cara mengaktifkan keyboard laptop asus yang terkunci

Warta Berita Baru

Pengantar


Cara mengaktifkan keyboard laptop ASUS yang terkunci

Jika keyboard laptop ASUS Anda terkunci dan tidak berfungsi dengan benar, artikel ini akan membahas cara mengaktifkannya kembali.

Periksa Koneksi Keyboard


Kabel

Langkah pertama untuk mengaktifkan keyboard laptop ASUS yang terkunci adalah memastikan koneksi fisik antara keyboard dan motherboard terpasang dengan benar. Pastikan kabel atau sambungan antara keyboard dan motherboard terpasang dengan baik. Jika kabel terlepas, colokkan kembali dan periksa apakah keyboard dapat berfungsi dengan baik. Jika masih terkunci, lanjutkan ke langkah berikutnya.

Nonaktifkan Mode Disable Keyboard


Keyboard Button

Beberapa model laptop ASUS memiliki mode disable keyboard yang dapat mematikan fungsi keyboard. Jika keyboard terkunci, kemungkinan laptop Anda berada dalam mode ini. Caranya adalah dengan menekan tombol shortcut Fn+F2 atau Fn+F9 tergantung pada model laptop ASUS yang Anda gunakan. Tombol Fn terletak di sebelah kiri bawah keyboard laptop dan ada di bawah tombol Ctrl. Jika tombol ini ditekan bersamaan dengan tombol F2 atau F9, maka mode disable keyboard akan dinonaktifkan, dan keyboard dapat berfungsi kembali.

Restart Laptop


Restart Laptop

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan ketika mengalami masalah keyboard laptop Asus yang terkunci adalah dengan melakukan restart terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa tidak ada masalah teknis lain yang mempengaruhi kinerja keyboard.

Cara restart laptop Asus cukup mudah, Anda hanya perlu menekan tombol power pada laptop hingga komputer mati. Kemudian, tunggu beberapa saat dan tekan lagi tombol power untuk menyalakan laptop. Setelah itu, cek kembali apakah keyboard sudah berfungsi dengan normal.

Cek Masalah Software

Jika restart belum juga memecahkan masalah keyboard terkunci pada laptop Asus Anda, kemungkinan masalahnya ada pada software. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memperbarui driver keyboard dan software BIOS di halaman driver resmi ASUS.

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengunjungi situs resmi ASUS untuk mendownload driver keyboard yang terbaru. Pilih jenis laptop Asus Anda dan pilih sistem operasi yang sedang digunakan. Kemudian, cari driver keyboard dan unduh file instalasinya. Setelah selesai diunduh, jalankan file tersebut dan ikuti instruksi instalasi yang diberikan.

Selain memperbarui driver keyboard, terkadang masalah keyboard terkunci juga dapat diselesaikan dengan memperbarui software BIOS. Proses ini cukup berisiko, oleh karena itu sangat disarankan untuk melakukan backup data terlebih dahulu agar tidak terjadi kehilangan data yang tidak disengaja.

Untuk memperbarui software BIOS, pertama-tama Anda perlu mengetahui jenis motherboard yang digunakan pada laptop Asus Anda. Kemudian, unduh dan instal software BIOS yang tepat untuk motherboard tersebut dari halaman driver resmi ASUS.

Setelah memperbarui driver keyboard dan software BIOS, coba restart kembali laptop Asus Anda dan cek kembali apakah keyboard sudah berfungsi dengan normal.

Membersihkan Keyboard


Membersihkan Keyboard

Keyboard laptop merupakan bagian yang sering sekali digunakan. Karena penggunaan yang terus-menerus, maka kotoran, debu, dan sisa makanan bisa menempel dan menyumbat kinerja keyboard. Agar keyboard laptop tetap berfungsi dengan baik dan nyaman digunakan, sebaiknya membersihkan keyboard secara teratur.

Untuk membersihkan keyboard laptop, tersedia beberapa cara. Cara yang paling umum adalah menggunakan kuas dan penghapus khusus keyboard. Jangan gunakan alkohol, pemutih atau bahan kimia keras lainnya yang dapat merusak keyboard. Pastikan juga untuk mematikan laptop saat membersihkan keyboard.

