsi normal. Jika tidak, Anda dapat mencoba langkah-langkah kedua atau membawa laptop Anda ke pusat servis Asus terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Kontak Dukungan Asus


Kontak Dukungan Asus Windows 10

Jika Anda memiliki masalah dengan touchpad laptop Asus di Windows 10 dan semua cara yang sudah di coba tidak berhasil mengatasinya, maka solusi terbaik adalah menghubungi dukungan Asus. Berikut langkah-langkah untuk menghubungi dukungan Asus.

Cara Menghubungi Dukungan Asus

1. Kunjungi situs web resmi Asus.

2. Pilih negara dan bahasa yang sesuai.

3. Klik link “Dukungan” di bagian atas halaman.

4. Jika perlu, sebelum menghubungi dukungan, coba cari jawaban atas masalah Anda di halaman “Pertanyaan umum” atau “Forum”.

5. Jika tidak menemukan jawaban yang Anda butuhkan, klik link “Hubungi Kami” pada halaman dukungan dan pilih metode dukungan yang diinginkan.

Kontak Dukungan Asus

Anda dapat menghubungi dukungan Asus melalui telepon, email atau chat. Nomor telepon dukungan Asus dapat Anda temukan di situs web resmi Asus di bawah menu “Hubungi Kami” kemudian pilih “Kontak Dukungan”. Pastikan Anda menuliskan nomor model laptop Anda dan masalah yang sedang Anda hadapi dengan jelas saat menghubungi dukungan Asus.

Dengan menghubungi dukungan Asus, Anda akan mendapatkan bantuan profesional dan dibantu untuk menyelesaikan masalah yang sedang Anda hadapi dengan laptop Asus Anda. Selamat mencoba!

Saran Video Seputar : cara mengaktifkan touchpad laptop asus windows 10

Also Read

Ads - Before Footer