Gunakan kuas kecil untuk membersihkan kotoran-kotoran yang sulit dijangkau, sedangkan penghapus khusus keyboard untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang menempel pada tombol-tombol keyboard. Jangan lupakan celah yang ada di antara tombol, karena kotoran biasanya menumpuk di sana.

Gunakan Keyboard Eksternal

Jika cara membersihkan keyboard diatas tidak berhasil memperbaiki masalah keyboard yang terkunci atau mengalami kerusakan, cobalah untuk menggunakan keyboard eksternal. Keyboard eksternal bisa membantu melihat apakah masalah terletak pada keyboard internal atau bukan. Jika keyboard eksternal berfungsi dengan baik, maka kemungkinan besar masalah terletak pada keyboard internal.

Gunakan keyboard eksternal sementara waktu sampai masalah teratasi. Pastikan juga bahwa keyboard eksternal kompatibel dengan laptop ASUS Anda. Jika tidak memiliki keyboard eksternal atau tidak ingin membeli keyboard eksternal, Anda juga bisa menggunakan keyboard smartphone sebagai alternatif untuk sementara waktu.

Jangan lupa untuk mencoba beberapa solusi sederhana seperti membersihkan keyboard sebelum mencari bantuan profesional yang lebih mahal. Dengan melakukan perawatan teratur, maka keyboard laptop ASUS dapat bertahan lebih lama.

Untuk mengatasi laptop asus yang terkunci, kamu bisa membaca artikel tentang cara mengaktifkan keyboard laptop asus yang terkunci. Artikel ini akan membantumu mengatasi masalah yang kamu alami.

Periksa Masalah Hardware


Cara Mengaktifkan Keyboard Laptop Asus Yang Terkunci

Ketika keyboard laptop Asus terkunci, masalah mungkin terletak pada hardware. Oleh karena itu, periksa komponen hardware Anda dengan membuka keyboard dan memeriksa adanya kotoran atau kabel yang putus.

Pertama, matikan laptop dan keluarkan baterai. Kemudian, buka keyboard dengan memperhatikan kunci yang mengunci keyboard. Jika keyboard tidak dapat lepas dengan mudah, coba perhatikan dengan lebih detail pada kunci pengunci yang mungkin terdapat di berbagai sisi keyboard.

Setelah keyboard terlepas dari laptop, cek ada tidaknya kotoran dan debu di antara jarak jari-jari keyboard. Rawat keyboard dengan lembut dan perhatikan apakah ada kabel yang putus atau terlepas dari papan sirkuit. Jika Anda menemukan kabel atau koneksi yang putus, cobalah memperbaikinya atau ganti jika memungkinkan. Jika tidak ada masalah yang ditemukan, cobalah memasang kembali keyboard dan hidupkan laptop untuk melihat apakah masalah teratasi.

Mengganti Keyboard

Jika setelah seluruh tindakan di atas dilakukan tetapi keyboard Asus Anda masih terkunci, penggantian keyboard mungkin diperlukan. Pastikan Anda menggunakan keyboard yang kompatibel dengan model laptop Asus Anda untuk menghindari permasalahan lebih lanjut.

Untuk mengganti keyboard laptop Asus, Anda membutuhkan beberapa alat seperti obeng, gunting, dan pendorong plastik untuk mengganti keyboard lama dengan yang baru. Pastikan Anda memiliki tutorial yang tepat untuk memasang dan mengganti keyboard, atau bawa laptop Anda ke toko terdekat agar teknisi kompeten dapat membantu memperbaiki permasalahan ini secara profesional.

Secara keseluruhan, jika keyboard laptop Asus Anda terkunci, pastikan bahwa kemungkinan masalah terletak pada hardware, dan untuk memeriksa masalah tersebut, Anda dapat membuka keyboard dan memperiksa apakah ada kotoran atau kabel yang putus. Jika masalah tersebut tetap saja tidak teratasi dengan cara-cara di atas, mungkin memang penggantian keyboard diperlukan.

Untuk memudahkan kamu ketika menggunakan laptop asus, kamu juga bisa membaca artikel tentang cara mematikan laptop asus.

Cara mengaktifkan keyboard laptop ASUS yang terkunci

Cara mengaktifkan keyboard laptop ASUS yang terkunci

Keyboard laptop merupakan salah satu komponen penting dalam penggunaan laptop. Namun, terkadang keyboard laptop mengalami masalah, seperti terkunci atau tidak berfungsi. Jika Anda merupakan pengguna laptop ASUS yang mengalami masalah keyboard terkunci, jangan khawatir karena ada beberapa cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Cek koneksi keyboard

Langkah pertama dalam mengatasi keyboard laptop ASUS yang terkunci adalah dengan memeriksa koneksi keyboard. Beberapa masalah pada keyboard laptop terkadang disebabkan oleh koneksi yang buruk atau lepas. Pastikan koneksi keyboard dan kabel fleksibel terhubung dengan baik dan tidak ada yang longgar. Jika ada kabel yang lepas, pasang kembali dan pastikan terhubung dengan rapat.

Cek driver keyboard

Langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa driver keyboard. Driver keyboard merupakan perangkat lunak yang menghubungkan antara keyboard dengan sistem operasi laptop. Jika driver keyboard mengalami masalah, maka keyboard akan terkunci atau tidak berfungsi. Untuk memeriksa driver keyboard, masuk ke Device Manager dan cari keyboard. Jika driver keyboard memiliki tanda seru atau tanda tanya, itu artinya driver keyboard mengalami masalah. Cobalah untuk meng-update driver atau menghapus dan memasang driver baru.

Cek pengaturan keyboard

Seringkali keyboard laptop ASUS yang terkunci disebabkan oleh pengaturan keyboard yang salah. Pastikan pengaturan keyboard tidak terkunci atau dalam mode layar sentuh. Jika pengaturan keyboard dalam mode layar sentuh, matikan mode tersebut melalui Control Panel > Ease of Access Center > Make the keyboard easier to use. Pastikan opsi “Turn on mouse keys” dan “Turn on Sticky keys” dimatikan.

Cek BIOS

Jika masalah keyboard belum terselesaikan, cobalah untuk masuk ke seting BIOS. Beberapa pengguna melaporkan bahwa masalah keyboard terkunci disebabkan oleh setting pada BIOS. Untuk masuk ke BIOS, tekan tombol F2 atau Del saat laptop ASUS sedang booting. Setelah masuk ke BIOS, pastikan pengaturan keyboard tidak terkunci atau dalam mode layar sentuh. Jika iya, matikan pengaturan tersebut.

Penggantian komponen keyboard

Jika semua cara di atas tidak berhasil, mungkin keyboard laptop ASUS Anda mengalami kerusakan yang memerlukan penggantian komponen keyboard. Jika masih dalam masa garansi, cobalah untuk mengajukan klaim garansi. Namun, jika tidak, Anda perlu membeli dan mengganti keyboard baru. Jangan mencoba untuk membongkar laptop dan mengganti keyboard sendiri jika Anda tidak memiliki pengalaman atau pengetahuan yang memadai. Mintalah bantuan dari teknisi yang ahli dalam mengganti komponen laptop.

Kesimpulan

Dalam mengatasi keyboard laptop ASUS yang terkunci, Anda dapat melakukan beberapa cara, mulai dari cek koneksi keyboard hingga penggantian komponen keyboard yang rusak. Namun, sebelum meninggalkan kemungkinan terakhir tersebut, pastikan untuk memeriksa koneksi keyboard, driver keyboard, pengaturan keyboard, dan seting BIOS terlebih dahulu. Memeriksa masalah tersebut dapat menghemat waktu dan uang Anda. Konsultasikan dengan ahlinya jika Anda tidak yakin dalam mengatasi masalah keyboard laptop ASUS yang terkunci.

Jika kamu ingin mengurangi cahaya yang keluar dari keyboard laptop, kamu bisa membaca artikel tentang cara mematikan lampu keyboard laptop asus yang kami tulis sebelumnya.

Saran Video Seputar : cara mengaktifkan keyboard laptop asus yang terkunci

Also Read

Ads - Before Footer